Aplikasi Untuk Mengecek Bansos 2022 Dari Pemerintah
Aplikasi Untuk Mengecek Bansos 2022 Dari Pemerintah

Aplikasi Untuk Mengecek Bansos 2022 Dari Pemerintah

Aplikasi untuk mengecek bansos 2022 dari pemerintah – Adapun bansos 2022 dari pemerintah yang berupa Bantuan Langsung Tunai, Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) 2022, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan juga Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk daftar bansos 2022 sekarang bisa dengan mengunduh Aplikasi Cek Bansos di Play Store dan kemudian mengisi semua data untuk jadi penerima manfaat BLT BBM, BPNT, dan PKH 2022.

Aplikasi Untuk Mengecek Bansos 2022 Dari Pemerintah

Untuk mengisi data yang diperlukan di Aplikasi Cek Bansos, Anda bisa menyiapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), email yang aktif dan juga nomer seluler yang digunakan. Selanjutnya, jika dokumen yang diperlukan sudah Anda siapkan, maka Anda bisa melanjutkan pendaftaran di Aplikasi Cek Bansos dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan Anda membuat akun di Aplikasi Cek Bansos melalui HP, jika memang Anda ingin menjadi penerima BLT BBM, BPNT dan PKH 2022, adapun caranya ialah :

  1. Silahkan Anda unduh Aplikasi Cek Bansos melalui Play Store terlebih dahulu.
  2. Setelah itu registrasi dengan klik ‘Buat Akun Baru’.
  3. Silahkan Anda gunakan KK dan KTP saat mengisi data pribadi.
  4. Isi semua data diri dalam kolom Nomor KK, NIK serta Nama Lengkapnya.
  5. Setelah itu masukkan email dan nomor HP Anda yang aktif.
  6. Kemudian buat username dan password.
  7. Lalu unggah foto KTP dan juga swafoto yang sedang memegang KTP.
  8. Setelah itu klik ‘Buat Akun Baru’.

Jika Anda telah selesai membuat akun, maka Anda perlu menunggu data diproses. Selanjutnya silahkan Anda cek email yang masuk, dan pastikan kalau email verifikasi dan aktivasi dari Kemensos telah masuk ke email Anda. Jika akun Aplikasi Cek Bansos Anda telah aktif dan sudah bisa digunakan, maka proses berikutnya yang perlu Anda lakukan ialah :

  1. Coba Anda buka Aplikasi Cek Bansos dan login dengan memasukkan username serta password.
  2. Setelah itu pilih fitur ‘Daftar Usulan’.
  3. Kemudian klik ‘Tambah Usulan’.
  4. Dan Anda tinggal masukkan data diri, berupa Nomor KK, NIK hingga keterangan lengkap orang terdekat yang bisa dihubungi.
  5. Lalu unggah foto KTP dan juga foto rumah bagian depan.
  6. Kemudian Anda klik ‘Tambah Usulan’.

Setelah data diinput maka nantinya akan diproses oleh Kemensos, dan kemudian akan dipertimbangkan sudah layak atau belum menjadi penerima bansos BLT BBM, BPNT dan PKH 2022.

Jika Anda telah selesai mendaftar untuk menjadi penerima bansos 2022 di Aplikasi Cek Bansos ini, maka Anda bisa cek secara berkala penerima bansos di situs cekbansos.kemensos.go.id.***