Mengenal Pengertian Serta Kelebihan Dari NFT Art

Belum lama ini kita dibuat heboh dengan karya seni digital NFT art dari seniman amerika beple yang terjual hampir mencapai 1 triliun rupiah. Mungkin sebagian banyak orang belum mengetahui apa itu nft art ? Dilansir dari laman academy.benance.com , NFT art adalah singkatan dari Non-Fungible Token. NFT adalah tipe khusus dari token kripto yang mewakili sesuatu yang unik. NFT disebut non-fungible karena tidak dapat saling dipertukarkan. NFT digunakan dalam beberapa aplikasi spesifik yang membutuhkan item digital unik seperti seni kripto, koleksi digital, dan game online.

Secara singkat, NFT Art adalah karya seni digital yang diterbitkan dalam bentuk token kripto, dapat diakses dan diperjualbelikan di Blockchain. Perbedaan dengan aset kripto lain adalah NFT Art tidak memiliki nilai tukar, sehingga kepemilikannya hanya dapat dimiliki oleh satu pengguna saja.

Baca Juga : Begini Cara Main Game di Telegram Lengkap Beserta Game Terbaik

NFT Art mulai banyak dibicarakan oleh sebagian banyak orang diawali dengan fenomena CEO Twitter, Jack Dorsey, dimana dia berhasil menjual tweet pertamanya dalam bentuk NFT seharga hampir Rp 36 miliar. Selain CEO Twitter, seniman digital Mike Winkelmann yang dikenal dengan alias Beeple, baru-baru ini menjual karya seni digitalnya dalam bentuk NFT. Karya seni milik Beeple sukses terjual seharga Rp 994,7 miliar.

Tak kalah dari yang telah disebutkan diatas, meme populer di internet sepanjang hampir satu dekade “Nyan Cat” juga sukses dijadikan NFT art o;eh para penciptanya, dimana meme yang berupa animasi pixel dari seekor kucing berbadan kue yang meninggalkan jejak pelangi ini laku terjual seharga Rp 8,1 miliar.

Fenomena inilah yang membuat NFT art makin melambun dan mulai dikenal banyak orang di belahan dunia. Untuk menjual karya seni miliknya berupa NFT Art di beragam forum jual-beli berbasis luar negeri. Biasanya, NFT Art dijual atau berpindah kepemilikan melalui proses lelang di berbagai platform lelang online.

Kelebihan NFT Art Bagi Seniman

Bagi para seniman, khususnya seniman digital, menerbitkan karya seni digitalnya menjadi token yang berupa NFT Art merupakan alternatif yang baik untuk dilakukan. Apalagi bagi seniman-seniman yang baru merintis karir di dunia seni. Dan berikut ini merupaan kelebihan NFT Art yang dapat dirasakan oleh para seniman :

1. Autentikasi Karya Seni

Para seniman yang menginginkan menjual arya seni digitalnya dalam bentuk NFT dapat menciptakan batasan untuk menghindari pemalsuan maupun duplikasi arya seni serupa. Sehingga orisinalitas suatu karya seni akan terjamin dan terdaftar di blockchain.

Baca Juga : Link Download Video Converter Gratis Terbaik

Selain itu, dengan NFT art nantinya akan dilengkapi dengan kode unik

Hal ini terjadi pada NFT Art yang dilengkapi oleh kode unik, sehingga bersifat collectible atau dapat dikoleksi. Kode unik ini berguna untuk melacak penerbit token, pemilik awal, dan pemilik akhir untuk suatu NFT Art tersebut. Melalui kode unik ini, penggunaan pihak ketiga menjadi berkurang sehingga memungkinkan seniman untuk memiliki royaltinya.

2. Jangkauan Audiens Meluas

Dengan NFT art dapat menjangkau para pecinta dan peminat karya seni lebih luas hanya dengan melalui proses yang cepat. Karya seni digital milik para seniman tersedia secara virtual dan dapat dengan mudah diakses oleh berbagai kalangan para pecinta karya seni di seluruh dunia tanpa mengenal perbedaan waktu.

3. Kesempatan yang Sama

Kelebihan yang terakhir NFT Art adalah telah membuka pintu kesempatan bagi para seniman pendatang baru yang mana sebelumnya kesulitan untuk masuk ke pameran seni konvensional. Hal tersebut terjadi karena proses menjadikan suatu karya seni digital menjadi NFT Art sangat mudah dan singkat. Proses tersebut dikenal dengan sebutan minting. Dengan demikian, para seniman kini memiliki kesempatan yang sama dalam berunjuk karya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *