Bocoran Fitur Serta Spesifikasi Windows 12
Bocoran Fitur Serta Spesifikasi Windows 12

Bocoran Fitur Serta Spesifikasi Windows 12

Bocoran Fitur Serta Spesifikasi Windows 12 – Kabarnya Microsoft sedang menyiapkan sistem operasi (OS) Windows 12 sebagai penerus dari Windows 11, yang akan menghadirkan beberapa pembaruan dan fitur-fitur baru. Hadirnya pembaruan serta fitur baru ini wajar saja, karena versi baru Windows memang selalu dibuat agar menjadi lebih baik dari sistem operasi versi lawasnya.

Contohnya seperti, Windows 11 diklaim memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan Windows 10, mulai dari aspek kecepatan SSD dan optimisasi untuk perangkat dengan spesifikasi yang kurang mumpuni.

Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mari kita simak artikel di bawah ini tentang bocoran fitur serta spesifikasi Windows 12.

Bocoran Fitur Serta Spesifikasi Windows 12

Tampilan antarmuka (UI) yang baru

Minggu lalu, tampilan antarmuka Windows 12 ini dikabarkan bocor. Dengan adanya gambar yang beredar menunjukkan bahwa tampilan Windows 12 ini menyerupai desain MacOS. Yang mana rumornya sistem operasi yang diberi nama kode “Next Valley” itu konon akan menghadirkan taskbar yang transparan di bagian atas layarnya.

Sama seperti MacOS, taskbar ini memiliki informasi cuaca, Wi-Fi, daya baterai, tanggal, serta jam. Kemudian nantinya Windows 12 juga akan menghadirkan kolom pencarian (search) yang letaknya ada di bagian tengah taskbar.  Penempatan deretan informasi ini berbeda dengan Windows 11 yang posisinya ada di taskbar bagian bawah.

Dengan di pindahkannya taskbar ke bagian atas tentunya membuat bagian bawah taskbar menjadi terlihat lebih kosong. Masih berhubungan dengan itu, Microsoft juga mengubah tampilan ikon-ikon aplikasi di taskbar bagian bawah menjadi tampilan docking aplikasi seperti yang dimiliki MacOS.

Integrasi kecerdasan buatan (AI)

Meskipun Windows 12 belum di umumkan secara resmi, namun Microsoft sudah memberi indikasi bahwa versi baru dari sistem operasinya akan mengintegrasikan kecerdasan buatan. Yusuf Mehdi selaku Consumer Chief Marketing Officer Microsoft berkata “Saat kami mulai mengembangkan versi Windows yang berikutnya, kami akan memikirkan di mana kecerdasan buatan dapat menjalankan perannya secara natural,”  Microsoft juga memiliki kerja sama jangka panjang dengan OpenAI lewat investasi yang nilainya miliaran dollar AS. Maka dari itu, dapat diprediksi bahwa Windows 12 ini akan dibekali teknologi kecerdasan buatan seperti chatbot ChatGPT serta bot pembuat gambar otomatis DALL-E 2.

Upgrade Windows Explorer dan Notepad Sejak Windows 11

Windows Explorer dan Notepad memiliki fitur tabs yang multitasking. Yang mana kabarnya Windows 12 akan memiliki fitur tersebut untuk menyokong produktivitas. Microsoft juga diprediksi akan menghadirkan pembaruan Windows Explorer lainnya untuk Windows 12 meskipun belum ada bocoran yang spesifik terkait pembaruan yang dimaksud. Selain peningkatan dari ke 2 fitur tersebut, Windows 12 ini diperkirakan akan menghadirkan dukungan untuk perangkat layar sentuh dan keyboard serta penempatan panel kontrol di bagian tab pengaturan.

Kemungkinan windows 12 juga akan hadir di tahun 2024 yang akan datang. Adapun Informasi ini muncul dari pembocor hardware Intel, yaitu @leaf_hobby. Melalui postingan Twitter-nya yang kini telah dihapus, Windows 12 ada dalam daftar sistem operasi yang didukung untuk prosesor desktop Intel Meteor Lake-S. Yang mana prosesor ini rumornya juga akan hadir pada kuartal kedua bulan April-Juni 2024 yang akan datang.

Adapun spesifikasi minimum Windows 12 ini kemungkinan akan lebih berat dibanding dengan sistem operasi versi lamanya. Hal ini dilihat dari beberapa peningkatan spesifikasi yang dibutuhkan untuk meng-upgrade Windows 10 ke Windows 11, contohnya seperti RAM dan prosesornya. Meskipun belum ada spesifikasi resminya, setidaknya sudah banyak prediksi tentang perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 12. Berikut adalah daftar spesifikasi minimum yang diperlukan.

  1. CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan 2 inti (dual core) atau lebih dengan clockspeed 1 GHz, adapun RAMnya sebesar 8 GB serta penyimpanan sebesar 64 GB
  2. System firmware: UEFI, mendukung Secure Boot
  3. TPM: Trusted Platform Module (TPM) 2.0
  4. GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru serta driver WDMM 2.0.
  5. Display: Layar yang lebih besar dari 9 inci yang memiliki resolusi HD (720p) serta mendukung sistem warna 8-bits setiap channel-nya.

Namun, perlu dicatat bahwa informasi di atas ini masih bersifat rumor saja. Karena sampai saat ini pun, Microsoft masih belum mengkonfirmasi deretan rumor terkait Windows 12 ini.