cara melihat riwayat kalkulator iphone
Foto: guidingtech.com

Cara Melihat Riwayat Kalkulator iPhone

Bagaimana cara melihat riwayat kalkulator iphone? Kalkulator adalah aplikasi yang selalu tersedia di ponsel, baik itu ponsel biasa maupun ponsel pintar seperti sekarang ini. Aplikasi ini sangat berguna untuk membantu menghitung angka, misalnya menambah, mengurang, dan perhitungan rumit lainnya.
Namun, kadang-kadang, pengguna ingin memeriksa kembali angka yang sudah dimasukkan ke kalkulator apakah sudah benar atau belum. Nah, bagaimana cara mengetahui riwayat perhitungan di kalkulator iPhone? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel ini sampai habis.

Cara Melihat Riwayat Kalkulator iPhone

Menurut penjelasan di buku Ensiklopedia Mini Sains yang ditulis oleh Chris Oxlade dan Anita Ganeri yang diterbitkan oleh Erlangga, kalkulator adalah fitur yang bisa digunakan untuk membantu menghitung angka, seperti menambah, mengurang, dan perhitungan rumit lainnya. Sayangnya, iPhone tidak menyediakan fitur untuk melihat riwayat perhitungan karena alasan privasi. Tetapi, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini sebagai gantinya:

1. Salin Hasil Terakhir

Kamu bisa melihat dan menyalin hasil terakhir melalui pintasan aplikasi di iPhone. Ini bisa membantumu untuk melihat dan menyalin hasil perhitungan terakhir, caranya seperti ini:

  • Di halaman utama iPhone, cari aplikasi kalkulator, lalu tekan dan tahan.
  • Di layar akan muncul jendela kecil, ketuk ‘Copy Last Result’.
  • Buka aplikasi lain untuk menempel hasil salinan tersebut, bisa di Note, aplikasi pesan, atau lainnya.
  • Selesai.
  • Hasil perhitungan terakhir akan ditampilkan.

2. Gunakan Fitur Fungsi Memori

Fitur fungsi memori di iPhone memungkinkan kamu menyimpan hasil dan angka yang diketik dari perhitungan saat ini ke memori kalkulator. Ini bisa membantumu mengingat dan menggunakan kembali, bahkan melanjutkan perhitungan rumit. Caranya seperti ini:

  • Buka aplikasi kalkulator dan hitung seperti biasa.
  • Ubah tampilan ponsel menjadi lanskap untuk memunculkan fitur iPhone lebih lengkap.
  • Ketuk tombol ‘m+’ untuk menyimpan hasil saat ini ke memori kalkulator.
  • Lanjutkan perhitungan seperti biasa dengan menekan tombol ‘mr’ terlebih dahulu untuk memunculkan nomor yang tersimpan di memori. Kemudian, masukkan angka-angka untuk melanjutkan perhitungan.
  • Selesai.

Selain fungsi di atas, kamu juga memiliki akses ke fungsi memori lainnya untuk membantu mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu:

  • *mc: menghapus data di memori kalkulator.
  • m-: menghilangkan data terakhir di memori kalkulator.

3. Pasang Aplikasi Pihak Ketiga

Karena aplikasi kalkulator bawaan iPhone tidak bisa menampilkan riwayat perhitungan, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kalkulator lainnya yang ada di Apple App Store.

Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mendapatkan riwayat perhitungan. Berikut aplikasi yang disarankan untuk dipasang agar bisa melihat riwayat perhitungan di kalkulator:

* Calculator with History +
* Calculator & Maths Solver
* OneCalc: All-in-one Calculator
* Calculator with History

Rekomendasi Aplikasi Kalkulator Terbaik Untuk iPhone/iPad

Setelah kita mengetahui bagaimana cara melihat riwayat kalkulator iphone, anda juga perlu mengetahui beberapa aplikasi kalkulator untuk iPhone/iPad sebagai alternatif. Bagi kamu mungkin merasa kesulitan untuk memilih aplikasi kalkulator yang cocok untuk gadget iOS kamu.

Nah, di sini ada beberapa aplikasi kalkulator terbaik untuk iPhone dan iPad yang bisa kamu coba. Kamu akan menemukan banyak pilihan aplikasi kalkulator untuk iPhone dan iPad yang kadang membuat kamu bingung untuk memutuskan. Meskipun aplikasi kalkulator sering dianggap sebagai aplikasi yang kurang penting, tapi sebenarnya aplikasi ini bisa membantu dan cukup dibutuhkan dalam situasi tertentu. Jika kamu membutuhkan referensi, maka ini dia aplikasi kalkulator iPhone dan iPad terbaik yang bisa kita pelajari bersama.

1. The Calculator Free (iPhone + iPad) – Gratis

Aplikasi The Calculator Free ini adalah salah satu aplikasi kalkulator terbaik untuk gadget iOS. Aplikasi gratis yang dibuat oleh International Travel Weather Calculator ini memberikan banyak fitur yang berguna untuk perhitungan matematika. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang menarik dan sangat mudah digunakan.

2. Calculator HD Free (iPhone + iPad) – Gratis

Aplikasi yang dibuat oleh Impala Studios ini juga termasuk salah satu aplikasi kalkulator terbaik. Salah satu kelebihannya adalah memiliki tampilan yang menarik dan jelas dengan resolusi HD. Selain itu, tentu saja aplikasi kalkulator ini juga memiliki berbagai fitur perhitungan yang lengkap dan mudah digunakan.

3. Calculator HD Pro Free (iPhone + iPad) – Gratis

Sesuai dengan namanya, aplikasi kalkulator untuk iPhone dan iPad yang dibuat oleh Cider Software LLC ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Selain itu, antarmukanya juga menggunakan visual 3D yang membuat aplikasi ini terasa seperti kalkulator nyata. Tentu saja dilengkapi dengan berbagai fitur perhitungan matematika.

4. Calculator HD+ Free (iPhone + iPad) – Gratis

Berbeda dengan aplikasi kalkulator lainnya, aplikasi Calculator HD+ Free ini memiliki tampilan layar untuk angka yang lebih besar dibandingkan tampilan keyboard virtual kalkulator pada layar. Selain itu, aplikasi kalkulator ini juga memiliki rumus untuk perhitungan matematika yang memudahkan penggunanya.

5. powerOne Finance Pro Calculator (iPhone + iPad) – Berbayar

Berbeda dari aplikasi sebelumnya, aplikasi kalkulator iPhone yang bernama powerOne Finance Pro Calculator ini adalah salah satu aplikasi berbayar yang dibuat oleh Infinity Softworks. Antarmuka aplikasi ini lebih sederhana dan mirip dengan tampilan digital. Selain itu, aplikasi kalkulator ini juga memiliki berbagai fitur perhitungan dan rumus matematika.

6. Bowtie Tips Calculator (iPhone + iPad) – Berbayar

Aplikasi berbayar ini adalah salah satu aplikasi kalkulator terbaik yang dibuat oleh Carlos Perez. Aplikasi ini disebut sebagai salah satu aplikasi kalkulator terbaik karena memiliki berbagai fitur yang fungsional. Hanya saja, tampilannya sederhana dan minimalis karena menggunakan gaya desain kalkulator digital.

7. Calculator Easy HD (iPhone + iPad) – Berbayar

Aplikasi kalkulator terbaik untuk iPhone dan iPad ini juga termasuk salah satu aplikasi kalkulator terbaik. Aplikasi berbayar ini memiliki berbagai fitur unggulan seperti ergonomic key, nice key sound, usage record, dan fitur retina display yang adalah salah satu fitur visual terbaik dari Apple.