Aplikasi Edit Video Geratis Dan Terbaik Di Laptop
Aplikasi Edit Video Geratis Dan Terbaik Di Laptop

Aplikasi Edit Video Geratis Dan Terbaik Di Laptop

Aplikasi edit video geratis dan terbaik di laptop, ini akan sangat membantu para editor yang masih pemula. Yang mana aplikasi edit video di laptop ini memiliki ukuran yang sangat ringan sehingga tidak membutuhkan laptop spek tinggi. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang aplikasi edit video geratis dan terbaik di laptop.

Aplikasi Edit Video Geratis Dan Terbaik Di Laptop

  • Blender

Aplikasi Blender ini merupakan aplikasi yang tidak berbayar alias gratis dan juga sudah tersedia untuk beragam OS seperti Windows, Mac, dan Linux. Adapun ukuran file download Blender hanya berkisara 128MB – 190MB, tergantung OS yang dipilih. Fitur-fitur edit yang bisa digunakan di aplikasi Blender ini cukup lengkap, bahkan bisa dibilang sudah sekelas pro. Mulai dari editan cut atau memotong video hingga untuk proses editing yang lebih rumit juga ada. Adapun fitur lain dari aplikasi Blender ialah Live preview, Audio mixing, syncing, scrubbing dan waveform visualization. Aplikasi Blender juga menyediakan 32 slot untuk menambahkan video, image, audio, scene, masks dan effect.

  • Lightworks

Kelebihan dari Lightworks ialah menyediakan paket kreatif video lengkap untuk semua orang. Aplikasi Lightworks ini sangat cocok untuk membuat video di media sosial, YouTube atau untuk proyek film 4K. Fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi Lightworks juga cukup lengkap, dan bisa digunakan oleh pengguna pro yang ingin punya alternatif lain yang tidak berbayar. Aplikasi Lightworks ini tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux dengan ukuran file sebesar 67MB – 90MB tergantung OS yang digunakan.

  • Avidemux

Avidemux juga merupakan aplikasi edit video laptop gratis yang bisa digunakan untuk Windows dan Mac. Aplikasi Avidemux telah menawarkan fitur-fitur dasar seperti beragam filter, cutting, dan encoding. Aplikasi Avidemux ini berukuran 28MB – 39MB, tergantung dari OS yang digunakan. Tampilan interfacenya pun cukup simple dan juga mudah untuk dimengerti. Fitur-fitur aplikasi Avidemux menawarkan de-noising filter, sharpening dan encoding. Meski demikian, aplikasi Avidemux ini juga punya kelemahan dengan minimnya efek dan transisi. Akan tetapi cukup layak dicoba apalagi gratis dan juga tanpa watermark.

  • Shotcut

Aplikasi Shotcut menawarkan antarmuka yang sederhana dengan kemudahan dalam pengoperasiannya. Untuk tampilan muka dari aplikasi Shotcut terdiri dari menu timeline, media, effect dan preview. Dengan aplikasi Shotcut ini, Anda bisa memotong video, menggabungkan beberapa video, menambahkan berbagai filter, transisi, dan juga efek pada video. Untuk ukuran download aplikasi Shotcut berkisar 70MB – 105MB.

  • VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor ini juga bisa Anda gunakan untuk menghasilkan video yang menarik. Meskipun begitu, semua tergantung pada kerumitan yang ada seperti efek audio dan juga visual. Mengedit video di laptop dengan aplikasi VSDC Free Video Editor ini sangat mudah, karena memiliki antarmuka yang sederhana, namun tetap menawarkan fitur-fitur penting seperti pilihan transisi, efek, dan juga pengeditan non-linear terbaik. Aplikasi VSDC Free Video Editor berukuran 76MB.

  • Freemake Video Converter

Untuk editor pemula yang hanya ingin edit video untuk publish di Youtube saja, maka aplikasi Freemake sangat cocok untuk Anda. Sesuai namanya, aplikasi Freemake ini memang lebih menonjolkan pada kemampuan mengkonversi format video. Dengan aplikasi Freemake ini Anda bisa memilih output format video yang sesuai dengan media upload, seperti mengubah MP4 ke AVI dan sebagainya. Dan yang lebih serunya lagi Anda bisa mengkonversi lebih dari 500 format video. Akan tetapi bagi yang mau edit video juga bisa, meski fiturnya terbilang dasar seperti cut video atau menggabungkan beberapa video.

  • Machete Lite

Bagi pemakai laptop dengan spesifikasi standar, bisa juga memilih aplikasi Machete Lite. Karena ukuran aplikasi Machete Lite paling ringan dengan tampilan yang minimalis. Aplikasi Machete Lite ini cukup untuk mengedit video sederhana dengan cepat. Aplikasi Machete Lite memiliki kemampuan untuk menghapus frame yang tidak perlu, menyalin, memindahkan, mencampur, dan menyimpan masing-masing bagian. Dan Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak untuk menghapus trek audio dari file video. Adapun ukuran file download Machete Lite hanya sekisar 2,5MB saja. Tapi perlu Anda ketahui kalau aplikasi Machete Lite ini hanya support untuk laptop Windows saja.

  • Openshot

Openshot ini juga layak dipilih sebagai tool editing video gratis di laptop para editor. Karena aplikasi Openshot ini adalah pemenang award open source video editing software. Keunggulan dari aplikasi Machete Lite adalah mudah digunakan, cepat dipelajari dan memiliki fitur-fitur edit yang powerful. Aplikasi Machete Lite juga telah mendukung beragam format video, image atau audio hingga resizing, scaling, trimming, snapping, rotation, dan cutting Video. Aplikasi Machete Lite ini juga telah support untuk Windows, Mac dan Linux. Adapun ukuran file Openshot ini hanya 125MB.