Mudah Dilakukan ! Begini Cara Menghubungkan Receiver Parabola Ke Android

Cara Menghubungkan Receiver Parabola Ke Android – Banyak dari Anda mungkin menggunakan antena parabola untuk menonton TV atau merekam acara dari luar negeri. Untuk menjalankan fungsinya, parabola membutuhkan perangkat untuk mengirimkan sinyal dari parabola ke televisi, hal ini biasa dikenal sebagai receiver parabola. Untuk dapat menonton pertandingan favorit Anda, Anda memerlukan receiver yang cocok dengan antena parabola Anda. Receiver parabola juga dikenal sebagai decoder atau satelit receiver.

Pada saat ini, semua orang ingin pastinya ingin melakukan segala sesuatunya dengan cepat. Penggunaan Android untuk berbagai hal merupakan salah satu medium yang dapat dijadikan solusi dalam berbagai hal. Tak terkecuali untuk mengonfigurasi receiver parabola, yang dapat dilakukan di Android. Lantas bagaimana cara menghubungkan receiver parabola ke Android?

Baca Juga : Gamer Wajib Paham ! 3 Cara Mengatasi Game Yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara menghubungkan receiver parabola ke android sebenarnya cukup mudah dilakukan. Namun anda diharuskan untuk menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menghubungkan receiver parabola ke android.

Saat menghubungkan receiver parabola ke perangkat Android, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan tentunya peralatan yang dibutuhkan harus kumplit. Sebab, jika hanya salah satu dari alat-alat tersebut tidak ada, maka proses yang terjadi tidak akan dapat diselesaikan.

Berikut ini peralatan yang dibutuhkan dalam cara menghubungkan receiver parabola ke android :

  • Aplikasi EasyCap
  • HP Android
  • Kabel OTG
  • Kabel EasyCap
  • Kabel konektor RCA
  • Receiver

Cara Menghubungkan Receiver Parabola Ke Android

Menghubungkan Receiver parabola ke Android juga harus dilakukan secara sistematis. Dalam hal penyelesaiannya, jangan sampai meninggalkan step by step nya. Sehingga, diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi untuk menyelesaikan tugas tersebut. Simak urutan langkah berikut ini:

1. Pasang Kabel yang Diperlukan

Cara Menghubungkan Receiver Parabola Ke Android yang pertama adalah dengan memasang kabel yang diperlukan. Anda bisa mulai Menghubungkan kabel DCA/AV dari EasyCap ke receiver. Ada ketentuan yang harus diselesaikan sebelum kabel bisa digunakan. Pasang kabel sesuai warna yang ada. Untuk audio sebelah kiri dan kanan, kabel putih dan merah. Sebaliknya, kabel kuning akan digunakan untuk menangkap gambar yang akan ditampilkan.

2. Download Aplikasi EasyCap

Cara Menghubungkan Receiver Parabola Ke Android selanjutnya dengan mengunduh aplikasi easycap. EasyCap adalah aplikasi sederhana dan gratis yang bisa Anda dapatkan dari Play Store. Salah satu yang paling sering digunakan adalah aplikasi bernama “USB Camera – Connect EasyCap or USB Webcam”.

3. Lakukan Pemasangan dan Buka Aplikasinya

Setelah Anda mengunduh aplikasi easycap, cara menghubungkan receiver parabola ke android selanjutnya dengan instal aplikasi di perangkat Android kemudian jalankan.

Baca Juga : 2 Langkah Mudah Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi

Setelah anda membuka aplikasi easycap, maka akan ada tulisan tulisan “Please connect a USB Webcam, EasyCap or UVC video grabber device” yang muncul di aplikasi. Jika tulisan muncul, aplikasi siap digunakan untuk terhubung ke receiver parabola. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yang tidak kalah penting.

4. Hidupkan Receiver

Cara Menghubungkan Receiver Parabola Ke Android selanjutnya dengan menghidupkan receiver. Kemudian sambungkan USB EasyCap ke kabel OTG dan ke Android. Hasilnya, urutan mulai dari Receiver, RCA, EasyCap, USB, OTG, dan Android akan tersedia. Perlu diingat jika urutan ini jangan sampai diubah!

5. Tunggu Hingga Koneksi Selesai

Ketika semua kabel dan perangkat sudah terpasang dan sesuai dengan rangkaian, maka tunggu hingga poses selesai. Jika sudah muncul tulisan “USB device attached AV to USB2.0” secara otomatis. Beberapa saat kemudian, akan muncul layar baru dengan tampilan seperti televisi. Hasilnya, proses menghubungkan receiver parabola ke Android telah berhasil diselesaikan.

Itulah cara menghubungkan Receiver Parabola ke Android yang cukup mudah dilakukan. Pastikan peralatan yang dibutuhkan sudah sesuai dengan yang dijelaskan diatas. Semoga bemanfaat.