Cara Mempercepat Hp Agar Tidak Lemot Saat Main Game
Cara Mempercepat Hp Agar Tidak Lemot Saat Main Game

Cara Mempercepat Hp Agar Tidak Lemot Saat Main Game

Cara mempercepat hp agar tidak lemot saat main game – Mungkin Anda saat ini, sedang bertanya-tanya bagaimana sih cara mempercepat hp agar tidak lemot saat main game? Ketika Anda baru membeli perangkat Android, pasti Anda tidak akan menemui masalah apapun ketika menjalankan aplikasi atau pun bermain game. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, perangkat Anda tersebut akan mulai terasa lambat, bahkan tidak jarang perangkat Anda mengalami lag atau patah-patah ketika bermain game. Hal tersebut sangatlah wajar karena semakin lama Anda menggunakan Android, maka akan semakin banyak pula aplikasi dan game yang diinstal.

Cara mempercepat hp agar tidak lemot saat main game, akan kami coba jelaskan di artikel akusatu.com kali ini. Dengan sebegitu banyaknya aplikasi dan game yang ada di hp Anda, tentunya akan banyak memakan RAM dan juga akan meninggalkan banyak cache sehingga membuat performanya menurun. Daripada penasaran silahkan Anda simak langsung penjelasan tentang cara mempercepat hp agar tidak lemot saat main game berikut ini.

Cara Mempercepat Hp Agar Tidak Lemot Saat Main Game

  • Cara Mempercepat Hp Dengan Menghapus Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Selama ini mungkin Anda menganggap jika aplikasi lama yang sudah tidak Anda gunakan lagi tidak akan menjadi masalah, jika dibiarkan di smartphone atau tablet Android milik Anda. Hal tersebut memang benar, akan tetapi alangkah baiknya jika Anda menghapus aplikasi tersebut, supaya bisa menghadirkan ruang kosong bagi aplikasi lainnya.

Adapun cara untuk menghapus aplikasi yang tidak terpaka, Anda tinggal menuju ke menu Settings > Apps, kemudian buka aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu tekan tombol uninstall. Pada beberapa jenis smartphone, Anda juga bisa melakukannya dengan menekan dan menahan ikon aplikasi tersebut, lalu menggesernya ke ikon tempat sampah.

Sebelum Anda menghapus aplikasi tersebut, pastikan tidak ada data penting yang tersimpan di dalamnya seperti dokumen, data game, ebook, dan lain sebagainya. Jika ada, maka silahkan Anda backup terlebih dahulu, agar Anda bisa menggunakannya kembali ketika Anda membutuhkannya. Dengan menghapus berbagai aplikasi tersebut, maka akan ada banyak ruang kosong di perangkat Anda. Sehingga perangkat Anda dapat berjalan dengan cepat lagi, seperti semula.

  • Cara Mempercepat Hp Dengan Membersihkan Cache

Hampir semua aplikasi akan menyimpan cache untuk berbagai macam keperluan. Yang mana biasanya berbagai aplikasi tersebut akan tetap menjaga file cachenya, agar tidak bertambah besar dengan menghapus cache lama yang sudah tidak digunakan. Akan tetapi terkadang ada aplikasi yang tidak berjalan normal, sehingga cache yang lama tersebut tidak terhapus. Jika keadaannya seperti itu, maka otomatis Anda harus menghapusnya secara manual. Caranya pertama-tama silahkan Anda membuka menu Settings > Apps kemudian buka salah satu aplikasi di sana. Setelah terbuka, maka Anda akan melihat ukuran cache dari aplikasi tersebut.

Jika ukuran cache tersebut terlalu besar, maka Anda dapat langsung menghapus cache tersebut dengan cara menekan tombol “Clear Cache”. Setelah proses pembersihan ini, mungkin aplikasi tersebut akan sedikit lambat ketika Anda membuka lagi untuk pertama kalinya. Hal tersebut sudah biasa, karena aplikasi tersebut akan membuat cache dari awal lagi. Dengan menghapus cache pada perangkat Anda, maka perangkat Anda akan lebih cepat lagi saat di gunakan untuk bermain game.

  • Cara Mempercepat Hp Dengan Menghapus File Yang Tidak Penting

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, menghapus aplikasi dapat menciptakan ruang kosong baru di memori perangkat Anda yang tentunya akan sangat bermanfaat. Nah, ruang kosong tersebut juga bisa Anda dapatkan dengan cara menghapus file yang tidak penting atau tidak Anda gunakan lagi. Jika Anda mau meluangkan waktu untuk memeriksa berbagai folder di memori internal ataupun eksternal, maka pastinya Anda akan banyak menemukan file-file yang sudah tidak berguna lagi. Untuk menemukan file tersebut Anda bisa menggunakan aplikasi semacam ES File Explorer dan lainnya.

Berbagai jenis file yang tidak digunakan tersebut biasanya ada di folder download, bluetooth, dan lain sebagainya. Berbagai file lainnya seperti offline maps dan cache video online juga harus Anda hapus, jika memang sudah tidak terpakai lagi. Bila perlu, Anda juga bisa menghapus pesan SMS, WhatsApp, ataupun email yang sudah lama.

  • Gunakan Aplikasi Khusus

Anda juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membersihkan ruang penyimpanan secara langsung. Terdapat banyak aplikasi di Play Store yang bisa Anda gunakan untuk menghapus cache, menghapus aplikasi yang tidak terpakai, dan bahkan Anda juga bisa mematikan aplikasi yang membuat perangkat Android Anda menjadi panas.

