Mengenal Apa Itu NFT Crypto, Aset Kripto Yang Tengah Naik Daun

Apa itu NFT Crypto ? Baru baru ini jagat maya dibuat heboh dengan hadirnya NFT crypto yang menghasilkan keuntungan besar bagi para pemiliknya. Berbeda dengan dunia nyata, didunia maya apapun bisa diduplikasi misalnya gambar, lagu, karya seni, meme atau konten lainnya dalam bentuk apapun yang diunggah di internet, sehingga membuat solah tiak ada batasan antara karya asli dan hasil duplikasi di internet.

Nah dengan adanya NFT Crypto ini, membuat sebuah karya digital bisa dipastikan keasliannya meski duplikatnya banyak beredar di dunia maya sekalipun. Lalu apa itu NFT Crypto ?
NFT atau Non-Fungible Token merupakan sebuah teknologi kripto semacam sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video, atau bentuk virtual lainnya.

Baca Juga : Cara Menginstal Driver Printer HP LaserJet P1102w

Dimana aset-aset dengan NFT nantinya akan tercatat dalam blockchain, blockchain sendiri merupakan semacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata aset kripto lainnya. Ketika NFT crypto sudah dienkripsi di blockchain pada suatu hal, maka hal tersebut tak lagi bisa direplikasi atau diduplikasi. Contohnya saja seperti kicauan pertama CEO Twitter Jack Dorsey yang dijual dengan harga mencapai 2,5 juta dollar AS atau setara Rp 35 milar. Twit tersebut dijual sebagai Non-Fungible Token. Suatu NFT (karya digital) yang dijual, bakal memiliki nomor kode dan metadata unik yang tidak bisa direplikasi dan tentunya berbeda dari aset NFT lainnya.

Dimana kode unik ini nantinya bisa melacak penerbit token, pemilik awal, dan pemilik akhir untuk karya atau barang yang sifatnya bisa dikoleksi (collectible). Setiap NFT akan berlaku sebagai item koleksi yang tidak dapat diduplikasi sehingga menjadikannya langka. Artinya, NFT ibarat sebuah sertifikat keaslian untuk aset virtual.

Baca Juga: Koin Crypto Yang Bagus Untuk Investasi Jangka Panjang

Berbagai karya yang bisa dijadikan NFT Crypto misalnya gambar atau video, biasanya bisa disimpan dan dilihat oleh banyak orang. Namun, hanya akan ada satu orang yang memiliki versi aslinya yang dilengkapi dengan sertifikat kepemilikan digital yang tersimpan di dalam blockchain.

NFT crypto sendiri digunakan pertama kali pada sebuah game blockchain bernama CryptoKitties pada Oktober 2017 lalu. Dalam game tersebut, pengguna bisa mengadopsi atau memelihara seekor kucing virtual. Layaknya memiliki binatang peliharaan di dunia fisik, seekor kucing digital bakal memiliki identitas (token) unik untuk menunjukkan bahwa kucing tersebut dimiliki sepenuhnya oleh seorang pengguna.

Itu tadi merupakan ulasan singkat tentang Apa Itu NFT Crypto, Semoga ulasan diatas dapat membantu anda dalam memahami NFT Crypto. Ingin mencoba membuatnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *