Ini Beberapa Teknologi Yang Di Umumkan Di Google I/O 2023
Ini Beberapa Teknologi Yang Di Umumkan Di Google I/O 2023

Ini Beberapa Teknologi Yang Di Umumkan Di Google I/O 2023

Ini Beberapa Teknologi Yang Di Umumkan Di Google I/O 2023 – Konferensi pengembang tahunan Google I/O 2023 telah resmi digelar pada tanggal 10 Mei 2023, bertempat di Amerika Serikat (AS). Yang mana, kali ini Google mengumumkan beberapa produk teknologi baru yang meliputi gadget, sistem operasi, hingga layanan digital lain yang semakin canggih, karena adanya kecerdasan buatan (AI). Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang ini beberapa teknologi yang di umumkan di google I/O 2023.

Ini Beberapa Teknologi Yang Di Umumkan Di Google I/O 2023

Google Pixel Fold

Saat ini yang menjadi sorotan salah 1 nya yaitu Google Pixel Fold, yang mana Google Pixel Fold ini adalah sebuah Hp lipat pertama yang di luncurkan oleh Google. Hp lipat pertama yang di luncurkan Google ini tampil dengan gaya lipat seperti Hp Samsung Galaxy Z Fold. Adapun spesifikasinya yaitu:

  • Google Pixel Fold ini di tenagai oleh chipset Tensor G2.
  • Adapun layar utama memiliki ukuran 7,6 inci dan layar luarnya memiliki ukuran 5,8 inci.
  • Adapun kameranya, Google Pixel Fold ini memiliki kamera belakang yaitu kamera utama yang memiliki resolusi 48 MP.
  • Sementara itu, Google Pixel Fold ini sudah menggunakan sistem operasi Android 13.
  • Kemudian untuk harganya, Hp ini di banderol dengan harga sekisar 1.799 dollar AS atau jika di rupiahkan maka setara dengan Rp 26,4 juta.

Pixel 7a

Selain Pixel Fold, Hp lain yang telah rilis dalam Google di tahun 2023 ini yaitu Pixel 7a. Yang mana Hp ini merupakan suksesor dari Hp sebelumnya yaitu Pixel 6a yang telah di rilis pada tahun lalu. Adapun Spesifikasinya yaitu:

  • Sama seperti Hp Pixel Fold, Hp Pixel 7a ini juga di tenagai oleh chipset Tensor G2.
  • Adapun untuk layarnya, Hp ini di bekali dengan layar AMOLED dengan ukuran 6,1 inci, yang memiliki refresh rate 90 Hz dan telah di lapisi layar pelindung Gorilla Glass 3.
  • Adapun kamera belakangnya memiliki 2 kamera, yang mana setiap kameranya memiliki resolusi 64 MP dan 13 MP. Sedangkan kamera depannya yaitu memiliki resolusi 13 MP.
  • Kemudian untuk harga dari Hp Pixel 7a ini sendiri di banderol dengan harga sekisar 500 dollar AS atau jika di rupiahkan yaitu setara dengan Rp 7,3 juta.Tablet

Pixel Tablet

Selanjutnya ada juga Pixel Tablet. Yang mana Google juga telah meluncurkan tablet pertamanya yaitu yang bermerek Pixel ini. Adapun spesifikasiinya yaitu:

  • Tablet Pixel ini di bekali dengan layar yang memiliki ukuran 11 inci dan telah menggunakan sistem operasi Android 13.
  • Yang membuatnya Tablet Pixel ini unik dari yang lainnya yaitu Tablet ini di bekali dengan dock pengisi ulang baterai. Yang mana ketika Tablet tersebut di pasangkan pada docknya, maka Tablet tersebut akan berfungsi seperti hub atau layar pintar yang dapat Anda gunakan untuk mengendalikan berbagai macam perangkat pintar yang ada di rumah Anda.
  • Kemudian, Tablet Pixel ini juga di dukung oleh Chromecast, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi konten ke Pixel Tablet pada saat Anda dalam mode hub.

Kecerdasan buatan (AI)

Kemudian setelah itu, Google juga mengumumkan tentang beberapa upayanya dalam menerapkan AI pada berbagai macam produk perusahaan. Salah 1nya yaitu fitur Duet-AI untuk aplikasi Workspace.

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat menyusun sebuah konten menjadi lebih mudah juga dapat menyusun rencana sampai dengan membuat gambar dengan menggunakan kata-kata.

