Begini Cara Buat dan Cara Jual NFT di Opensea

Cara Jual NFT di Opensea – NFT atau Non Fungible Token merupakan aset digital layaknya karya seni lukisan, item dalam gif, musik dan jenis karya lainnya yang bisa dikoleksi dan dianggap mempunyai nilai. NFT saat ini diperjualbelikan secara online dan sering menggunakan mata uang kripto pada saat proses transaksinya. Dimana nilai NFT yang diperjualbelikan harganya ditentukan oleh pasar dan jumlah permintaan yang ada. Dengan cara yang sama seperti cetakan seni asli, yaitu dibuat, digunakan, dibeli dan dijual. Salinan NFT masih merupakan bagian yang valid dari blockchain, tetapi aset versi digital ini tidak akan memiliki nilai yang sama dengan aslinya.

Beberapa bulan belakangan ini NFT sedang menjadi salah satu tren jual beli karya seni secara digital yang lagi populer. Tercatat total penjualan NFT secara keseluruhan dri tahun 2020 – 2021 mengalami kenaikan hingga mencapai 55%, yakni yang awalnya 250 juta dolar AS kini menjadi 389 juta dolar AS atau jika kita rupiahkan setara dengan Rp 5 Triliun. Lantas, bagaimana cara menjual NFT di opensea ?

Baca Juga : Mengenal Apa Itu NFT dan Koin NFT Terbaik 2021

Sebelum anda mulai menjual NFT, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu cara membuat NFT di Opensea. Langkah pertama dalam membuat NFT yakni anda harus menentukan blockhain untuk mengeluarkan NFT tersebbut. Dan berikut ini beberapa pilihan blockchain yang bisa anda gunakan untuk membuat NFT

  • Flow by Dapper Labs
  • Tron
  • EOS
  • Polkadot
  • Tezos
  • Cosmos
  • WAX

Setiap blockchain memiliki standar token NFT yang terpisah, wallet service yang kompatibel, dan marketplace tersendiri.

Opensea sendiri merupakan pasar NFT berbasis Ethereum yang saat ini memiliki ekosistem NFT terbesar. Dimana nantinya para pengguna perlu memiliki wallet Ethereum yang mendukung ERC-721 (standar token NFT berbasis Ethereum), seperti MetaMask, Trust Wallet, atau jenis wallet lainnya. Dengan begitu, nantinya Anda dapat membuat karya seni, musik, atau video NFT Anda sendiri di blockchain Ethereum.

Cara selanjutnya, Anda bisa memilih opensea untuk mulai menghubungkan wallet Anda dan untuk mengunggah gambar atau file pilihan yang nantinya akan diubah menjadi NFT.

Baca Juga : 5 Software Pengolah Kata Untuk Membantu Pekerjaanmu

Cara Membuat NFT di OpenSea

  1. LAngkah pertama, anda akan diminta untuk menghubungkan wallet berbasis Ethereum yang Anda miliki. Setelah Anda memasukkan kata sandi wallet, platform akan secara otomatis menghubungkan wallet Anda dengan OpenSea.
  2. Buka laman OpenSea, pilih ikon profil di kanan atas dan klik “My Profil”.
  3. Klik “Sign In” dan ikuti semua instruksi yang tertera pada layar.
  4. Setelah akun OpenSea berhasil dibuat, klik “Create” lalu pilih “My Collection”.
  5. Pilih “Create a Collection” lalu pilih “Create”.
  6. Masukkan nama koleksi Anda, deskripsi, dan unggah gambar atau logo.
  7. Kemudian klik “Add New Item” dan Anda akan diminta untuk mengunggah metadata seperti gambar, audio, video.
  8. Setelah selesai, klik “Create” di bagian bawah dan bubuhkan tanda tangan di wallet Anda untuk mengonfirmasi pembuatan NFT.
  9. Karya NFT Anda akan muncul di koleksi dan siap untuk diperdagangkan.

Dan berikut ini cara jual NFT di opensea

  1. Buka opensea.io.
  2. Pilih My Profil di kanan atas.
  3. Pilih NFT yang ingin Anda jual dari wallet Anda.
  4. Klik “Sell” di kanan atas.
  5. Kemudian tentukan harga, jenis lelang, dan preferensi lainnya. Setelah selesai pilih “Post Your Listing”
  6. Anda kemudian akan diminta untuk melengkapi listing, mengonfirmasi semua detail, dan memposting NFT Anda di market.
  7. Anda dapat melihat semua NFT yang Anda jual di menu “My Profil” dan pilih “Activity”

Untuk diketahui jika anda sebelumnya belum pernah menjual NFT di opensea, maka anda wajib untuk menghubungkan wallet yang anda miliki ke platform ini terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *