Cara Downgrade Aplikasi Android ke Versi Sebelumnya

Cara Downgrade Aplikasi Android ke Versi Sebelumnya

Cara Downgrade Aplikasi Android – Ketika kita memperbarui aplikasi atau sistem operasi di smartphone kita, sering kali kita menemukan bahwa performanya tidak sebaik sebelumnya, membuat kita ingin kembali ke versi yang lebih stabil. Proses ini dikenal sebagai downgrade.

Apa itu Downgrade Android?

Jadi, bagi kamu yang masih bertanya-tanya, “downgrade” itu apa? Tidak perlu bingung lagi, karena downgrade adalah kebalikan dari upgrade. “Down” berarti “ke bawah,” yang dalam konteks ini berarti mengembalikan aplikasi, game, atau sistem operasi ke versi sebelumnya yang lebih stabil dan cepat.

Misalnya, jika kamu telah memperbarui smartphone kamu ke Android 10 dan merasa tidak puas dengan performanya yang membuat smartphone kamu terasa lebih lambat, kamu dapat melakukan downgrade. Ini berarti kamu mengembalikan sistem operasi Android ke versi sebelumnya, seperti Android Pie, Oreo, atau bahkan Android Nougat, sesuai dengan preferensi kamu.

Berbeda dengan upgrade yang bisa dilakukan secara otomatis, downgrade harus dilakukan secara manual. Ini karena tidak ada opsi untuk downgrade otomatis di Google Play Store atau pengaturan sistem Android. Kamu harus mencari dan mengunduh firmware atau ROM yang sesuai untuk melakukan downgrade.

Lalu, dari mana kita bisa mendapatkan firmware atau ROM ini? Tidak perlu khawatir, karena biasanya produsen smartphone menyediakan halaman khusus di situs web resmi mereka yang berisi berbagai versi firmware yang dapat diunduh dengan mudah. Sebagai alternatif, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas pengguna smartphone dan berbagi informasi, termasuk firmware dan ROM resmi atau custom ROM.

Penting untuk diingat bahwa proses downgrade Android biasanya memerlukan PC dan aplikasi khusus seperti Flashtool, Samsung Kies, atau Mi FlashTool untuk pengguna Xiaomi. Pastikan kamu mengunduh firmware atau ROM yang tepat untuk tipe smartphone kamu, karena kesalahan dalam memilih firmware dapat menyebabkan bootloop atau bahkan softbrick yang lebih serius.

Sebelum kamu memulai proses downgrade, sangat disarankan untuk membackup data penting di smartphone kamu, mulai dari kontak hingga file dan dokumen penting lainnya, termasuk data login dari akun yang kamu gunakan di smartphone tersebut. Hal ini karena proses downgrade seringkali diikuti dengan format penyimpanan internal kembali ke setelan pabrik.

Cara Downgrade Aplikasi Android

Walaupun pembaruan aplikasi di Android itu esensial untuk memperbaiki masalah dan menambahkan fitur, terkadang hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Kita harus mengakui, ada kalanya kita merasa versi sebelumnya dari sebuah aplikasi lebih stabil dan lebih dapat diandalkan.

Di Android, kamu memiliki opsi untuk kembali ke versi yang lebih lama dari sebuah aplikasi. Ini berguna ketika pembaruan terbaru menyebabkan lebih banyak masalah daripada solusi. Google sadar akan hal ini dan telah menyediakan cara untuk mengembalikan aplikasi Android ke versi sebelumnya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan aplikasi Android ke versi lama:

Jika kamu baru saja memperbarui sebuah aplikasi dan menemui masalah, langkah pertama adalah menghapus pembaruan tersebut.

Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengembalikan aplikasi Android ke versi sebelumnya.

1) Cara Downgrade Aplikasi Android ke Versi Sebelumnya

Untuk kembali ke versi sebelumnya, kamu perlu menghapus pembaruan aplikasi terbaru.

Berikut cara mengembalikan aplikasi Android ke versi sebelumnya:

  • ¬†Pertama, buka Pengaturan pada perangkat Android kamu.
  • Kemudian, scroll ke bawah dan pilih Aplikasi. Di sana, pilih Daftar Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.
  • Temukan aplikasi yang ingin kamu kembalikan ke versi lama dan pilih.
  • Di halaman informasi aplikasi, tap ikon tiga titik.
  • Pilih Uninstall Updates dari menu yang muncul.
  • Konfirmasi dengan mengetuk Ok.

Setelah itu, aplikasi akan kembali ke versi asli pabrik.

2) Cara Pasang Versi Aplikasi yang Lebih Lama Secara Manual

Jika tidak ada opsi untuk menghapus pembaruan, kamu mungkin perlu menghapus aplikasi dan memasang versi yang lebih lama secara manual.

Kamu tidak akan menemukan versi lama aplikasi di Google Play Store, tetapi kamu bisa mendapatkannya dari toko aplikasi pihak ketiga atau situs web seperti ApkMirror atau ApkPure.

Setelah mengunduh versi yang lebih lama, buka Pengaturan > Keamanan dan aktifkan opsi untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Kemudian, jalankan file apk yang telah kamu unduh.

3) Menonaktifkan Pembaruan Aplikasi Otomatis

Jika kamu ingin menggunakan versi tertentu dari sebuah aplikasi Android dan tidak ingin memperbaruinya, kamu perlu menonaktifkan pembaruan otomatis. Untuk aplikasi yang diunduh dari Google Play Store, kamu harus menonaktifkan pembaruan otomatis di sana.

Namun, jika kamu ingin menonaktifkan pembaruan otomatis untuk aplikasi tertentu, buka halaman aplikasi di Google Play Store dan tap ikon tiga titik. Dari menu yang muncul, hilangkan centang pada opsi Aktifkan pembaruan otomatis. Ini akan mencegah aplikasi tersebut diperbarui secara otomatis di Android kamu.

Itulah panduan tentang cara downgrade aplikasi android ke versi sebelumnya. Jika kamu ingin kembali ke pembaruan terbaru, cukup buka Google Play Store dan perbarui aplikasi tersebut.