Bisnis Bagi Anak SMA

8 Ide Bisnis Bagi Anak SMA Tanpa Modal Yang Besar

8 Ide Bisnis Bagi Anak SMA Tanpa Modal yang Besar – Belajar adalah tugas wajib bagi anak sekolah, walau begitu tidak menutup kemungkinan bagi anak sekolah khususnya SMA untuk memulai berbisnis, karena memulai usaha tidak harus menunggu sampai dewasa, akan lebih baik jika memulai suatu bisnis sejak dini.

Bagi sebagian besar anak sekolah terutama SMA uang saku adalah satu satunya pemasukan yang mereka dapatkan, baik itu untuk jajan maupun pergi hangout bersama teman-temanya. Mendapatkan pemasukan dari bisnis sendiri merupakan salah satu langkah yang baik untuk anak SMA, selain menambah uang jajan juga dapat meringankan beban orang tua.

Menjalankan sebuah bisnis sembari bersekolah tidak bisa dibilang mudah maupun susah, kita perlu pandai pandai membagi waktu untuk belajar dan berbisnis, namun dengan ketekunan kedua hal itu bukanlah masalah yang besar.

Sebagai anak SMA tentunya kita tidak memiliki modal yang besar untuk usaha, jadi akan lebih baik jika memulai usaha dari kecil kecilan terlebih dahulu, berikut admin sudah rangkum beberapa usaha yang cocok bagi anak SMA dengan modal yang kecil atau bahkan bisa disebut tanpa modal.

8 Ide Bisnis Bagi Anak SMA Tanpa Modal Yang Besar

  • Bisnis Endorser di Instagram

Sebagai anak SMA kekinian pastinya kalian mempunyai Instagram dong, nah kini Instagram dapat dijadikan sebagai ladang bisnis salah satunya yaitu Enderser, kalian tidak perlu menjadi artis terkenal untuk mendapatkan Endorser sebuah produk.
Biasanya akun Instagram yang memiliki followers antara 5000 – 10000 sudah bisa mendapatkan Endorser dari sebuah produk, yah, walaupun hasilnya tidak terlalu besar namun lumayan untuk menambah uanh jajan kalian.
  • Bisnis Jual Pulsa

Salah satu usaha kecil kecilan yang cukup mudah adalah jualan pulsa, kalian tidak perlu membuka toko konter untuk berjualan pulsa, hanya memerlukan sebuah hanphone atau bisa juga menggunakan laptop/komputer. Nah biasanya disetiap kelas wajib ada yang jual pulsa, jika dikelas kalian belum ada yang jualan pulsa, segera deh coba jualan, sebelum didahului teman kamu.
Untuk menjual pulsa sendiri kalian hanya perlu mendaftarkan diri menjadi agen pulsa, hanya perlu melengkapi beberapa persyaratan seperti mengisi data diri, dan melakukan top up saldo kalian sudah bisa berjualan pulsa dengan keuntungan yang lumayan besar (tergantung usaha kalian juga sih).
  • Menjadi Penulis

Peluang usaha selanjutnya adalah menjadi penulis, maksud penulis disni adalah membuka jasa penulisan artikel, baik itu berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris, namun biasanya artikel berbahasa Ingrris akan dibayar lebih mahal.
Untuk membuka jasa penulisan artikel kalian tidaklah harus memiliki skill mengarang yang tinggi kalian hanya perlu merangkai kata-kata agar mudah dimengerti, nah untuk masalah isi dari artikel kalian bisa mencari referensi melalui Google, tapi ingat artikel kalian tidak boleh sama persis (copy paste) artikel orang lain.
  • Bisnis Menjadi Blogger

Menjadi blogger disini sedikit lebih susah daripada menulis artikel saja, karena kalian harus mengerti mengenai SEO dan web programming, karena tanpa kedua hal tersebut website/blog kalian akan sulit sekali mendapatkan pengunjung, dan artinya kemungkinan mendapatkan penghasilan juga sangatlah kecil, namun jika kalian sudah mengerti akan kedua hal tersebut peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blogger sangatlah tinggi.
Sedikit saran, sebaiknya kalian mulailah membuat blog sembari belajar mengenai SEO dan web programming, sudah banyak artikel yang membahas kedua hal tersebut.
  • Mejual Kerajinan Tangan

Ini adalah usaha yang cocok bagi kalian yang memiliki hobi membuat seni kerjinan tangan, selain dapat menyalurkan bakat atau hobi kalian juga bisa mendapatkan penghasilan darinya, mulailah dengan berlatih membuat kerajinan yang berkualitas, apabila dirasa kerajinan buatan kalian sudah memenuhi syarat nilai jual cobalah menjualnya ke teman atau saudara kalian.
Sebaiknya jangan membuat kerajinan terlalu banyak diawal, karena untuk menghindari kerugian, atau cara yang lebih baik adalah membuat kerajinan jika ada yang memesan saja, ini tentunya kan lebih menguntungkan karena pastinya tidak akan ada kerugian.
  • Menjual Alat Tulis

Alat tulis adalah senjata yang wajib dibawa oleh para pelajar, namun tak jarang ada yang tidak membawanya entah itu karena lupa ataupun hilang, dari kejadian itu menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan, kalian dapat membuka koperasi kecil kecilan dikelas dengan menjual Alat alat seperti pensil, penggaris, penghpus, bolpoint ataupun buku tulis, pastinya teman-teman kalian akan lebih memilih membeli dari kalian daripada harus pergi ke-koperasi sekolah.
  • Menjual Makanan

Usaha ini lebih cocok untuk kalian yang pandai memasak, kalian bisa menjual hasil masakan ke kantin sekolah ataupun menjualnya ke kelas-kelas. Makanan yang biasanya laku adalah seperti kue, bakmi, snack dan beberapa minuman seperti jus buah, dawet dan sebaginya.
  • Bisnis Membuka Les Privat

Nah sebagai anak SMA yang sudah mempelajari beberapa pelajaran yang tingi pastinya tidak begitu sulit untuk mengerjakan soal-soal dari SD maupun SMP, untuk itu kalian dapat membuka les privat untuk memberikan pelajran tambahan terhadap anak-anak SD ataupun SMP. Kalian dapat membuka les privat pada hari minggu agar tidak menganggu proses belajar kalian sendiri.
Itulah beberapa ide Bisnis Bagi Anak SMA, intinya adalah untuk mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan kalian harus mempunyai tekad dan ketekunan, tidak lupa pandai pandailah untuk membagi waktu antara berbisnis dan belajar.