Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Google Drive
Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Google Drive

Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Google Drive

Beberapa kelebihan dan kekurangan google drive – Saat ini, penggunaan aplikasi Google Drive sebagai salah satu cloud server di dunia semakin meningkat. Meskipun masih banyak cloud server lainnya yang tidak kalah hebatnya, akan tetapi aplikasi Google Drive tetapi banyak diminati. Apalagi semenjak perkembangan smartphone Android sudah dinikmati sebagian orang yang membuat eksitensi Google semakin tinggi. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang beberapa kelebihan dan kekurangan google drive.

Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Google Drive

  • Beberapa Kelebihan Google Drive

1. Sinkronisasi Yang Mudah Untuk Dilakukan

Dengan hadirnya Android sebagai salah satu sistem operasi smartphone, membuat Google semakin mudah memasarkan beberapa produk andalannya. Salah satunya ialah aplikasi Google Drive. Sinkronisasi yang mudah membuat pengguna dapat mengakses Google Drive tanpa kesulitan samaskali. Yang mana Anda cukup masuk ke akun Google, dan Anda dapat menikmati fasilitas di dalam Google Drive. Bahkan Anda juga bisa mempelajari tentang cara menggunakan Google Drive di HP dengan mudah.

2. Jumlah Memori Yang Lumayan Besar

Jika Anda menggunakan aplikasi Google Drive yang versi gratisnya, Anda sudah dapat menggunakan memori penyimpanan yang kapasitasnya mencapai 15 GB. Yang mana jumlah tersebut termasuk besar untuk ukuran memori Cloud server. Sebagai catatan saja, bahwasannya Drob box hanya memberikan penyimpanan gratis sebesar 2 GB. sedangkan kalau yang OneDrive sekitar 7GB. Anda pun juga dapat menambah kapasitas memori yang Anda inginkan, jika Anda bersedia untuk menjadi anggota premium. Harga premium pada Google Driver pun bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Dapat Menyimpan File Dengan Banyak Format

Kelebihan yang paling dirasakan ketika Anda menggunakan aplikasi Google Drive ialah Anda dapat menyimpan berbagai macam file yang memiliki banyak format. Anda juga dapat menyimpan file dokumen, foto, video, suara, dan juga file-file koding. Tentu hal ini akan sangat membantu dalam menyompan berbagai macam data dalam satu alat.

4. Dapat Digunakan Untuk Hosting Website

Fungsi aplikasi Google Drive ini tidak hanya sebagai media penyimpanan file saja, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat hosting website. Jenis Cloud computing di dunia bisanya selalu dikenakan biaya, tetapi di aplikasi Google Drive, Anda dapat menggunakannya secara gratis. Yang mana ini akan sangat membantu para web developer untuk hosting hasil kodingannya.

5. Dapat Membagikan File Dengan Gampang Sekali

Dengan aplikasi Google drive ini, Anda bisa membagikan file dengan mudah pada seseorang dengan mengirimkan tautan atau Anda juga dapat mengundang orang-orang pilihan, sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat dan mengedit file milik Anda. Apalagi jika orang yang ingin Anda bagikan tersebut memiliki akun Google, maka berbagi file puun akan lebih mudah.

6. Bisa Digunakan Sebagai Backup Data

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Drive ini, sebagai backup data secara otomatis. Contohnya saja, jika Anda mengambil Foto dengan menggunakan smartphone, maka Anda bisa menggunakan pengaturan di dalam Google drive agar foto yang telah di ambil dapat langsung diback up.

Selain dapat membackup foto, aplikasi Goggle Drive juga bisa melakukan backup data pada Whatsapp. Yang mana Anda dapat menyimpan beberapa pesan, dan juga file yang dikirim melalui Whatsapp. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau data-data pesan Whatsapp akan hilang, ketika ponsel Anda rusak atau Anda ganti ponsel baru.

7. Dapat Menjalankan Dan Mengedit File

Contohnya saja Anda memiliki file dalam bentuk video dan Anda ingin menjalankanya, maka Anda tidak perlu mengunduh terlebih dahulu karena di dalam Google Drive, Anda bisa menjalankan file Video sebagaimana layaknya di komputer.

Begitu juga dengan file-file dokumen yang ingin Anda edit, Anda tidak perlu mengunduh untuk menggunakan aplikasi dokumen. Di dalam aplikasi Google Drive ini, terdapat aplikasi edit dokumen seperti Word, Excel, dan juga Powerpoint. Anda cukup klik file dokumen yang diinginkan dan Anda bisa langsung mengedit file dokumen secara langsung di Google Drive. Yang mana ini dikarenakan Goggle Drive sudah terintegarsi dengan beberapa aplikasi Google yang lainnya.

8. Sistem Keamanan Yang Lumayan Tinggi

Untuk sistem keamanan pada aplikasi Google Drive, termasuk cukup tinggi dikelasnya. Contohnya saja pada saat Anda sedang berbagai file dari Google Drive ke orang lain, Anda dapat menentukan orang-orang yang Anda percayai saja yang bisa membuka file yang telah Anda bagikan. Anda juga dapat menggunakan 2 mode saat melakukan berbagai file, yaitu “Dapat melihat” dan “Dapat mengedit”. Untuk “Dapat melihat” user penerima hanya dapat melihat file yang Anda bagikan saja, dan jika orang lain ingin mengunduhnya, maka harus meminta izin pada pemilik aslinya. Sedangkan untuk “Dapat melihat”, user penerima bisa mengunduh, dan melihat, serta mengedit file yang dibagikan user pengirim.

  • Beberapa Kekurangan Google Drive

1. Bertergantungan Pada Jaringan Internet

Karena semua sistem di Google Drive menggunakan sistem Cloud, maka secara otomatis penggunaan jaringan internet akan sangat dibutuhkan. Jika Anda ingin masuk ke dalam aplikasi Google Drive, maka pastikan perangkat Anda telah terkoneksi internet.

2. Backup Data Di PC Belum Optimal

Aplikasi Google Drive ini juga bisa diakses versi offlinenya pada komputer, sebagai aplikasi backup data secara otomatis. Akan tetapi sayangnya untuk saat ini, hanya dapat melalukan backup pada file foto dan video saja. Sedangkan untuk backup data seperti dokumen dan juga file-file yang sejenisnya belum bisa dilakukan.