Cara Cek Copyright Pada Musik Di Youtube

Cara Cek Copyright pada Musik di Youtube – Copyright merupakan sebuah tanda kepemilikan terhadap suatu karya, baik itu berupa gambar, musik, instrumen, game, desain, film hingga karya tulis. Dengan adanya hak cipta tersebut sebuah karya seni yang memiliki hak cipta tidak boleh digunakan, disalin, ditiru atau disebarluaskan dengan bebas tanpa adanya persetujuan dari pemilik karya tersebut. Dengan adanya copyright atau hak cipta, pemilik dari sebuah karya akan dapat melindungi karyanya tersebut dari pencurian ataupun penjipkanakan, dan apabila karyanya tersebut dicuri dan dijiplak maka pemilik karya tersebut dapat menuntutnya ke jalur hukum, ataupun jika tidak pemilik karya dapat meminta royalti jika karyanya digunakan oleh orang lain. Royalti tersebut dapat berupa uang ataupun sejenisnya.

Nah, jika kalian merupakan orang yang terjun didunia seni yang menyangkut dengan karya, maka sebaiknya kalian berhati-hati dalam menciptakan karya seni tersebut, salah satu contohnya jika kalian adalah seorang youtuber atau content creator di youtube dan ingin menggunakan musik di video yang kalian buat, maka sebaiknya kalian perhatikan, apakah musik yang akan kalian gunakan tersebut terdapat hak cipta ataukah tidak, karena dikhawatirkan jika musik yang kalian gunakan terdapat hak cipta video kalian dapat dituntut atau dihapus dari youtube sendiri. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang Cara Cek Copyright pada Musik di Youtube.

Cara Cek Copyright Pada Musik Di Youtube

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah musik di Youtube memiliki hak cipta atau copyright, dan untuk mengetahuinya kalian dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Cek Deskripsi Video

Biasanya, jika musik yang diungah ke youtube memiliki hak cipta, dalam deskripsi youtube akan tercantumkan detail hak cipta dari musik tersebut, mulai dari artis dan pemilik lisensi atau hak cipta dari musik tersebut. untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka youtube.com, dapat melalui browser maupun aplikasi youtube.
  2. Cari musik yang ingin dicek lisensi hak ciptanya.
  3. Buka musik tersebut, dan cek pada bagian deskripsi.
  4. Jika musik tersebut memiliki lisensi maka akan tampil detail lisensi seperti dibawah ini.
  • Cek Menggunakan Aplikasi Youtube

Nah, jika cara pertama belum berhasil, kalian dapat menggunakan cara kedua, yaitu menggunakan aplikasi youtube, dan berikut adalah tutorialnya.

  1. Buka aplikasi youtube di handphone kalian.
  2. Cari musik yang ingin dicek lisensi hak ciptanya.
  3. Setelah ditemukan, buka musik tersebut.
  4. Apabila musik tersebut memiliki lisensi hak cipta, maka video tersebut tidak dapat didownload seperti gambar dibawah ini.
  5. Dan jika video dapat didownload seperti biasanya maka besar kemungkinan musik dalam video tersebut tidak memiliki lisensi hak cipta, atau artinya bebas untuk digunakan.

Nah, itulah tadi cara untuk mengetahui apakah musik di youtube memiliki copyright atau lisensi hak cipta, dan jika kalian ingin menggunakan musik yang 100% bebas copyright kalian dapat menggunakan musik dari audio library youtube ataupun ncs (no copyright song)