Ukuran Thumbnail Youtube Terbaik Dan Cara Membuatnya

Ukuran Thumbnail Youtube Terbaik dan Cara Membuatnya – Youtube merupakan salah satu platform berbagi video terbesar didunia, banyak orang saat ini tertarik untuk membuat konten di youtube, orang-orang tersebut biasanya dikenal dengan youtuber atau konten kreator. Untuk menjadi seorang youtuber atau konten kreator dan mendapatkan banyak penonton tidak hanya memerlukan video yang bagus saja, namun terdapat beberapa aspek lain seperti pemilihan judul serta thumbnail yang menarik.

Dengan thumbnail yang menarik tentunya akan membuat seseorang menjadi penasaran untuk menonton video tersebut, begitu pula sebaliknya, jika thumbnail yang dibuat kurang menarik maka para penonton akan kurang tertarik untuk mengklik video tersebut.

Ukuran Thumbnail Youtube Terbaik Dan Cara Membuatnya

  • Ukuran Thumbnail Youtube Terbaik

Untuk membuat sebuah thumbnail youtube yang menarik perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti ukuran, resolusi, format dan tentunya desain dari thumbnail tersebut, dan pada pembahasan ini kita akan membahasa berapa ukuran yang tepat untuk sebuah thumbnail youtube yang baik, dan berikut adalah penjelasanya.

  1. Rasio : 16:9
  2. Resolusi : 1280px x 720px
  3. Format : jpg/jpeg/png
  4. Ukuran : Maksimal 2MB
  • Cara Membuat Thumbnail Youtube

Setelah mengetahui rasio, resolusi, format serta ukuran thumbnail youtube yang baik selanjutnya dilanjutkan dengan pembuatan desain thumbnail youtube itu sendiri, dalam proses pembuatan desain tersebut perlu mempertimbangkan beberapa aspek seperti warna, font, gambar serta foto dalam thumbnail tersebut.
Untuk membuat sebuah desain thumbnail yang menarik dan sesuai dengan beberapa aspek diatas, biasanya diperlukan skill editing yang cukup mempuni, seperti penggunaan aplikasi photoshop maupun illustrator. Namun jika kalian belum memiliki skill tersebut tenang saja, sekarang terdapat sebuah website yang menyediakan layanan pembuatan thumbnail youtube yang mudah dan kere, website tersebut bernama canva.
Dengan bantuan canva ini semua orang, bahkan yang tidak mengerti cara untuk editing pun akan dapat membuat sebuah desain yang menarik dan keren, termasuk dalam membuat thumbnail youtube, dan berikut adalah tata cara membuat thumbnail youtube dengan canva.
  1. Buka website canva, dan pada kolom pencarian ketikan “Youtube Thumbnail” atau lebih mudahnya klik disini.
  2. Maka akan tampil banyak pilihan template yang dapat kalian gunakan.
  3. Pilih template yang sesuai dengan video yang akan kalian buat. Pilih salah satu pada template tersebut dan klik Use this template.
  4. Selanjutnya, kalian dapat kustomisasi template tersebut sesuai keinginan, seperti merubah warna, ukuran hingga lokasi objek atau font.
  5. Jika dirasa sudah sesuai, kalian dapat mendownloadnya dengan cara klik tombol download pada pojok kanan atas.
  • Cara Upload Thumbnail Youtube

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat thumbnail youtube yang baik dan menarik, selanjutnya seorang konten kreator atau youtuber harus mengetahui bagaimana cara mengunggah thumbnail pada video youtubenya, dan berikut adalah caranya.
  1. Buka Youtube.
  2. klik icon video disebelah foto profil youtube dan pilih upload video.
  3. Pilih video yang ingin di unggah.
  4. Selanjutnya pada saat video sedang di unggah, scroll kebawah dan cari tab thumbnail, dan pilih upload thumbnail.
  5. Pilih thumbnail yang telah dibuah tadi.
  6. Tunggu hingga video selesai di unggah, dan klik publish.
  7. Selamat, thumbnail yang telah dibuat tadi sudah terpasang.
Nah, itulah tadi beberapa pembahasan tentang ukuran thumbnail youtube yang baik dan benar, cara membuat thumbnail youtube, serta cara untuk mengunggah dan memasang thumbnail youtube yang telah dibuat sendiri ke video youtube.