TikTok Shoop Semakin Digemari Oleh Warganet Di Asia Tenggara
TikTok Shoop Semakin Digemari Oleh Warganet Di Asia Tenggara

TikTok Shoop Semakin Digemari Oleh Warganet Di Asia Tenggara

TikTok shoop semakin digemari oleh warganet di asia tenggara – Saat ini Bisnis e-commerce TikTok yang bernama “TikTok Shop” sedang tumbuh subur, apalagi di wilayah Asia Tenggara dan China. Ya, bisa dibilang pengguna di wilayah Asia Tenggara saat ini, tengah demen belanja di TikTok Shop. Yang mana kalau dilihat dari angka pembelanjaan pengguna Asia Tenggara di TikTok Shop sudah mencapai 4,4 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 67,6 triliun pada tahun 2022 lalu. Oleh karena itulah, TikTok shoop semakin digemari oleh warganet di asia tenggara untuk berbelanja online.

TikTok Shoop Semakin Digemari Oleh Warganet Di Asia Tenggara

Angka akumulasi nilai pembelian (Gross Merchandise Value/GMV) dari pengguna Asia Tenggara di TikTok Shop tersebut, telah meningkat 4x lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ini menurut sumber yang mengetahui data internal bisnis TikTok Shop.

Di Negara China, sumber yang sama juga mengatakan bahwa pengguna menghabiskan 1,41 triliun yuan (setara Rp 3.208,4 triliun), hanya untuk berbelanja di Douyin ( yang merupakan aplikasi TikTok khusus di China) selama tahun 2022. Yang mana jumlah tersebut naik 76 persen dari tahun 2021. Sedangkan volume barang dagangan kotor e-commerce Douyin mengalami peningkatan sebesar 320 persen pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun-tahun yang sebelumnya.

Sementara itu, laporan lain mengungkapkan bahwa TikTok juga sudah mulai menguji coba fitur TikTok Shop di AS. Sehingga pengguna di Negeri Paman Sam itu juga bisa berbelanja online secara langsung di aplikasi video pendek tersebut. Sebelumnya, TikTok juga telah meluncurkan layanan belanja online di Inggris. Akan tetapi hasilnya tak sesuai harapan. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan di Indonesia, di mana TikTok Shop diterima dengan baik. Bahkan TikTok Shop jadi favorit di Indonesia

Di Indonesia TikTok Shop ini, sudah meluncurkan sejak April 2021 lalu. Yang mana melalui TikTok Shop ini, Anda bisa nonton sambil berbelanja lewat TikTok tanpa harus beralih ke aplikasi lain untuk menyelesaikan transaksi pembelian produk yang diinginkan. Yang artinya semua transaksi pembelian, chatting dengan penjual, hingga proses pembayaran pun, juga dilakukan di dalam aplikasi TikTok itu sendiri.