Cara Update Aplikasi Di Android Secara Otomatis Dan Manual

Cara Update Aplikasi Di Android Secara Otomatis Dan Manual – Seperti yang kita tahu, disetiap smartphone android, kita dapat menginstal dan menggunakan aplikasi apa pun yang kita inginkan. Dimana pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang di inginkan di Google Playstore. Berbagai jenis aplikasi dapat ditemukan dan diinstal dengan mudah di Hp Android. Namun, Anda diwajibkan harus membuat akun Google terlebih dahulu untuk mengakses Google Playstore.

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap developer rutin dalam menyediakan versi terbaru dari aplikasi atau game mereka. Fungsi ini dimaksudkan untuk memperbaiki bug di aplikasi, menambahkan fitur baru, dan menambahkan item ke dalam. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara update aplikasi di android ?

Cara Update Aplikasi Di Android Secara Otomatis Dan Manual

Ada 2 cara update aplikasi di android yakni secara otomatis dan manual. Dimana kamu bisa memilih cara yang dianggap paling mudah dilakukan.

  • Cara Update Aplikasi Di Android Secara Manual

Cara pertama terbilang cukup sederhana. Kamu dapat memperbarui versi aplikasi Android melalui Google Playstore. Cara ini cukup banyak digunakan oleh pengguna android, khususnya bagi mereka yang menonaktifkan update otomatis di Google Playstore. Seperti yang kita ketahui bersama, mengaktifkan fitur ini bisa menghemat kuota data lho..

Berikut langkahnya :

  1. Pertama pastikan HP android sudah terhubung ke jaringan internet, baik itu menggunakan data seluler ataupun jaringan wifi.
  2. Selanjutnya buka Google Playstore yang ada di HP android.
  3. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik foto Profil yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  4. Kemudian masuk ke opsi Kelola Aplikasi & Perangkat.
  5. Selanjutnya kamu klik pada tab Kelola, kemudian pilih opsi Unpdate Tersedia yang ada di bawah tab tersebut.
  6. Nantinya akan tampil daftar aplikasi yang tersedia versi terbarunya dan perlu diupdate. Kamu pilih aplikasi yang ingin diupdate ke versi terbaru.
  7. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Update atau Perbarui.
  8. Tunggu hingga proses update aplikasi selesai.
  • Cara Update Aplikasi Di Android Secara Otomatis

Jika Anda tidak ingin memperbarui aplikasi Android secara manual, cara kedua dapat digunakan sebagai alternatif. Anda dapat mengatur pembaruan otomatis untuk aplikasi Anda di Google Playstore. Dalam hal ini, sistem akan melakukan pembaruan otomatis jika versi terbaru dari aplikasi tersedia.

Berikut langkahnya :

  1. Pertama kamu buka Google Playstore di HP android.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik Foto Profil yang ada bagian pojok kanan atas tampilan.
  3. Kemudian kamu pilih opsi Setelan.
  4. Terdapat beberapa opsi di sana, selanjutnya kamu masuk ke opsi Preferensi Jaringan.
  5. Kemudian klik pada opsi Update Otomatis Aplikasi.
  6. Lalu pilih salah satu dari opsi Melalui Jaringan Apa pun dan Melalui Wi-Fi saja.
  7. Jika sudah dipilih, sekarang klik tombol Selesai.
  8. Jika memilih opsi Melalui Jaringan Apa pun, maka sistem akan secara otomatis melakukan update versi aplikasi saat HP terhubung ke internet. Baik itu saat terhubung melalui data seluler ataupun jaringan wifi. Sementara jika memilih opsi Melalui Wi-Fi, maka update otomatis aplikasi hanya dilakukan jika HP terhubung melalui jaringan wifi.

Cukup mudah bukan ? Semoga ulasan diatas tentang Cara Update Aplikasi di Android bisa membantu anda. Terima kasih.