Cara Cek Kecepatan Internet Di Suatu Tempat

Cara Cek Kecepatan Internet di Suatu Tempat – Dalam dunia yang semakin modern ini internet menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang, bahkan banyak orang diharuskan memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil, karena jaman sekarang banyak pekerjaan yang harus dikerjakan secara online maupun dalam jaringan. Karena semakin pentingnya kebutuhan internet tersebut, banyak tempat sekarang sudah menyediakan koneksi internet atau WiFi secara gratis untuk publik, tempat-tempat seperti perpustakaan, warung makan, caffe dan tempat wisata hampir semuanya sudah tersedia WiFi secara gratis untuk para pengunjung dan pelangganya.

Namun, sayangnya tidak semua tempat memiliki kecepatan internet yang sama, ada beberapa tempat yang sengaja memberikan label WiFi gratis hanya untuk menarik pelanggan saja, padahal kecepatan internet ditempat tersebut tidak bisa dibilang layak. Hal tersebut membuat kita penasaran berapa kecepatan internet ditempat tersebut, nah kali ini saya akan berbagi mengenai info bagaimana cara cek kecepatan internet disuatu tempat.

Cara Cek Kecepatan Internet Di Suatu Tempat

Nah, cara yang akan saya berikan ini dapat kalian lakukan baik menggunakan Handphone (Android/iOS) maupun PC atau Laptop. simak saja tutorial dibawah ini.

  • Buka situs speedtest.net
  • Pada bagian server pilih server yang terdekat dari lokasi kalian, atau jika tidak tahu biarkan saja secara otomatis.
  • Klik GO untuk memulai mengetes kecepatan internet kalian
  • Tunggu proses pendeteksian, biasanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit.
  • Setelah selesai maka akan muncul hasilnya yang berupa, ping, kecepatan download dan kecepatan upload, seperti contoh dibawah ini.
Selain situs speedtest.net diatas, kalian juga dapat menggunakan beberapa situs lain seperti fast.com, speedtest.cbn.net.id atau jika menggunakan handphone dapat menggunakan aplikasi yang tersedia di apple store atau play sotre. Perlu diketahui hasil dari kecepatan tersebut bisa saja bukan kecepatan maksimal pada tempat tersebut, banyak faktor lain yang mempengaruhi kecepatan internet seperti jarak dari router/modem, driver pada device kalian, banyaknya pengguna, dan masih banyak faktor lainya.
Nah, itulah sedikit tutorial dari akusatu.com untuk Cara Cek Kecepatan Internet di Suatu Tempat, jika kalian memiliki pertanyaan, kritik ataupun saran silahkan contact admin melalui link yang tersedia diatas.