Mengenal Beberapa Fungsi Dari Google Colab
Mengenal Beberapa Fungsi Dari Google Colab

Mengenal Beberapa Fungsi Dari Google Colab

Mengenal beberapa fungsi dari google colab – Seperti yang kita ketahui bersama, kalau google merupakan aplikasi yang memiliki beragam layanan, salah satunya ialah untuk menulis, menjalankan, dan berbagi kode Python secara gratis. Layanan itu bernama Google Colab atau Google Colaboratory. Layanan google Colab ini bisa membantu Anda untuk menunjang berbagai keperluan data science maupun machine learning.

Mengenal Beberapa Fungsi Dari Google Colab

Layanan Google Colab ini sengaja dikembangkan oleh Google Internal Research, untuk memudahkan aktivitas ataupun kebutuhan sehari-hari. Google Colab ini juga bisa Anda gunakan sebagai sumber daya server tuk memproses maupun menganalisis data dengan lebih cepat. Apalagi jika sumber daya pada perangkat terbatas.

Menurut istilah Google Colab ini merupakan salah satu platform cloud computing yang hampir serupa dengan Jupyter Noebook ataupun Google Research.

Jadi Anda bisa dengan mudah memanfaatkan sumber daya server untuk memproses dan juga menganalisis data dengan cepat. Jika Anda menggunakan Google Colab ini, maka Anda tidak perlu repot-repot menginstal, menjalankan, meng-upgrade hardware komputer, hanya sekedar memenuhi persyaratan beban kerja intensif CPU/GPU Python lagi.

Tak hanya itu saja, Google Colab juga akan memberikan akses gratis ke infrastruktur komputasi seperti memori, penyimpanan, kapasitas pemrosesan, Graphics Processing Unit (GPU) maupun Tensor Processing Unit (TPU).

Aplikasi Google Colab ini dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan machine learning programmers, data scientists, big data analysts, AI researchers, and Python learners. Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan Anda simak artikel akusatu.com ini yang menjelaskan tentang apa saja fungsi dari google Colab.

Adapun fungsi dari Google Colab ialah sebagai berikut :

  1. Bisa dimanfaatkan untuk menulis dan juga menjalankan kode Python.
  2. Bisa digunakan untuk membuat, mengunggah, dan juga membagikan buku catatan.
  3. Bisa dimanfaatkan untuk mengimpor/menyimpan buku catatan dari Google Drive.
  4. Bisa digunakan untuk mengimpor/mempublikasikan buku catatan dari GitHub.
  5. Bisa digunakan untuk mengimpor set data eksternal.
  6. Bisa digunakan untuk mengintegrasikan PyTorch, TensorFlow, dan juga OpenCV.
  7. Google Colab ini juga memberikan layanan cloud gratis dengan CPU gratis.