Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Cara mengatasi laptop lemot windows 10 akan kami jelaskan di artikel akusatu.com. Karena banyak- nya orang yang bertanya tentang masalah ini. Sistem operasi Windows 10 ini dirilis oleh Microsoft Windows 10. Yang mana saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan, sebab tampil dengan berbagai macam fitur baru yang lebih nyaman saat digunakan. Walaupun tampil dengan sistem yang cukup update, faktanya masih banyak pengguna windows 10 yang mengeluh, karena laptopnya lemot sekali.

Laptop lemot bisa jadi karena laptop anda sudah terlalu tua atau mungkin ada virus di laptop anda. Maka dari itu kami akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi laptop lemot windows 10. Berikut ini penjelasanaya :

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

  • Hapus Semua Program Yang Tidak Penting Di Laptop Windows 10

Hapus semua program yang tidak penting di windows 10, karena bisa jadi laptop anda terlalu banyak program atau aplikasi yang terpasang, sehingga membuat laptop anda menjadi lemot. Untuk itu anda segera uninstal semua aplikasi yang tidak terlalu penting bagi anda, supaya laptop anda kembali normal seperti biasanya. Anda bisa gunakan memori penyimpanan untuk meyimpan hal-hal yang penting saja. Jadi laptop anda tidak akan lemot lagi, dan anda bisa merasa nyaman untuk menggunakan laptop anda.

  • Coba Hapus File Pada Folder Temp Secara Rutin

Coba hapus file pada folder temp secara rutin, karena biasanya file yang ada di folder temp itu hasil dari ekstrak aplikas ataupun besar editing desain menggunakan aplikasi tertentu. Banyak pengguna laptop yang lupa kalau di dalam laptop yang sedang dia gunakan ada file ini. File temp ini biasanya akan tersimpan otomatis, namun jika tidak rutin menghapusnya, bisa menumpuk dan menyebabkan memori pada laptop berkurang. Semakin banyak memori yang Anda gunakan, semakin tinggi risiko laptop Anda melambat. Untuk itu, Anda bisa menghapus file tersebut secara berkala untuk mengatasi laptop Windows 10 yang lemot. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menghapus file temp tersebut:

  1. Tekan tombol Windows + R. Ketik %temp%
  2. Lalu enter. Tekan tombol kombinasi CTRL + A. Terakhir
  3. Klik Shift + Del untuk menghapus filefile tersebut.
  • Anda Harus Membersihkan File Pada Folder Prefetch

Anda harus membersihkan file pada folder prefetch, cara ini dilakukan untuk mengatasi laptop lemot. Nah untuk cara menghapus file pada folder prefetch dengan mudah :

  1. Klik Windows + R
  2. Kemudian ketik prefetch dan enter
  3. Jika anda menjumpai ijin administrator, silahkan klik OK
  4. Setelah itu hapus semua file yang ada di folder tersebut supaya laptop tidak lemot.
  • Coba Matikan Aplikasi Di Startup Windows 10

Coba matikan aplikasi di startup windows 10, karena biasanya setiap aplikasi yang anda instal, secara otomatis menyala/on di saat laptop dinyalakan. Itulah yang menyebabkan laptop anda lemot yang mana sangat  mengganggu aktifitas kerja anda. Untuk itu anda harus menghapus semua program yang menyala secara otomatis, di saat sedang startup windows. Berikut cara gampang mematikannya :

  1. Anda coba tekan tombol kombinasi Windows + R
  2. Setelah itu ketik msconfig, lalu enter
  3. Kemudian setelah daftar aplikasinya muncul, anda bisa langsung disable program yang benar-benar tidak penting.
  • Coba matikan Visual Effect Yang Tidak Di perlukan

Coba matikan visual effect yang tidak di perlukan di laptop windows 10. Berikut ini cara untuk mematikan visual yang tidak di perlukan :

  1. Coba buka menu windows explorer
  2. Kemudian klik kanan pada menu this PC
  3. Setelah itu pilih properties
  4. Lalu pilih Advanced system settings
  5. Kemudian pada bagian performance, anda tinggal pilih setting
  6. Lalu ubah pilihan menjadi custom
  7. Setelah itu anda pilih visual effect yang anda ingin gunakan
  8. Pastikan anda memilih yang tidak menjadikan laptop anda berat dan lemot.
  • Coba Hapus Backup Windows Update

Coba hapus bankup windows update yang anda gunakan. Karena file backup tersebut sudah tidak diperlukan lagi dan kalau anda biarkan menumpuk, akibatnya laptop anda bisa sangat lemot sekali. Berikut cara menghapus banckup windows update dengan mudah :

  1. Langkah pertama coba ketik disk cleanup pada kolom search di windows 10 yang sedang anda gunakan
  2. Kemudian pilih drive yang akan di analisis, misalnya saja locak disk C
  3. Setelah itu klik oke
  4. Tinggal tunggu sampai hasilnya muncul
  5. Setelah itu file yang akan anda hapus, bisa diberi tanda ceklis dengan mengeklik satu per satu file tersebut
  6. Kemudian klik OK.

Itulah tadi penjelasan dari akusatu.com tentang cara mengatasi laptop lemot windows 10. Semoga membantu ya ! terimakasih sudah mau mampir dan membaca artikel ini sampai habis.