Masih tentang AI, Google juga menghapus daftar tunggu layanan Bard AI. Sehingga, seluruh penggunanya dapat mencoba chatbot pesaing ChatGPT itu.

Google Search

Kemudian Google juga melakukan eksperimen pada layanan Google Search. Yang mana Google Search ini akan di perkuat dengan kecerdasan buatan generatif, sehingga dapat memahami sebuah pertanyaan yang lebih panjang.

Selain itu, Google Search ini juga akan mampu memberikan sebuah cuplikan informasi penting yang mudah di baca, sehingga Anda tidak perlu lagi berlama-lama untuk men-scroll hasil dari pencarian Anda untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

Sayangnya fitur yang berbasis AI ini masih dalam tahapan eksperimen. Namun, tidak perlu khawatir karena jika Anda yang mungkin tertarik untuk mencobanya Anda dapat mendaftarnya melalui Search Lab yang ada di aplikasi Google Search tersebut.

Android 14 dan Wear OS 4

Kini Android 14 sudah tersedia dalam versi beta. Untuk itu Google juga mengumumkan berbagai macam fitur yang dapat melengkapi sistem operasi dari Android 14 tersebut.

Adapun fitur-fitur tersebut, beberapa di antaranya adalah fitur kustomisasi untuk layar kunci Hp maupun wallpaper, kemudian ada juga fitur Ultra HDR yang dapat menunjang fotografi pada kamera Hp Anda.

Kemudian Google juga mengumumkan tentang pembaruan sistem operasi untuk smartwatch, yaitu Wear OS 4. Yang mana nantinya Wear OS 4 ini juga akan di lengkapi dengan adanya fitur baru yaitu fitur masa penggunaan baterai yang baik, kemudian juga aksesibilitasnya di tingkatkan sampai dengan tampilan jam yang lebih menarik.

Selain itu, Wear OS 4 ini juga akan mendapatkan fitur backup dan juga restore serta beberapa aplikasi tambahan termasuk aplikasi Gmail dan juga aplikasi Calendar. Selain itu, Google juga mengumumkan aplikasi WhatsApp juga akan mendukung smartwatch yang dapat menjalankan WearOS.

Google Home

Google juga merombak pada aplikasi Google Home. Yang mana nantinya menurut Google, tampilan dari aplikasi Google Home ini akan di poles menjadi aplikasi yang lebih menarik, kemudian dapat di kelola dengan sangat mudah dan yang pasti lebih berguna.

Contohnya, Anda akan dapatkan tombol kontrol yang paling sering Anda gunakan, pada tampilan utama aplikasi. Sehingga, Anda tidak perlu lagi lama-lama untuk menemukan tombol yang sering Anda gunakan itu.

Magic Editor

Kemudian Google Photos juga akan di pembarui dengan adanya fitur Magic Editor. Sesuai dengan namanya, fitur ini seperti sulap yang dapat menghapus objek-objek yang tidak perlu yang ada di foto Anda. Tidak hanya itu, Magic Editor ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat atau menambahkan objek tertentu, contohnya seperti foto menjadi lebih cerah atau Anda dapat memindahkan dari 1 objek ke posisi lain. Hanya saja, fitur ini hanya tersedia di Hp Pixel tertentu saja yang akan hadir di akhir tahun 2023 ini, bahkan belum di ketahui apakah Magic Editor ini akan tersedia di Hp Android juga atau tidak.

Find My Device

Google bahkan juga meningkatkan kemampuan pada fitur Find My Device agar dapat menemukan Hp Anda meskipun Hp tersebut sedang Offline atau tidak mendukung layanan lokasi. Yang mana nantinya fitur ini akan menggunakan Bluetooth dan berbagai macam perangkat Android untuk membantu Anda menemukan benda Anda yang hilang tersebut.

Find My Device ini juga akan memanfaatkan lebih dari 1 miliar perangkat Android di seluruh dunia untuk membantu Anda menemukan barang-barang Anda yang hilang contohnya seperti Hp dan juga alat pelacak melalui Bluetooth.

Kemudian, Google juga akan mengaktifkan fitur yang dapat memperingatkan Anda jika ada pelacak asing yang sedang mengikuti Anda.

Demikianlah informasi dari kami seputar tentang ini beberapa Teknologi yang di umumkan di Google I/O 2023, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.