Cara Cek Typo Di Word Serta Tulisan/Dokumen

Cara Cek Typo Di Word Serta Tulisan/Dokumen

Cara Cek Typo Di Word serta pada Tulisan/Dokumen – Terkadang kita diharuskan untuk menulis sesuai dengan grammar dalam PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) atau yang sebelumnya kita kenal dengan EYD (Ejaan yang Disempurnakan), menulis sesuai dengan PUEBI biasanya diterapkan pada artikel ilmiah, jurnal, makalah, laporan hingga tugas pagi pelajar ataupun mahasiswa. Namun, terkadang saat kita sedang menulis terdapat kebingungan antara dua ejaan misalanya pada kata praktek dengan praktik, jaman dengan zaman, izin atau ijin dan masih banyak kata yang membingungkan lainya. Hal tersebut sebenarnya dapat kita atasi dengan mencari pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Selain bingung dalam memilih ejaan yang benar pada suatu kata, terkadang kita juga tidak sengaja melakukan typo atau kesalahan dalam pengetikan, biasanya ini terjadi saat kita sedang mengetik dengan cepat atau sedang dalam keadaan terburu-buru. Nah, kedua hal tersebut dapat kita atasi dengan banyak cara, mulai dari pengecekan manual atau menggunakan layanan pengecekan typo otomatis, bahkan saat ini sudah terdapat banyak website atau aplikasi yang menyediakan layanan pengecekan PUEBI dan typo ini. Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang beberapa website atau aplikasi yang menyediakan layanan pengecekan ejaan kata yang sesai dengan PUEBI dan typo di word pada kalimat serta bagaimana cara penggunaan aplikasi maupun website tersebut.

Cara Cek Typo Di Word Serta Tulisan/Dokumen

Dengan menggunakan layanan pengecekan PUEBI dan typo ini, kita tidak perlu lagi melakukan pengecekan secara manual, karena beberapa kesalahan dalam penulisan kita akan dapat secara otomatis terbaca dan ditandai sehingga kita dapat langsung memperbaiki kesalahan pada kata ataupun kalimat tersebut, dan berikut adalah beberapa aplikasi ataupun website yang menyediakan layanan tersebut.

Typoonline.com

Website typoonline.com ini merupakan salah satu website pengencekan typo yang paling sering saya gunakan, karena website ini memiliki fitur yang cukup lengkap dan bahkan layanan pada website ini dapat kita gunakan secara gratis, kita cukup mendaftar akun pada website ini dan langsung dapat menggunakan semua layanan typoonline.com secara penuh.Terdapat 4 layanan atau fitur utama yang dimiliki website typoonline ini antara lain arti kata, dokumen, teks dan website, dan berikut adalah penjelasan dari masing masing fitur tersebut.

  • Arti Kata

Fitur arti kata ini berguna untuk mencari sebuah arti kata, kita cukup memasukan kata yang ingin kita cari artinya pada klom yang disediakan dan klik tombol cari, maka secara otomatis akan ditampilkan arti kata yang kita masukan tersebut sesuai apa yang ada dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kita juga dapat menggunakan fitur ini untuk mencari ejaan kata yang benar.
  • Dokumen

Fitur dokumen ini berguna untuk mengecek ejaan kata atau kesalahan penulisan kata (typo) pada sebuah dokumen, dengan mengupload dokumen kita ke website ini, maka secara otomatis website akan membaca dan mencari kata mana yang salah dalam ejaan kata atau penulisanya. Beberapa format file yang mendukung adalah .doc, .docx, .rtf dan .txt.

  • Teks

Fitur teks ini memungkinkan kita untuk secara langsung mengecek kesalahan ejaan atau penulisan kata tanpa harus mengupload sebuah dokumen, kita cukup menulis atau mempaste tulisan kita pada kolom yang disediakan, maka secara otomatis website akan memberikan hasil dengan tanda tertentu pada kata yang salah dalam ejaan atau penulisan.
  • Website

Fitur ini akan berguna jika kalian memiliki sebuah website, karena dengan fitur ini kita dapat melakukan pengecekan kesalahan ejaan atau penulisan kata pada website kita, caranya cukup memasukan alamat website kita pada kolom yang sudah disediakan.

Lektur.id

Selain typoonline terdapat situs lain yang bernama lektur.id, pada dasarnya website ini memiliki fitur yang mirip dengan typoonline seperti alat cek typo dan pencari arti kata, namun selain itu, terdapat beberapa fitur arau layanan tambahan yang cukup menarik seperti pencari anonim dan pencari sinonim, dan berikut adalah penjelasan fitur-fiturnya.

  • Pencari sinonim

Sesuai dengan namanya fitur ini berguna untuk mencari sinonim atau persamaan kata berdasarkan maknanya, caranya cukup menuliskan kata pada form yang disediakan maka secara otomatis website akan mencari sinonim beserta penjelasan dari kata yang kita tuliskan.

  • Pencari antonim

Fitur ini kebalikan dari fitur sebelumnya, yang dimana fitur ini berguna untuk mencari antonim atau lawan kata, untuk caranya masih sama, kita cukup menuliskan kata yang ingin kita cari antonimnya pada form yang disediakan.

Ejaan.id

Ejaan.id merupakan website yang menyediakan layanan untuk pengecekan dan perbaikan kesalahan kata baku dalam sebuah teks, kalimat ataupun paragraf, website ini sudah memiliki database hingga ribuan kata baku dan akan terus diperbarui seiring berjalanya waktu.
Untuk cara penggunaanya kita cukup memasukan atau mempastekan kata/kalimat yang ingin kita cek dan perbaiki pada website tersebut, maka secara otomatis website ejaan.id akan mencari kesalahan dalam kata/kalimat yang kalian masukan, dan jika terdapat kesalahan pada kata baku, maka akan ditampilkan dan dijelaskan letak kesalahanya.

Cara Cek Typo Di Word

Selain menggunakan layanan pengecekan secara online, kita juga dapat melalukan pengecekan secara offline yaitu menggunakan aplikasi microsoft word, yang dimana merupakan aplikasi pengetikan yang cukup umum untuk digunakan saat ini. Kelebihan menggunakan aplikasi microsoft word ini adalah kita dapat menulis sambil melakukan pengecekan kesalahan, karena jika kita melakukan kesalahan dalam penulisan kata maka akan terdapat tanda berupa garis bawah berwarna merah, dan kita dapat langsung memperbaikinya.
Namun, untuk menggunakan fitur ini kita diharuskan untuk mengaktifkan keyboard Bahasa Indonesia pada komputer atau laptop kita terlebih dahulu, dan kemudian kita dapat menambahkan editing league pada aplikasi microsoft word ini, dan untuk tutorial lebih lengkapnya kalian dapat membaca tutorial cara mengaktifkan ejaan kata Bahasa Indonesia pada aplikasi microsoft word.
Nah, itulah tadi 4 aplikasi dan website yang dapat digunakan untuk melakukan cara cek typo di word pada sebuah kata serta cara tutorial cara pemakaianya. Sebenarnya masih ada banyak aplikasi atau website lainya yang menyediakan fitur yang sama, namun diatas adalah beberapa yang paling populer dan mudah untuk digunakan. Keempat aplikasi maupun website tersebut tidak dapat menjadi jaminan 100% tulisan kita akan sempurna, karena kemungkinan masih terdapat beberapa bug atau kesalahan dan semoga developer dari aplikasi atau website tersebut dapat terus melakukan update dan pembaruan.