Pengertian dan Cara Buat NFT Crypto Dengan Mudah

Cara Buat NFT Crypto – Pengertian NFT crypto sangat penting untuk Anda pahami, NFT sendiri merupakan singkatan dari Non-Fungsible Token. NFT Crypto merupakan salah satu jenis aset digital yang terus membludak popularitasnya hingga tahun ini. Pendapatan yang Teraih untuk NFT Crypto sejak tahun 2017 lalu mencapai 174 juta dolar Amerika Serikat.

NFT Crypto merupakan sebuah aset digital yang dapat mewakili objek dunia nyata seperti musik, lukisan, video, hingga item game. Secara umum, mereka akan membeli dan menjual barang melalui internet menggunakan cryptocurrency.

Baca Juga : Freelance Writer Adalah ? Pengertian dan Tips Menjadi Freelance Writer Sukses

Pengertian NFT Crypto adalah tidak ada duanya atau duplikatnya sama sekali dan termasuk sebuah token unik. NFT, dalam bentuknya yang paling dasar, adalah jenis transaksi yang cepat dan aman, serta memiliki kode yang unik.

Cara Kerja NFT Crypto

NFT crypto sendiri merupakan bagian dari blockchain Ethereum dan cryptocurrency terkenal seperti Bitcoin. Mengingat keberadaan Blockchain, seseorang dapat membuat kode dari metadata NFT yang mereka miliki. Dengan kode unik ini, mereka akan dapat mempelajari semua yang perlu mereka ketahui tentang penerbit token, maupun pemilik awal dan akhir token itu.

NFT tidak cocok untuk Anda jadikan sebagai alat tukar layaknya uang kripto karena cara kerja dan karakteristik ini. Meski demikian, NFT tampaknya masih cocok sebagai hal baru untuk instrumen investasi instrumen.

Nah, bagi kamu yang tertarik dan ingin membuat NFT Crypto, berikut ini merupakan langkah mudah cara buat NFT Crypto melalui platform Opensea.

1. Menyiapkan Dompet Digital

Langkah pertama tentang cara buat NFT Crypto adalah dengan menyiapkan dompet digital. Membuat dompet digital yang akan digunakan untuk menyimpan NFT dan mata uang digital (aset kripto). Dalam kebanyakan kasus, OpenSea akan merekomendasikan MetaMask sebagai dompet digital dan ekstensi dompet untuk Google Chrome dan Firefox.

2. Mengakses OpenSea dan Menyiapkan Akun OpenSea

Langkah selanjutnya cara buat NFT Crypto, kamu bisa mulai megakses OpenSea. Setelah itu, klik Masuk (Masuk), disarankan untuk melihat petunjuk layar agar dapat menyelesaikan penyiapan akun Anda.

3. Akses Halaman Akun OpenSea

Setelah Anda memilih akun OpenSea, Anda akan melihat halaman akun Anda. Selanjutnya, klik Buat dengan menggerakkan kursor ke pojok kanan atas, lalu pilih Koleksi Saya. Terakhir, Anda diminta untuk menghubungkan dompet digital Anda dengan OpenSea.

BacaJuga : Daftar 5 Aplikasi Anime Lovers Terbaik Untuk Android

4. Setup Halaman My Collections

Setelah Anda menghubungkan dompet digital Anda ke OpenSea, buka My Collections sebagai sarana untuk menjual barang. Buat koleksi baru dengan mengklik Create new collection, lalu pilih Create kemudian Anda masukkan detail untuk koleksi Anda.

5. Menambahkan Karya Baru

Setelah Anda memilih koleksi Anda, klik Add New Item dan Anda akan diberikan opsi untuk mengunggah metadata seperti file video, gambar, dan audio. Terakhir, ketik nama NFT Anda.

6. Klik Create

Langkah terakhir adalah klik Create, setelah itu NFT Crypto digital Anda akan siap digunakan.

Anda dapat mendaftarkan koleksi Anda dalam bentuk video ataupun gambar untuk dijual di OpenSea, namun yang penting untuk Anda pahami adalah anda harus membayar gas atau biaya transaksi blockchain Ethereum sebelum menambahkan NFT baru ke pasar.

Biaya “gas” bervariasi yang tergantung pada jaringan kemacetan. Seiring bertambahnya jumlah orang yang bertransaksi melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu, maka akan semakin tinggi pula harga “gas”.

Itu tadi ulasan singkat tentang pengertian serta langkah mudah cara buat NFT Crypto. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.