Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus
Foto: businessinsider.com

Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus

Banyak orang yang mencari Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus ke bahasa Indonesia akhir-akhir ini, khususnya dari kalangan siswa dan mahasiswa yang membutuhkan alat bantu saat belajar. Bahasa Jawa adalah bahasa yang dipakai oleh masyarakat di pulau Jawa, terutama Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sekarang ini ada lebih dari 80 juta jiwa yang berbicara bahasa Jawa di Indonesia.

Di pulau Jawa sendiri, bahasa Jawa termasuk ke dalam kurikulum pembelajaran yang diajarkan mulai dari sekolah dasar sampai menengah atas. Bahkan ada beberapa universitas yang membuka jurusan bahasa Jawa untuk mereka yang ingin mempelajari bahasa Jawa lebih dalam.

Nah, buat kamu yang lagi belajar bahasa Jawa di sekolah atau secara otodidak, lewat artikel ini Medcom.ID akan memberikan rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa jawa halus ke indonesia terbaik di Android. Lihat daftar rekomendasinya di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus

  • Kamus Bahasa Jawa Krama Inggil

Kamus bahasa Jawa krama inggil adalah kamus bahasa Jawa paling lengkap saat ini.
Aplikasi ini memiliki ribuan kosakata bahasa Jawa Krama Inggil yang bisa kamu terjemahkan ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.
Dengan aplikasi ini, kamu bisa belajar kelas kata dari tiga tingkatan bahasa Jawa yaitu, Ngoko, Krama dan Kromo Inggil.
Sehingga aplikasi ini cocok buat siswa yang memerlukan kosakata bahasa Jawa berbagai tingkatan untuk menyusun kalimat yang tepat.

  • Translator Jawa

Rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Jawa halus ke Indonesia selanjutnya adalah Translator Jawa yang dibuat oleh Mongosilakan. Ketika kami menulis artikel ini, Aplikasi Translator Jawa ini ternyata sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store lho. Kelebihan Translator Jawa selain lengkap juga didukung dengan tampilan pengguna yang mudah dipahami, kamu akan segera bisa menggunakan aplikasi ini karena tampilannya yang simpel dan gampang digunakan.

Kamu hanya perlu memasukan kata yang mau kamu terjemahkan ke dalam bahasa Jawa, kamu bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Jawa Ngoko, Kromo dan Kromo Inggil. Fitur kamu dari aplikasi ini juga sangat membantu kamu mencari kosakata bahasa Jawa yang kamu ingin tahu.

  • Kawruh Pepak Bahasa Jawa Lengkap

Belajar bahasa Jawa juga kamu lakukan lewat aplikasi Kawruh Pepak Bahasa Jawa Lengkap ini. Lewat aplikasi buatan Surabaya Studio ini, kamu tidak hanya bisa belajar kosakata bahasa Jawa, tapi juga bisa belajar kebudayaan Jawa secara lebih mendalam. Materi belajar yang bisa kamu akses antara lain, kamus aksara Jawa, Peribahasa Bahasa Jawa, Pewayangan, dan Sastra Jawa.  Semua materi disajikan secara teratur sehingga kamu bisa belajar secara bertahap sesuai level kemampuan kamu.

  • Kamus Jawa Lengkap (Offline)

Mau belajar bahasa Jawa  lebih mudah ? Kamu bisa gunakan bantuan aplikasi Kamus Jawa Lengkap ini yang dikembangkan oleh Sukron Jazuli ini. Tidak hanya bisa menerjemahkan bahasa Jawa halus ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya, aplikasi ini juga menyediakan berbagai materi percakapan bahasa Jawa sehingga kamu bisa memahami konteks penggunaan kosakata tertentu. Aplikasi ini sangat ringan dijalankan di smartphone kamu, selain itu bisa digunakan secara online atau offline.

Pada mode offline kamu bisa mengakses kamus bahasa Jawa dari A sampai Z. Sedangkan saat sedang online kamu bisa menerjemahkan bahasa Jawa ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

  • Kamus Bahasa Jawa + Suara

Kamus bahasa Jawa + Suara adalah aplikasi penerjemah bahasa Jawa ke Indonesia atau sebaliknya buatan Solite Kids. Ketika kami menulis artikel ini, ternyata aplikasi keren ini dudah diunduh sebanyak 100 ribu kali lho. Aplikasi ini sangat cocok sebagai pegangan orang tua saat mendampingi anak-anak belajar bahasa Jawa. Berbagai kosakata bahasa Jawa yang ditampilkan dengan gambar ilustrasi dari kata yang dimaksud sehingga anak-anak bisa belajar dengan cepat. Selain itu ada juga fitur quiz yang akan mengevaluasi pengetahuan anak dengan soal-soal bahasa Jawa.

Itulah 5 rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus ke Indonesia terbaik di Android, dari kelima aplikasi tersebut, mana yang sudah pernah kamu coba?