Aplikasi Safe Exam Browser
Aplikasi Safe Exam Browser

Aplikasi Safe Exam Browser Cocok Untuk Ujian

Aplikasi Safe Exam Browser Cocok Untuk Ujian – Aplikasi safe exam browser merupakan salah satu aplikasi kembangan Kemendikbudristek melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Aplikasi safe exam browser ini sangat bermanfaat untuk peserta didik dalam mengerjakan soal-soal ujian atau asesmen Nasional. Di sisi lain aplikasi safe exam browser ini berfungsi untuk memperlancar dan mengamankan proses ujian dan mendukung berbagai LMS baik OpenOLAT dan Moodle.

Fitur ini merupakan sebuah aplikasi Android yang dapat mengurangi kecurangan siswa. Dengan aplikasi safe exam browser ini maka siswa tidak dapat mengakses aplikasi lainnya maupun tidak dapat melakukan screenshot saat sedang ujian. Bagaimana tidak, siswa harus keluar terlebih dahulu dari aplikasi safe exam browser, kalau ingin membuka aplikasi lainnya. Pastinya siswa akan sangat kesulitan. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang aplikasi safe exam browser.

Aplikasi Safe Exam Browser Cocok Untuk Ujian

Pada dasarnya penggunaan aplikasi Safe Exam Browser ini, hanya saat ujian maupun kuis saja. Sehingga peserta ujian wajib menginstalnya dan menggunakan aplikasi Safe Exam Browser. Adapun cara menggunakannya ialah dengan mengatur lingkungan ujian sehingga peserta dapat mengakses aplikasi, soal ujian, dan sumber tertentu yang diijinkan saja.

Aplikasi Safe Exam Browser ini memiliki kelebihan berupa tampilan yang bagus serta mudah untuk dipahami. Sehingga penggunanya tidak perlu khawatir mengalami kesulitan, saat pertama kali menggunakan aplikasi Safe Exam Browser ini. Dengan Safe Exam Browser ini peserta ujian tidak dapat meminimize aplikasi. Selain itu, peserta ujian tidak dapat mengakses halaman ujian melalui url maupun IP. Jika peserta ujian nekat meminimize aplikasi maka risikonya adalah memulai dari awal kembali.

  • Cara Menggunakan Aplikasi Safe Exam Browser 

Untuk menggunakan aplikasi Safe Exam Browser di Android, bisa dilakukan secara mudah asal mengikuti panduan dengan benar.

  1. Langkah pertama ialah mendaftarkan akun secara gratis.
  2. Kemudian unduhlah aplikasi melalui tombol yang ada di panduan.
  3. Siapa saja dapat mengunduh Safe Exam Browser melalui Play Store. Di Play Store tersedia banyak sekali aplikasi exam browser yang bisa membantu dalam menanggulangi kecurangan.

Dari pihak sekolah sendiri juga bisa mengaktifkan fitur Safe Exam Browser dengan akun sekolah dan siswa hanya dapat login melalui aplikasi Android Safe Exam Browser saja. Pihak sekolah juga dapat mengaktifkan dan menonaktifkan ketika sedang ujian. Yang terpenting ialah memastikan pendownloadan aplikasi. Saat sedang ujian dapat menjalankan Zoom dan bisa terhubung dengan kelas masing-masing. Kemudian tinggal membuka file konfigurasi yang diberikan dengan memasukkan password.

Aplikasi Safe Exam Browser ini menjadi satu-satunya perangkat yang hanya klien gunakan untuk membantu mengakses ujian berbasis online. Aplikasi Safe Exam Browser ini sangat membantu dalam mengakses web dan menampilkannya dalam layar penuh.  Sekaligus terkunci, sehingga peserta ujian tidak dapat mencari jawaban melalui situs lainnya.

Tenaga pengajar dapat membagikan file konfigurasi untuk para peserta ujian yang sudah tertaut dengan Google Meet ataupun Zoom. Selain itu peserta ujian juga harus menjalankan file konfigurasi bersamaan dengan Safe Exam Browser.

Menariknya lagi, aplikasi Safe Exam Browser ini tidak banyak alternatifnya. Alternatif tersebut merupakan Google Chrome. Meskipun penyimpanan sandi dan juga pencatatan riwayat penjelajahan Google Chrome kurang aman. Namun pemuatannya lebih cepat dan juga terintegrasi dengan Zoom, sehingga membuatnya bersaing dengan Aplikasi Safe Exam Browser.