Cara Buat Akun Dana

Cara Buat Akun Dana – DANA adalah aplikasi dompet digital yang berada di bawah PT Espay Debit Indonesia yang merupakan salah satu fintech yang berkembang pesat di tahun 2020 kemarin. Angka pengguna DANA melonjak dengan cepat karena mendukung pembayaran online dan offline yang mudah, cepat, dan terintegrasi dengan penjual. Aplikasi DANA telah eksis dan diluncurkan sejak tahun 2018 silam. DANA merupakan aplikasi dompet digital yang memungkinkan kamu melakukan transaksi pembayaran nontunai secara cepat, efektif, efisien, dan aman.

Seperti yang kita ketahui bersama, masyarakat umum di Indonesia juga telah bertransisi menuju cashless society. Dengan kata lain, masyarakat kini sudah tidak lagi mengandalkan uang tunai saja dalam keuangan sehari-hari, tapi mereka telah menggunakan kartu atau aplikasi yang berisikan uang elektronik.

Peralihan budaya ini tentu sangat baik terlebih di masa pandemi saat ini. Dengan menggunakan pembayaran nontunai, kamu telah membantu mengurangi kontak fisik yang sering menjadi penyebab penyebaran virus Covid-19. Selain itu, DANA juga turut membantu mengurangi beban pemerintah Indonesia dalam memproduksi dan distribusi uang fisik ke masyarakat.

Kelebihan Aplikasi DANA

DANA sendiri merupakan aplikasi yang memiliki segudang kelebihan dalam hal keuangan transaksi. Manfaat dan kelebihan yang bakal kamu dapatkan bila menggunakan aplikasi DANA diantaranya :

  • Bisa Bayar Tagihan Dan Kebutuhan Sehar-hari Di Mana Pun Dan Kapan Pun

Dompet digital satu ini akan memudahkan segala kegiatan pembayaran. Anda tidak perlu repot bayar internet, listrik, atau assuransi offline. Kamu dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja dengan DANA.

  • Bisa Melakukan Pembayaran Di Banyak Merchant

Selain membayar kebutuhan sehari-hari, kamu juga dapat berbelanja secara praktis dengan DANA di ratusan merchant yang sudah bekerja sama. Misalnya, jika Anda ingin membeli sesuatu di Alfamart, Anda dapat menggunakan DANA untuk membayarnya, asalkan saldonya tidak terlalu tinggi.

  • Selalu Ada Promo Menarik

Ada banyak penawaran promosi dari aplikasi DANA. Promo pada umumnya terdiri dari potongan harga dari satu pedagang ke pedagang berikutnya, hingga saldo cashback yang lumayan menggiurkan. Belum lagi ada promo ketika Anda membayar kebutuhan Anda setiap hari, seperti ketika Anda membeli listrik dan sedang obral, atau ketika Anda membeli paket data dan sedang obral. Keadaan ini cenderung membuat pengeluaran kita menjadi lebih mudah marah, sehingga mengharuskan kita untuk berbelanja secara offline.

  • Bisa Transfer Ke Bank Lain Tanpa Biaya Admin (Terbatas)

Yang terakhir Anda dapat melakukan transfer gratis dari rekening DANA ke rekening bank Anda. Secara umum, jika Anda ingin mentransfer uang ke rekening lain, Anda harus membayar biaya admin sebesar Rp6.500 setiap transaksi, sedangkan DANA gratis. Namun, kelebihan ini sifatnya terbatas. Batas gratis adalah untuk sepuluh transaksi per bulan. Setelah free transfer habis, Anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp4.500. Jika dibandingkan dengan transfer bank, jauh lebih murah.

  • Keamanan Terjamin

DANA akan membuat keamanan dalam transaksi yang lengkap. Untuk memulai, setiap transaksi memerlukan penggunaan Kode PIN dan OTP. PIN hanya diketahui oleh pengguna. Akibatnya, kemungkinan disalahgunakan cukup rendah. Selain itu, DANA juga memberikan jaminan uang kembali 100 persen jika transaksi gagal karena adanya cacat pada sistem DANA.

Cara Buat Akun DANA

Cara buat akun DANA terbilang cukup mudah, cukup dengan menggunakan handphone dan koneksi internet, dan kode KTP. Pembuatan akun dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Berikut Langkahnya :

  • Instal aplikasi DANA di perangkat Android atau iOS Anda.
  • Buka aplikasi.
  • Setelah itu, ketikkan nomor telepon Anda dan klik “Lanjut” (nomor ponsel ini akan menjadi akun DANA kamu).
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon Anda.
  • Buat kode PIN.
  • Akun DANA telah selesai dibuat.

Setelah membuat akun DANA, Anda harus meningkatkan ke Premium untuk menggunakan semua layanan DANA. Berikut cara mengupgrade akun Dana anda :

  • Buka aplikasi DANA.
  • Pilih bagian “Saya”.
  • Pilih “Verifikasi Akun Saya”.
  • Foto e-KTP Kamu.
  • Setelah itu, selfie dengan e-KTP Anda.
  • Pastikan info Anda sesuai dengan e-KTP Anda.
  • Tunggu proses verifikasi

Cukup mudah bukan ? Semoga ulasan diatas tentang cara buat akun Dana bisa bermanfaat bagi anda yang belum ingin menginstall aplikasi DANA dan belum mengerti cara buat akun dana. Selamat Mencoba