Aplikasi pertama yang cukup handal ialah CCleaner, yang mana aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna PC karena mampu menghapus junk file alias file sampah yang tidak digunakan lagi. Sehingga akan menambah ruang kosong di memori penyimpanan perangkat Anda. Aplikasi ini mampu melakukannya secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu repot menghapusnya satu persatu.

Aplikasi yang selanjutnya ialah Clean Master, yang mana selain dapat menghapus junk file, aplikasi ini juga mampu mematikan aplikasi yang membuat Android Anda menjadi lemot, serta dapat membuat RAM menjadi lebih lega dari yang sebelumnya. Setelah Anda menggunakan aplikasi ini, Anda pasti akan merasakan peningkatan performa di smartphone atau tablet Android Anda.

Aplikasi terakhir yang juga bisa Anda gunakan ialah The Cleaner. Yang mana aplikasi ini mampu menghapus junk file, cache, bahkan hingga riwayat panggilan dan juga SMS. Aplikasi ini juga telah menyediakan fitur untuk menjadwalkan proses pembersihan tersebut, di waktu-waktu tertentu saja. Yang lebih menariknya lagi, aplikasi ini juga akan menampilkan seberapa banyak kapasitas memori yang akan Anda dapatkan setelah proses pembersihan.

  • Pastikan Selalu Update Game

Setiap aplikasi dan juga game yang ada pada ponsel Anda, pastinya akan selalu diupdate atau pun diperbaharui. Nah, tips selanjutnya yang harus Anda lakukan agar handphone Anda tidak lag pada saat bermain game ialah dengan mengupdate game tersebut dengan versi terbaru. Karena jika Anda tidak melakukan update, kemungkinan besar game Anda akan mengalamin lag. Hal tersebut bisa saja terjadi, dikarenakan versi yang lama sudah tidak available lagi untuk Anda mainkan. Sehingga hal tersebut akan memperlambat handephone Anda saat sedang bermain game. Nah, untuk melakukan update game ke versi terbaru, Anda bisa cek di Google Play Games, Anda tinggal lihat versi terbaru dari game yang sering Anda mainkan.

  • Gunakan Jaringan 4G atau WiFi

Jika Anda sangat gemar bermain game online, tapi masih mengalamin masalah lagging, mungkin permasalahannya terletak pada jaringan internet yang Anda gunakan saat ini. Jadi, Anda harus memastikan kalau jaringan internet yang Anda gunakan saat ini merupakan internet yang kuat dan tidak lemot.

Bila perlu, Anda gantilah jaringan internet 4G atau gunakan fasilitas WiFi. Yang mana biasanya, dengan menggunakan jaringan internet 4G maka masalah lemot saat bermain pun akan hilang. Untuk Anda yang memilih WiFi untuk bermain game, Anda juga harus memastikan kalau tidak terlalu banyak orang menggunakan WiFi yang sama dengan Anda. Pastikan juga kalau PING di jaringan internet Anda tidak melebih 200ms.

  • Matikan Aplikasi yang Sedang Aktif

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar handphone Anda tidak lemot adalah dengan mematikan aplikasi yang sedang aktif. Ya, hp Anda akan terasa lamban dan sangat berat ketika banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan. Karena hal tersebut akan memakan banyak RAM. Bahkan baterai hp Anda pun akan cepat terkuras, sehingga membuat performa yang ada pada hp Android Anda semakin melemah. Maka dari itu, Anda harus pastikan kalau Anda tidak membuka terlalu banyak aplikasi. Anda juga bisa menutup beberapa aplikasi yang memang sudah tidak terpakai lagi. Hal ini akan membantu mempercepat kinerja dari hp Android pada saat sedang bermain lho.

  • Dilarang Charging Saat Sedang Bermain

Charging pada saat bermain game adalah salah satu hal yang tidak boleh untuk Anda lakukan. Karena hawa panas yang muncul pada saat hp Anda dicharging, justru akan membuat performa hp Android Anda melambat. Yang hasilnya justru Anda akan menghadapi masalah lagging parah. Begitu pula saat Anda bermain game pada saat sedang charging, juga akan membuat hp Android Anda cepat rusak. Adapun tips lainnya, kami sarankan agar Anda menggunakan kabel charging yang asli dan bukan yang abal-abal. Karena kabel charging yang palsu justru akan merusak hp Android Anda lho. Jadi Anda harus pastikan kalau daya baterai hp Anda, sudah terisi penuh sebelum Anda bermain game.

  • Restart Game

Solusi lain yang bisa Anda lakukan ialah merestart game yang sedang Anda mainkan saat ini. Yang mana, tujuannya untuk memperlancar kinerja hp Android saat bermain game, karena bisa meringankan performa hp Anda. Setelah Anda melakukan restart pada game, maka kami sarankan untuk mendiamkannya sekitar 10 menit. Jadi biarkanlah HP Anda beristirahat sejenak, sampai HP Anda benar-benar sudah normal kembali. Jika dirasa sudah cukup, barulah Anda bisa bermain game kembali.

  • Ganti HP

Jika semua solusi di atas sudah Anda lakukan, namun masih belum bisa mempecepat hp Andamungkin Anda bisa menggunakan cara yang satu ini. Ya, kemungkinan permasalahan yang ada pada HP Anda ialah usia yang sudah cukup tua. Seperti yang Anda ketahui, bahwa HP juga memiliki batasan untuk setiap spesifikasinya. Jadi jika Anda memaksakan HP Anda untuk bekerja lebih berat, maka tak heran jika hp Anda akan mengalami lagging parah. Maka solusi yang tepat untuk Anda ialah menggantinya dengan HP yang memiliki performa lebih kencang.