10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Yang Wajib Dicoba
10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Yang Wajib Dicoba

10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Yang Wajib Dicoba

10 contoh aplikasi cloud computing yang wajib dicoba – Computing merupakan suatu perpaduan antara pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan yang berbasis internet (cloud). Yang mana berfungsi untuk menjalankan suatu program atau aplikasi melalui komputer yang telah terhubung dalam waktu yang bersamaan, akan tetapi tidak semua yang terhubung. Berikut ini ada 1o contoh aplikasi cloud computing yang wajib dicoba.

10 Contoh Aplikasi Cloud Computing Yang Wajib Dicoba

  • Google Drive

Aplikasi Google Drive merupakan suatu layanan penyimpanan online milik Google yang termasuk contoh Aplikasi Cloud Computing. Yang mana aplikasi Google Drive ini diluncurkan pada 24 April 2012. Aplikasi Google Drive akan memberikan setiap pengguna kapasitas penyimpanan sebesar 5GB. Yang mana kapasitas ini dapat ditambahkan dengan melakukan pembayaran atau membeli Storage. Penyimpanan file di Google Drive ini, tentunya akan memudahkan pemilik file untuk mengakses file tersebut kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet atau pun smartphone.

  • Windows Azure

Windows Azure yang telah mendukung berbagai macam bahasa dan juga alat pemrograman. Yang mana sistem operasi ini telah dirilis pada 1 Februari 2010 lalu.

  • Yahoo.com

Adapun cara kerja Cloud Computing di yahoo ialah data di server terintegrasi secara global tanpa harus mendownload software untuk bisa menggunakannya.

  • SaaS (Perangkat Lunak sebagai Layanan)

Sesuai dengan namanya, layanan cloud computing ini sengaja disediakan dalam bentuk software. Contohnya ialah Google Docs and Sheets dan Adobe Creative Cloud. Yang mana ini termasuk dalam layanan yang disediakan oleh Perangkat Lunak sebagai penyedia Layanan. Penyedia layanan ini juga akan menjamin ketersediaan serta keandalan aplikasi mereka. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus dalam memaksimalkan penggunaan aplikasi.

  • PaaS (Platform sebagai Layanan)

Jenis layanan cloud computing ini telah hadir dalam bentuk platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi. Contoh penyedia PaaS ini ialah IBM Bluemix. Yang mana di dalam layanan ini, Anda dapat membuat aplikasi sendiri dengan berbagai fitur yang telah tersedia.

  • IaaS (Infrastruktur sebagai Layanan)

Sederhananya, ketika Anda menggunakan IaaS sebenarnya Anda menyewa komputer virtual kosong. IaaS ini akan sangat membantu Anda untuk mencari layanan dan juga fitur – fitur infrastruktur.

  • Dropbox

Dropbox merupakan platform online yang menyediakan penyimpanan data profesional dan juga fitur berbagi file, dengan lebih dari 400 juta pengguna aktif, 200 ribu di antaranya ialah bisnis. Dropbox ini merupakan suatu fitur yang sangat banyak digunakan orang-orang sebagai dunia pembisnisan. Jika Anda memiliki usaha bisnis, maka Anda bisa coba tuk menggunakan fitur ini.

  • Adobe Creative Cloud

Layanan ini merupakan salah satu aplikasi yang dibuat oleh Adobe Inc., adobe creative cloud ini telah menyediakan fitur untuk mengakses berbagai program khusus untuk desain grafis, fotografi, pengembangan web, pengeditan video seperti Photoshop, Adobe Premier, After Effects dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Slack

Slack ini merupakan suatu platform berbasis cloud yang menyediakan layanan untuk dapat berkomunikasi antar tim. Anda dapat menggunakan Slack, secara gratis atau berbayar sesuai dengan paket berlangganan yang telah Anda pilih. Slack ini akan sangat berguna sekali untuk Anda.

  • Google Suite

Layanan ini mencakup Spreadsheet, Hangouts, Google Documents, Google+, serta berbagai macam alat digital lainnya. Adapun aplikasi paling populer di G suite ialah Gmail, yang merupakan suatu layanan email gratis Google. Yang mana Gmail sendiri memiliki banyak pengguna aktif bulanan, hingga lebih dari 1 miliar di tahun 2016 dan akan terus bertambah di setiap tahunnya.