Fitur Instagram Notes Telah Resmi Meluncur Secara Global
Fitur Instagram Notes Telah Resmi Meluncur Secara Global

Fitur Instagram Notes Telah Resmi Meluncur Secara Global

Fitur instagram notes telah resmi meluncur secara global sejak akhir tahun 2022 lalu. Dengan dirilis secara global, semua pengguna IG bisa menggunakan fitur Notes ini. Ya, Instagram telah menggelontorkan Fitur instagram notes ke beberapa wilayah saja, salah satunya ialah Indonesia.

Fitur Instagram Notes Telah Resmi Meluncur Secara Global

Seharusnya Anda sudah tidak asing lagi dengan kebaruan fitur baru tersebut. Karena “Instagram Notes” sendiri sudah hadir sejak Desember 2022 lalu, dan juga sudah bisa dijajal. Akan tetapi, saat itu tidak semua pengguna di Tanah Air dapat mencoba fitur ini. Karena saat itu Tiktok sedang melakukan uji coba, untuk memastikan apakah fitur tersebut dapat bekerja dengan baik sebelum digulirkan ke semua orang. Dan sekarang, fitur ini sudah bisa Anda temukan dengan mudah, saat Anda mengeklik ikon Direct Message.

Fitur “Instagram Notes” ini bekerja cukup baik untuk wilayah Asia, Amerika Utara, dan juga Amerika Latin, apalagi untuk kalangan pengguna remaja. Oleh karena itu, pengumuman tersebut diharapkan bisa efektif di seluruh pengguna global. Instagram Notes ini memungkinkan Anda  untuk menggunggah posting-an sederhana yang hanya berisikan teks dan juga emoji dengan jumlah yang terbatas yaitu 60 karakter saja. Fitur Notes tersebut juga tidak melibatkan konten foto ataupun video layaknya Instagram Stories. Alhasil, Anda hanya bisa menggunakan elemen teks dan emoji dengan jumlah yang sangat terbatas, seperti halnya membuat kicauan (twit) di Twitter.

Pada dasarnya fitur Instagram Notes ini hampir mirip dengan Instagram Stories. Yang mana keduanya sama-sama digunakan tuk menggunggah status, memiliki tampilan yang mirip, dan status terus juga akan hilang dalam 24 jam. Hanya saja, status “Notes” tersebut menampilkan teks ataupun emoji yang ditulis dan terletak di atas foto avatar Anda. Kalau Stories hanya berupa sebuah foto avatar yang dikelilingi lingkaran berwarna ungu. Sedangkan kalau unggahan Notes ini, tidak akan muncul di laman linimasa ataupun “Home” Instagram, tetapi hanya terlihat di laman “Direct Message” yang berada di bagian deretan atas yang berisi daftar akun yang sedang berkirim pesan.

Adapun cara menggunakan fitur Notes, Anda tinggal pergi ke laman DM IG. Kemudian mengklik ikon plus “+” yang ada di atas foto avatar. Setelah itu tulis pesan atau status yang ingin Anda unggah. Kemudian Anda tinggal pilih akun mana saja yang bisa melihat status Anda tersebut, apakah close friends saja, ataukah akun yang sudah di-followback. Terakhir, Anda tinggal mengklik menu “Share”.