Kini WhatsApp Memiliki Fitur Edit Pesan Yang Sudah Terkirim
Kini WhatsApp Memiliki Fitur Edit Pesan Yang Sudah Terkirim

Kini WhatsApp Memiliki Fitur Edit Pesan Yang Sudah Terkirim

Kini WhatsApp Memiliki Fitur Edit Pesan Yang Sudah Terkirim – Saat ini aplikasi chatting sudah banyak sekali mengupgrade fitur-fitur baru yang memiliki fungsi tertentu yang jelas dengan adanya fitur-fitur tersebut tentunya akan menambah pengalaman menarik bagi para penggunanya. Terutama yang akan kita bahas saat ini yaitu aplikasi WhatsApp.

Sesuai dengan judulnya WhatsApp kini telah mengupgrade fitur terbarunya yaitu fitur edit pesan yang sudah terkirim. Sebelumnya, para pengguna WhatsApp tidak bisa mengedit chat, dan jika pengguna ingin mengubah pesan yang telah terkirim, maka para pengguna harus menghapus pesan yang ingin di ubah lalu membuat pesan baru kembali, ataupun cara lain yaitu menambah pesan lain tanpa harus menghapus pesan yang telah terkirim tadi. Agar tidak berlama-lama lagi, mari langsung saja kita simak artikel di bawah ini tentang kini WhatsApp memiliki fitur edit pesan yang sudah terkirim.

Kini WhatsApp Memiliki Fitur Edit Pesan Yang Sudah Terkirim

CEO Meta selaku perusahaan yang menaungi aplikasi WhatsApp, yaitu Mark Zuckerberg mengatakan dalam sebuah postingannya di Facebook dan pihak WhatsApp juga mengatakan dalam blog pribadinya yaitu “Saat ini Anda  sudah bisa mengedit pesan WhatsApp hingga 15 menit setelah terkirim” kurang lebih seperti itulah 2 ungkapan itu di dalam postingannya.

Bahkan fitur ini tidak hanya bisa mengedit pesan pribadi saja, namun juga bisa mengedit pesan di suatu group pada saat Anda salah dalam mengetik atau biasa di sebut dengan typo. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

  • Klik dan tekan pesan yang ingin Anda edit selama beberapa detik.
  • Kemudian, Anda akan memilih ada menu “Edit” yang terletak di tiga titik vertikal di kanan atas layar. Sedangkan untuk Anda yang menggunakan WhatsApp versi iOS, menu Edit ini terletak dalam jendela pop-up yang muncul pada saat Anda mengeklik dan menekan pesan tadi.
  • Jika sudah, klik tombol “Edit”, maka Anda dapat mengedit pesan yang terkirim tadi dengan pesan yang baru.
  • Jika sudah selesai di edit, maka nantinya pesan tersebut akan di tandai dengan sebuah label yaitu “Edited” dan di lengkapi dengan adanya label informasi waktu atau timestamp pada pengiriman pesan pertama pada saat belum di edit.
  • Kemudian edit pesan yang telah terkirim maksimal hanya 15 menit saja.

Perlu di ingat bahwa, karena waktu yang di beri hanya 15 menit setelah pesan tersebut terkirim, maka jika pada saat Anda ingin mengedit sebuah pesan namun sudah lebih dari 15 menit setelah pesannya terkirim, maka Anda tidak dapat mengedit isi dari pesan tersebut.

Walaupun demikian, Anda juga bisa mengubah ataupun mengedit isi pesan yang Anda inginkan sampai berkali-kali, namun ingat waktu yang di berikan hanyalah 15 menit setelah pesan tersebut di kirim.

Dan Anda juga tidak perlu khawatir pada pesan yang salah ketik atau typo tadi terlihat oleh orang yang Anda kirimi pesan, karena biasanya WhatsApp tidak akan menyimpan semuanya pesan yang Anda kirim sebelum di edit atau di perbaiki. Dengan kata lain, mau itu Anda sebagai pengirim ataupun sebagai penerima, Anda tidak akan bisa melihat isi pesan asli yang telah mengalami perubahan atau lebih tepatnya pesan yang belum di edit pada saat pertama kali terkirim.

Sesuai dengan penelusuran kami, fitur edit pesan ini sudah dapat di nikmati oleh pengguna Android yang telah menginstal WhatsApp Beta versi terbaru yaitu versi 2.23.11.6, namun sayangnya, fitur ini belum tersedia di WhatsApp yang non beta versi terbaru yaitu versi 2.23.9.75. Untuk itu, bagi Anda yang belum bisa menikmati fitur edit pesan ini, harus menunggu dan sedikit bersabar dalam beberapa hari ke depan.

Namun sekedar informasi saja, biasanya fitur-fitur yang baru di rilis oleh WhatsApp akan hadir di versi WhatsApp yang terbaru juga. Dengan begitu, jika Anda penasaran di Hp Anda sudah tersedia fitur ini atau belum, Anda dapat melakukan pengecekan secara berkala di Google Play Store ataupun App Store untuk melihat apakah ada pembaruan pada WhatsApp versi terbarunya atau tidak.

Setelah kita membahas fitur edit pesan yang baru dari WhatsApp, berikut kita juga akan bahas tentang 2 fitur terbaru di WhatsApp. Berikut penjelasannya:

2 Fitur terbaru WhatsApp

Selain fitur baru yang kita jelaskan di atas tadi sebelumnya WhatsApp juga pernah merilis beberapa fitur baru yang dapat Anda gunakan untuk menambah pengalaman Anda dalam menggunakan aplikasi WhatsApp. Yang mana fitur ini sudah bisa Anda nikmati pada Hp Android versi 2.23.8.76.

1. Polling mode single vote

Sebenarnya WhatsApp telah merilis fitur ini pada November 2022 lalu. Yang mana dengan fitur ini, Anda dapat melakukan jajak pendapat langsung  di dalam ruang obrolan dan Anda dapat memilih lebih dari 1 opsi jawaban yang tersedia di polling.

Namun WhatsApp kini memberikan kontrol lebih kepada para penggunanya, yaitu dengan menambahkan toggle “Allow mutiple answers” di fitur ini. Yang mana, ketika Anda menonaktifkan ikon “Allow mutiple answers” ini, maka polling akan berubah secara otomatis menjadi mode single vote. Artinya Anda hanya bisa memilih 1 jawaban saja dari beberapa opsi jawaban yang telah tersedia. Dengan begitu, hasil dari jajak pendapat akan lebih akurat karena setiap pengguna hanya dapat memilih 1 opsi.

Namun, pada saat toggle “Allow mutiple answers” ini di aktifkan, maka Anda tetap bisa memilih lebih dari 1 opsi jawaban yang tersedia di polling tersebut. Adapun cara membuat polling di WhatsApp dalam mode singel vote yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian pilih chat personal ataupun grup yang Anda inginkan.
  • Lalu pilih ikon paper clip.
  • Setelah itu pilih menu “Poll”.
  • Kemudian ketik pertanyaan dan juga opsi jawaban yang Anda inginkan.
  • Nonaktifkan toggle “Allow multiple answers” jika Anda ingin membuat polling single vote dan aktifkan jika Anda ingin membuat polling dengan jawaban ganda Forward.

2. Foto lengkap dengan caption 

Saat ini, Anda juga sudah dapat memberikan caption secara langsung di setiap foto ataupun video yang Anda kirim ke suatu ruang obrolan. Namun, ketika foto ataupun video Anda ingin di teruskan ke ruang obrolan lain, maka caption tersebut secara otomatis akan hilang. Sehingga Anda harus membuat atau menyalin caption tersebut.

Nah, dengan fitur ini Anda dapat meneruskan ketika foto ataupun video Anda di forward ke ruang obrolan lain yang di sertai sebuah caption.

3. Caption untuk Dokumen

Saat ini, setelah memilih dokumen, Anda bisa langsung menambahkan sebuah caption di kolom “Add caption” sebelum Anda mengirim dokumen tersebut. Sebelumnya, Anda hanya bisa mengirimk dokumen saja, namun caption-nya di kirim terpisah.

Nah, dengan adanya fitur caption untuk dokumen ini, Anda bisa langsung memberikan caption untuk setiap dokumen yang Anda kirimkan. Dan Anda tidak perlu repot-repot menulis caption dokumen yang di kirim secara terpisah. Adapun caranya yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian pilih 1 kolom chatting.
  • Lalu klik “File” yang ada di pojok kanan bawah.
  • Kemudian klik “Dokumen”
  • Lalu pilih dokumen yang ingin Anda kirimkan.
  • Setelah itu tambahkan sebuah caption sesuai dengan yang Anda inginkan.

Demikian informasi dari kami tentang kini WhatsApp memiliki fitur edit pesan yang sudah terkirim, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.