Setting PCSX2 60FPS

Cara Setting PCSX2 60FPS Agar Tidak Lag

Cara Setting PCSX2 60FPS Agar Tidak Lag – Game Playstation 2 memanglah memiliki grafik yang biasa biasa saja, namun dari segi story dan gameplay game di konsol ini sangatlah baik, game legend seperti GTA SA dan Resident Evil 4 menjadi salah satu game paling populer pada masanya. Bagi gamer jaman old yang pernah memainkan konsol PS2 ini pastinya tidak asing lagi dengan game game yang sudah admin sebutkan diatas, nah lalu bagaimana jika kita ingin memainkan kembali game tersebut namun tidak memiliki konsolnya, tenanag saja kini sudah terdapat sebuah emulator bernama PCSX2.
Emulator PCSX2 merupakan untuk konsol Playstation 2 untuk PC salah satunya Windows.
Emulator ini dapat menjalankan hampir semua game yang ada di konsol PS2. Sayangnya tidak semua game yang dijalankan dapat berjalan mulus, masih terdapat beberapa bug dan lag pada beberapa game yang memiliki size yang besar seperti GTA dan Resident Evil 4. Nah, kali ini admin akan membagikan tutorial untuk cara fix lag pada emulator PCSX2 ini, tidak cuma itu jika spesifikasi PC kalian tinggi bahkan dapat 50 hingga 60 FPS ini tentunya akan membuat experience bermain akan bertambah seru. Nah, berikut adalah cara setting PCSX2 60FPS agar tidak lag :

Cara Setting PCSX2 60FPS Agar Tidak Lag

  • Silahkan Anda Setting PCSX2 60FPS Buka PXSC2 kalia, masuk ke Setting Plugin Video caranya klik Config > Video > Pilih Plugin Setting, selanjutnya pada bagian adapter pilih sesuai dengan VGA Card kalian dan Render silahkan pilih Direct 3D11 (Hardware), atau untuk lebih jelasnya dapat dlihat pada gambar dibawah.
  • Setting pada bagian Emulation Setting, caranya pilih Config > Emulation Setting, Kalian dapat menggunakan preset yang disedian namun jika ingin lebih rinci lagi kalian dapat menggunakan settingan admin, pada menu ini silahkan lihat beberapa gambar dibawah untuk pengaturanya.
  • Selanjutnya adalah pengaturan pada menu audio, silahkan klik Config > Audio > Plugin Setting, nah pada menu ini cukuplah simple kalian juga sudah disediakan preset, namun bisa juga menggunakan setting dibawah agar lelih lancar.

Nah, setelah mencoba semua setting diatas kalian dapat membuka gamenya. Dsini admin akan mencoba beberaga game dengan menggunakan settingan tersebut, apakah mendapatkan FPS yang tinggi, kita lihat saja beberapa test dibawah. Game pertama yang admin coba disni adalah Harvest Moon a Wonderful Life SE, dapat dilihat pada screenshot dibawah FPS yang admin dapat sekitar 40 saat diluar rumah, dan 60 pada saat didalam rumah atau ruangan, menurut admin settingan tadi masih sangat nyaman untuk bermain game ini. Game selanjutnya yang admin coba adalah Digimin, nah karena game ini cukuplah ringan FPS yang admin dapat adalah sekitar 40-60 FPS dan itu berjalan dengan sangatlah baik tanpa adanya lag sedikitpun.

Dan game terakhir yang admin coba adalah God Hand, nah game ini bisa terbilang cukuplah berat, disini admin mendapatkan FPS yang cukup setabol di angka 40-60 FPS tergantung map dan jurus yang dipakai, dengan hasil ini tentnya settingan tadi masih sangat nyaman untuk digunakan terutama pada PC yang memiliki spesifikasi rendah atau PC kentang.
Nah, bagaimana ? sudah mencoba Setting PCSX2 60FPS diatas tadi? apakah PCSX2 kalian berjalan lancar? jika tidak kalian dapat mengubah beberpa pengaturan sendiri dengan melihat spesifikasi PC atau Laptop kalian, jika semakin tinggi spesifkasinya pastinya hasil yang didapat akan semakin baik dan lancar dalam menjalankan emulator ini, Terimakasih.