Cara Jual NFT Yang Perlu Anda Ketahui

Cara Jual NFT  : NFT atau Non Fungible Token merupakan sebuah sertifikat kepemilikan pada suatu karya. Dimana karya bisa diperjualbelikan secara resmi dan tersimpan di blockchain atau sistem transaksi digital. Gambarannya seperti suatu karya bisa diduplikasi secara massal dan beredar, akan tetapi hanya satu orang (sang kreator yang mendaftarkan ke NFT) saja yang memiliki versi aslinya.

Dikarenakan NFT tersambung dengan blackchain, transaksi NFT terbilang sangat serupa dengan mata uang crypto. Namun, yang membuat sedikit berbeda ialah NFT tidak bisa ditukarkan dan hanya bisa diperjualbelikan. NFT pada dasarnya melambangkan kepemilikan segala elemen digital, jadi apapun bentuknya mulai dari karya seni, item virtual dalam video game (skin), musik hingga barang koleksi dapat didaftarkan NFT.

Baca Juga : Semakin Seru Dengan Aplikasi Pengubah Suara Saat Main Game Online di Android

Nah, berikut ini merupakan cara jual NFT yang perlu anda ketahui :

1. Berkarya

Langkah pertama cara jual NFT yang perlu anda ketahui ialah anda terlebih dulu membuat karya seni NFT.Dimana bentuk karya digital yang bisa dijual dengan teknologi NFT seperti foto, animasi, video, ilustrasi, audio dan game. Untuk diketahui jika format file digital harus disesuaikan dengan sistem yang didukung oleh platform marketplace NFT.

2. Membuat dan Mengisi Dompet Kripto

Cara jual NFT selanjutnya yakni setelah membuat karya, anda diharuskan untuk membuat dompet mata uang kripto. Dimana hal ini karena transaksi NFT menggunakan cryptocurrency, jadi kreator diharuskan untuk lebih dulu memiliki akun wallet atau dompet kripto. Jangan lupa, pastikan wallet yang dipilihterkoneksi dengan sistem blockchin dan platform marketplace NFT serta sudah mendukung jenis mata uang kripto yang dipilih seperti kukai, metamask, trust wallet, coinbase, alphawallet dan enjin.

3. Memilih Platform Marketplace

Setelah cara diatas sudah dilakukan semua, maka selanjutnya anda mulai memilih platform untuk menjual karya NFT. Pilihlah marketplace sesuai dengan dompet wallet dan sistem blockchain yang mendukung.

Baca Juga : Mengenal Istilah NFT Game, Main Game Dibayar Uang Kripto

Berikut ini daftar marketplace NFT :

  • OpenSea
  • Rarible
  • SuperRare
  • Foundation
  • AtomicMArket
  • Myth Market
  • BakerySwap
  • KnownOrigin
  • Enjin Marketplace
  • Hortion
  • Hicetnunc

4. Menyiapkan Modal Untuk Minting

Cara jua NFT selanjutnya adalah dengan menyiapkan modal untuk minting. Dimana sejumlah sistem blockchain dan maretplace NFT mengharuskan kreator untuk membayar sejumlah koin kripto untuk karya mereka agar bisa diunggah dan dipasarkan. Untuk besarannya cukup beragam, tergantung marketplace yang anda pilih.

Untuk mengkonversi rupiah menjadi koin kripto, anda bisa menggunakan sejumlah aplikasi pedagang aset kripto ( excharger) seperti, indodax, tokocrypto, zipmex, dan idex. Agar diperhatikan bertransaksi mata uang kripto dipedagang aset kripto yang terdaftar di Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

5. Minting ( Mengunggah Karya & Menyematkan Smart Contract )

Cara jual NFT selanjutnya yakni anda bisa memulai minting. Minting sendiri merupakan proses yang dilakukan agar arsip digital NFTyang diunggah oleh anda bisa terpublikasikan ke dalam sistem blockchain. Setiap sistem memiliki standar token NFT yang berbeda. Dimana pada prosessnya, anda bisa menyematkan smart contract (menentukan berapa banyak salinan file digital yang hendak dijual, besaran royalti jika karya dijual kembali ke tangan kedua dan seterusnya serta harga jualnya.

6. Memasarkan Karya dan Bertransaksi

Cara jual NFT yang terakhir yakni dengan memasarkan karya dan bertransaksi. Sama seperti marketplace pada umumnya, dimana proses jual beli aset NFT akan dilakukan secara digital. Dimana koin kripto dari pembeli akan masuk ke dompet anda. Anda juga menguangkan kembali koin kripto yang anda miliki dengan menjualnya di pasar aset kripto serta menyimpannnya sebagai instrumen investasi.

Itu tadi ulasan singkat cara jual NFT yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *