Ini Perbedaan Final Cut Pro Versi ipad Dan macOS
Ini Perbedaan Final Cut Pro Versi ipad Dan macOS

Ini Perbedaan Final Cut Pro Versi iPad Dan macOS

Ini Perbedaan Final Cut Pro Versi iPad Dan macOS – Seperti yang kita ketahui bersama, aplikasi edit video Final Cut Pro telah di luncurkan di  perangkat iPad sejak Selasa 23 Mei 2023 lalu. Sebelumnya, aplikasi edit vidio ini hanya ada pada perangkat macOS saja. Tidak hanya sekedar memindahkan aplikasi Cut Pro ini dari 1 perangkat ke perangkat yang lain, kini Apple juga telah menghadirkan beberapa fitur baru yang eksklusif yang tersedia di Final Cut Pro versi iPadnya.

Lalu, apa saja sih perbedaan dari Final Cut Pro versi iPad dan macOS ini? Agar tidak berlama-lama lagi, langsung saja kita simak artikel berikut ini  tentang ini perbedaan Final Cut Pro versi iPad dan macOS.

Ini Perbedaan Final Cut Pro Versi iPad Dan macOS

Dukungan sentuhan jari dan Apple Pencil

Saat ini aplikasi Final Cut Pro yang versi iPad telah memiliki fitur sentuhan jari, berbeda dengan yang ada di macOS, karena di macOS tidak ada fitur ini.

Dengan begitu, berarti Anda dapat menggunakan aksesori Apple Pencil atau stylus untuk menscroll serta memilih menu yang lebih akurat. Aksesori ini juga dapat Anda manfaatkan untuk menggambar dan juga menulis langsung pada video yang sedang Anda edit melalui Final Cut Pro. Adapun fitur menggambar dan menulis ini yaitu bernama “Live Drawing” yang mana itur ini hanya tersedia di perangkat iPad saja. Selain itu, Anda juga dapat menyambungkan aksesori seperti Magic Keyboard ataupun Smart Keyboard Folio pada ipad Anda.

Namun perlu di ingat bahwa, tidak semua shortcut keyboard yang ada pada aplikasi edit video yang versi macOS bisa Anda gunakan di iPad, conyohnya saja seperti tombol V untuk mengaktifkan dan menonaktifkan klip.

Tampilan antarmuka lebih kecil

Jika kita lihat langsung, tampilan UI Final Cut Pro versi iPad ini tidak begitu berbeda dengan yang ada di macOS. Hal ini dapat kita lihat dari posisi jendela “Preview atau Source Window”, kemudian “Media Window”, serta “Timeline” yang juga masih sama seperti yang ada di perangkat macOS. Bedanya, ukuran UI yang versi iPad ini di buat menjadi lebih kecil di bandingkan dengan yang ada di perangkat macOS.

Adapun tujuan dari perubahan ini yaitu agar aplikasi edit video ini dapat di gunakan dengan lebih nyaman di perangkat iPad. Anda juga masih bisa melakukan “resize” atau dapat memperbesar ataupun memperkecil jendela sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Selain itu, perbedaan yang lainnya yang ada pada 2 perangkat untuk yaitu pada fitur roda digital “Jog Wheel” yang hanya ada di iPad saja. Yang mana ketika fitur tersebut Anda aktifkan, maka Anda akan melihat alat kontrol yang berupa roda yang dapat di posisikan di sebelah kiri ataupun kanan layar. Selain itu, fitur ini juga berfungsi untuk memandu garis waktu atau timeline proyek, memindahkan klip, dan juga dapat melakukan pengeditan secara akurat pada klip video.

Kemudian ada juga beberapa tombol baru yang ada di bawah “Timeline”, yaitu “Inspect”, “Volume”, “Animate”, dan juga “Multicam”. Yang mana dengan adanya tombol ini tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda, contohnya saja seperti “Animate”, ini di gunakan untuk penambahan pada efek video yang Anda edit.

Fitur eksklusif  lainnya 

Selain fitur “Jog Wheel” dan “Live Drawing”, aplikasi edit video ini juga memiliki fitur eksklusif yang bernama “Auto Scene Removal”. Yang mana dengan fitur ini, Anda dapat menghapus ataupun mengganti pada latar belakang video Anda dengan sangat mudah, tanpa harus menggunakan green screen. Apple juga menambahkan kira-kira sebanyak 40 lagu baru yang bisa Anda gunakan pada saat sedang mengedit video. Yang mana nantinya aplikasi ini, secara otomatis akan menyesuaikan lagu dengan durasi “Timeline”. Jika “Timeline” video Anda berdurasi selama 10 detik, maka lagu-lagunya pun akan di sesuaikan menjadi 10 detik juga.

Kemudian, ada juga mode “Pro Camera” yang mana dengan mode ini Anda dapat  merekam video secara langsung dari dalam aplikasi. Untuk aplikasi edit video yang versi macOS memang telah mendukung fitur perekaman dari aplikasinya. Namun, di macOS ini tidak di bekali dengan kamera belakang, berbeda dengan iPad yang dapat di jadikan “studio film berjalan” karena telah di bekali dengan kamera belakang.

 File di Final Cut Pro versi iPad lebih di batasi

Seperti yang kita ketahui bahwa, dalam melakukan pengeditan video biasanya membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup luas, mulai dari menyimpan dari video yang ingin di edit ataupun hasil dari editan video. Untuk itu, tidak heran jika aplikasi edit video yang ada di macOS serta software pengeditan video yang lain, dapat mendukung pengeditan video di drive eksternal.

Berbeda dengan yang versi iPad, semua file akan tersimpan di penyimpanan yang ada di iPad tersebut. Masih tentang file, aplikasi edit video versi iPad juga tidak hanya bisa melakukan “export” pada folder secara menyeluruh. Anda juga harus membuka setiap folder, lalu memilih klip yang ingin Anda impor.

Bicara tentang ekspor dan impor pada file, untuk Anda yang menggunakan aplikasi tersebut dengan versi iPad juga dapat mengekspor proyek yang Anda buat di iPad ke perangkat Mac. Namun, Anda tidak dapat mengimpor proyek Anda yang Anda buat di iPad ke perangkat Mac.

Final Cut Pro versi iPad di bekali plugins serta efek yang di batasi

Aplikasi edit video yang versi macOS ini menawarkan beberapa plugins serta efek yang dapat Anda manfaatkan. Sekedar informasi saja plugins ini adalah sebuah konten tambahan atau add-on dari pihak ke 3 yang mana konten tersebut berguna untuk membuat fitur yang ada di Final Cut Pro menjadi lebih baik dan bahkan dapat menambah fitur baru.

Sedangkan efek sendiri berguna untuk membuat video Anda menjadi lebih unik, contohnya saja menambahkan efek transisi dari 1 klip ke klip yang lain ataupun efek zoom. Kemudian pada saat Anda membuka fitur plugins di aplikasi edit video yang versi iPad, maka Anda akan di sapa dengan tulisan “Coming Soon” ataupun segera hadir. Sedangkan efek yang di tawarkan pada versi iPad ini lebih sedikit di bandingkan dengan yang ada di macOS.

Hanya tersedia di beberapa iPad saja

Aplikasi edit video versi iPad ini tidak tersedia di semua iPad, aplikasi ini hanya bisa di gunakan pada iPad yang di tenagai oleh chip A12 Bionic, yaitu iPad Pro 12,9 inci dari generasi ke-5 atau ke-6, kemudian iPad Pro 11 inci dari generasi ke-3 atau ke-4, dan iPad Air dari generasi ke-5. Sedangkan untuk sistem operasinya yaitu minimun iPad 16.4 atau iPad dengan versi yang lebih baru.

Sementara itu, versi terbaru untuk aplikasi edit video yang ada di perangkat macOS hanya membutuhkan sistem operasi macOS 11.5.1, dengan RAM yang memiliki kapasitas 4 GB, kemudian kartu grafis yang telah mendukung framework Metal, serta dengan VRAM 1 GB, serta penyimpanan yang memiliki kapasitas 4,5 GB.

Jika kita lihat perbandingan spesifikasi yang ada di atas, bisa di simpulkan bahwa aplikasi edit video versi macOS, ini bersifat kompatibel dengan artian bisa di gunakan di banyak laptop Mac. Sedangkan di iPad sendiri hanya beberapa saja yang mendukung untuk aplikasi tersebut.

Kemudian untuk para pengguna tablet yang di rilis sebelum tahun 2018, ini tidak bisa menggunakan aplikasi edit video ini.

Sistem pembayaran yang berbeda

Lalu yang terakhir yaitu sistem pembayaran yang berbeda. Jika di macOS, Anda cukup dengan membayar Rp 4,9 juta sekali saja untuk selamanya. Dan nantinya program ini juga dapat Anda gunakan di perangkat macOS yang lain, yang penting Anda sudah login menggunakan Apple ID, kemudian aplikasi ini juga bisa di gunakan sebanyak 6 orang sekaligus melalui fitur “Family Sharing”.

Sedangkan di iPad, nantinya akan ada sistem berlangganan, contohnya seperti Apple One dan Apple Music. Awalnya, Anda dapat menikmati akses uji coba secara gratis selama 1 bulan, dan selebihnya Anda harus membayar di setiap bulannya sebesar Rp 79.000 atau Anda juga dapat membayarnya selama 1 tahun sekali sebanyak Rp 790.000. Sedangkan untuk fitur “family sharing” ini tidak tersedi di iPad.

Demikian informasi dari kami tentang ini perbedaan Final Cut Pro versi iPad dan macOS, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.