Ini Beberapa Aplikasi Yang Cepat Menghabiskan Baterai
Ini Beberapa Aplikasi Yang Cepat Menghabiskan Baterai

Ini Beberapa Aplikasi Yang Cepat Menghabiskan Baterai

Ini Beberapa Aplikasi Yang Cepat Menghabiskan Baterai – Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali jenis aplikasi yang sudah menawarkan beberapa layanan dan juga fitur yang bisa meningkatkan pada produktivitas Anda atau dapat memudahkan Anda dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Namun yang menjadi masalah saat ini adalah jika semakin banyak aplikasi yang Anda install di Hp Anda,  dan Anda juga butuhkannya, maka performa daya pada Hp Anda juga akan menurun, sehingga daya baterai Hp cepat habis.

Terutama pada saat Anda menggunakan beberapa aplikasi dalam 1 waktu, maka baterai Hp Anda biasanya akan cepat terkuras. Apalagi, pada saat Anda menggunakan aplikasi yang memang sangat menguras baterai Hp, karena menurut penelitian ada beberapa aplikasi yang dapat menguras daya baterai di bandingkan dengan yang lainnya. Agar tidak berlama-lama lagi mari langsung saja kita simak artikel di bawah ini tentang ini beberapa Aplikasi yang cepat menghabiskan baterai.

Ini Beberapa Aplikasi Yang Cepat Menghabiskan Baterai

Menurut firma riset pCloud, ada beberapa aplikasi yang mungkin sering Anda gunakan namun dapat menguras baterai dengan cepat di bandingkan dengan yang lainnya.

Adapun riset ini telah di publikasikan dalam bentuk laporan yang berjudul “Secret Phone Killers – Which apps are the most demanding on your phone?”. Yang mana isi yang ada di dalam laporan tersebut yaitu pCloud mengatakan bahwa ada beberapa aplikasi yang akan tetap berjalan di belakang layar walaupun Anda telah menutupnya dan tidak menggunakannya lagi.

Kemudian semua yang Anda download juga biasanya meminta beberapa akses untuk fungsi tertentu, contohnya seperti kamera, mikrofon, sampai dengan lokasi. Yang mana Permintaan akses seperti ini juga dapat mempengaruhi pada daya baterai Hp Anda. Kemudian menurut pCloud sendiri, ada 3 faktor yang menentukan apakah aplikasi tersebut dapat menguras daya baterai atau tidak. Adapun cara melihatnya yaitu jika pada saat aplikasi tersebut meminta izin untuk akses lokasi ataupun kamera, kemudian juga baterai yang di konsumsi, sampai dengan memiliki fitur mode gelap maka itu artinya aplikasi tersebut dapat menguras daya baterai dengan cepat di bandingkan dengan yang lainnya yang ada di Hp Anda.

pCloud juga meneliti tentang pengetesan yang di lakukan sebanyak 16 fungsi dari fitur yang dapat Anda akses di setiap aplikasi untuk acuan dasar dalam penelitian tersebut.

Adapun 16 fungsi yang di teliti pengetesannya itu oleh pCloud adalah mode gelap, akses file ataupun foto di media, kemudian akses informasi Wi-Fi, kontak, media penyimpanan, lalu informasi panggilan, kemudian lokasi, kamera, kalendar, SMS, sampai dengan pengaturan data.

Dan dari hasil temuan pCloud tersebut, berikut ini adalah 20 aplikasi yang bisa di bilang paling banyak menguras daya baterai Hp di bandingkan dengan yang lainnya:

  • FitBit
  • Verizon
  • Uber
  • Skype
  • Facebook
  • Airbnb
  • Bigo
  • Live Instagram
  • Tinder
  • Bumble
  • Snapchat
  • WhatsApp
  • Zoom
  • YouTube
  • Booking.com
  • Amazon
  • Telegram
  • Grindr
  • Likke
  • LinkedIn

Untuk FitBit dan Verizon ini bisa di bilang dapat menjadi aplikasi yang paling banyak menguras daya baterai Hp yang memiliki skor tertinggi yaitu 92,31%. Yang mana Ke 2nya ini akan meminta izin akses kepada Anda yaitu 14 dari 16 fungsi fitur yang telah tersedia. Mulai dari akses kamera, mikrofon, lokasi, dan juga koneksi Wi-Fi dan lain-lain.

