Aplikasi Pembukuan MYOB Yang Sangat Praktis
Aplikasi Pembukuan MYOB Yang Sangat Praktis

Aplikasi Pembukuan MYOB Yang Sangat Praktis

Aplikasi pembukuan MYOB yang sangat praktis – Aplikasi MYOB ini merupakan salah satu aplikasi pembukuan yang bisa Anda gunakan untuk berbagai usaha, baik skala yang kecil maupun yang besar. Aplikasi MYOB ini memiliki tampilan yang sangat sederhana, sehingga dapat dioperasikan dengan mudah oleh orang-orang yang masih awam. Tak perlu waktu lama, silahkan Anda simak penjelasan selengkapnya tentang aplikasi pembukuan MYOB yang sangat praktis, berikut ini.

Aplikasi Pembukuan MYOB Yang Sangat Praktis

  • Awal Mula MYOB di Benua Asia

Menurut Ali Mahmudi dalam buku bertajuk Myob Accounting dan Premier, aplikasi MYOB ini merupakan salah satu software terpadu yang terdiri dari beberapa modul. Aplikasi MYOB ini dikembangkan pertama kali oleh MYOB Limited Australia pada tahun 1991 lalu. Yang mana saat ini, aplikasi MYOB sudah dikembangkan di beberapa negara lain, yaitu di Kanada, Amerika, Selandia Baru, Inggris, dan beberapa negara Asia lainnya. Aplikasi MYOB dapat dipergunakan untuk perusahaan yang menggunakan sistem multicurrency (banyak mata uang) dan juga multi user (banyak pengguna).
Walaupun dikembangkan di Negeri Kanguru, namun aplikasi MYOB juga memiliki versi sendiri untuk negara di wilayah Asia seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Vietnam, Thailand, Brunei, hingga Timor-Timur. Keunggulan utama dari aplikasi MYOB terletak pada tampilannya yang mudah untuk dipelajari dalam waktu yang singkat. Dimana Anda hanya perlu mengisikan data dan kemudian memilih tombol perintah yang tersedia untuk menggunakan program secara maksimal.
  • Keunggulan MYOB

  1. MYOB memiliki tampilan user-friendly, karena transaksinya sederhana dan juga berupa gambar. Sehingga sangat mudah untuk dipahami pemula
  2. MYOB telah menyajikan chart of account atau daftar rekening siap pakai dengan Bahasa Inggris, untuk 105 jenis perusahaan yang bisa dibaca dalam lampiran.
  3. MYOB memiliki kemampuan export data ke program excel, sehingga laporannya dapat dicetak di program excel.
  4. MYOB memiliki laporan keuangan yang sangat banyak, termasuk setting pajak dan juga akan menampilkan analisa dalam bentuk grafik.
  • Pencatatan Transaksi Perusahaan Dalam Program MYOB

Mengutip Jurnal Pemanfaatan Program MYOB dalam Pembelajaan Akuntansi yang telah ditulis oleh Achmadi, yang mana terdapat beberapa pencatatan transaksi perusahaan dalam MYOB, diantaranya adalah :
  1. Purchases-Pembayaran kepada Pemasok merupakan semua pembayaran yang telah dilakukan oleh perusahaan kepada pemasok (pay bills), yang mana berhubungan langsung dengan pembelian barang atau pun jasa aktivitas utama perusahaan.
  2. Sales-Penerimaan dari Konsumen digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang atau pun jasa, retur penjualan, serta penerimaan yang berhubungan dengan penjualan tersebut.
  3. Sales-Permohonan Pesanan dari Pelanggan ini merupakan pencatatan yang berguna untuk membuat permohonan dari pelanggan atas penjualan suatu barang dagangan.
  4. Sales-Penjualan kepada Pelanggan merupakan pemrosesan data dengan menu Sales, yang sama dengan mengisi faktur penjualan dalam praktik akuntansi dengan cara manual.
  5. Penyetoran/Pencairan Dana ke Bank ini dimanfaatkan untuk mencatat transaksi yang berhubungan langsung dengan rekening cash atau pun bank menggunakan cek ataupun kartu kredit.
  6. Job List-Pembentukan Divisi merupakan fasilitas yang memungkinkan perusahaan untuk bisa menilai performa masing-masing bagian, dengan melihat laba/rugi per pekerjaan divisi/departemen dan tetap dapat melihat laporan laba/rugi keseluruhan.