Sedangkan, aplikasi media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, YouTube, Snapchat, dan juga LinkedIn, ke 6 media sosial ini juga bisa di bilang sebagai media sosial yang juga paling banyak menguras daya baterai Hp. Yang mana ke 6 medsos tersebut akan meminta beberapa izin akses juga kepada Anda, contohnya seperti akses foto ke media, lokasi, mikrofon dan juga koneksi WiFi.

Namun, dari ke 6 media sosial yang di sebut tadi, Instagram adalah media sosial yang bisa di bilang tidak banyak menguras daya baterai Hp karena Instagram menawarkan fitur mode gelap. Kemudian fitur tersebut di klaim dapat menghemat 30 %  kapasitas baterai yang Anda miliki.

Selanjutnya, ada juga beberapa aplikasi kencan online atau biasa di sebut dengan dating apps. Contohnya seperti Tinder, Bumble, dan juga Grindr, yang mana ke 3 dating apps ini juga tercatat dapat menguras daya baterai Hp, karena ke 3nya  mengakses 11 fungsi dari 16 fungsi lainnya di Hp dan tidak menawarkan fitur mode gelap.

Sedangkan aplikasi transportasi contohnya seperti Uber, ini juga termasuk salah 1 yang sangat menguras daya baterai Hp dan juga membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lumayan cukup besar sehingga dapat memengaruhi kinerja pada Hp Anda. Untuk itu, Anda di himbau agar menggunakan 1 aplikasi transportasi saja, agar dapat menghemat kapasitas penyimpanan Hp Anda.

Adapun cara agar baterai HP Anda dapat bisa lebih hemat dan tidak gampang boros yaitu dengan cara mematikan background activity ataupun aktivitas di latar belakang. Adapun fungsi dari fitur tersebut adalah dapat mematikan aktivitas yang ada di latar belakang pada saat tidak di gunakan, sehingga dapat mencegah dari aplikasi yang terus memakan daya baterai akibat terus berjalan di belakang layar meskipun sudah tidak di buka dan di gunakan lagi.

Jika hal ini tidak di lakukan, maka aplikasi tersebut akan tetap bekerja di latar belakang meskipun sudah Anda tutup dan tidak Anda gunakan lagi, sehingga dapat membuat daya baterai Hp Anda bekerja lebih berat. Adapun cara untuk mematikan background activity ini dapat Anda lakukan dengan cara seperti di bawah ini.

Namun perlu di catat kembali bahwa cara-cara berikut ini kami lakukan di Hp Xiaomi 12 Pro yang telah menjalankan sistem operasi Android 13. Sehingga ada kemungkinan, beberapa cara dan juga opsi pengaturan juga ada yang berbeda di setiap Hp. Berikut adalah caranya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Kemudian geser layar ke bagian bawah, kemudian klik “Apps” atau “Aplikasi”
  3. Lalu pilih “Manage Apps” atau “Kelola Aplikasi”.
  4. Setelah itu, pilih salah 1 aplikasi yang ingin Anda matikan aktivitasnya dari latar belakang.

Adapun contohnya yaitu seperti Airbnb. Adapun cara mematikan aktivitas di belakang layar yaitu:

  1. Klik aplikasi, lalu pilih “Battery saver” atau Penghemat baterai.
  2. Kemudian ubah pengaturan menjadi “Restrict background activity” atau “Batasi aktivitas latar belakang”
  3. Maka setelah itu, tidak akan ada lagi yang bekerja pada saat aplikasi itu di tutup. Anda juga dapat melakukan cara-cara tersebut untuk yang lainnya jika Anda ingin mematikan background activity.

Perlu di ingat kembali bahwa, setiap Hp mungkin memiliki cara yang berbeda, namun kurang lebih cara untuk mematikan aktivitas sebuah aplikasi dari latar belakang yaitu seperti ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya!

Demikianlah informasi dari kami tentang ini beberapa aplikasi yang cepat menghabiskan baterai Hp. Nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.