Begini Cara Mining Bitcoin Serta Alat Yang Dibutuhkan

Ada beberapa cara mining Bitcoin, seperti menggunakan komputer untuk menjalankan proses yang menghasilkan Bitcoin. Proses ini bisa anda lakukan secara mandiri dengan peralatan khusus atau bekerja sama dengan mining pool untuk menghasilkan keuntungan.

Popularitas Bitcoin dan mata uang digital lainnya semakin meningkat di Indonesia. Berdasarkan data yang ada pada Kementerian Perdagangan, hingga Mei 2021 transaksi aset kripto mencapai Rp370 triliun. Namun demikian, masyarakat umum harus mewaspadai dan memahami ciri-ciri kripto. Tren jual beli aset kripto masih akan terus berkembang. Pada tahun 2020, jumlah orang yang bertransaksi aset kripto di Indonesia dengan taksiran nilai transaksi mencapai 4 juta, dengan nilai total Rp65 triliun.

Baca Juga : Segini Harga Smartphone Lipat OPPO Find N Yang Baru Meluncur

Data baru Mei 2021 menunjukkan jumlah orang yang bertransaksi aset kripto naik menjadi 6,5 juta. Dalam webinar bertajuk “Mengelola Demam Aset Kripto: Perlindungan Investor dalam Perdagangan Aset Kripto”, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menjelaskan situasi tersebut, dimana Bitcoin merupakan salah satu mata uang kripto yang paling banyak digunakan. Bitcoin tercatat sebagai arus masuk terbesar dalam lima minggu dengan total US$ 247 juta hingga Selasa (30/11), menurut laporan CoinShares di India News Republic.

Pengertian Proses Mining

Ada beberapa metode untuk mendapatkan Bitcoin, termasuk proses mining. Cara mining atau menambang bitcoin membutuhkan kombinasi perangkat lunak dan teknologi jaringan yang terdiri dari ribuan mesin untuk menjalankan perangkat lunak Bitcoin. Dimana keduanya memiliki tugas untuk memverifikasi transaksi dan menyampaikan informasi transaksi tersebut untuk memastikan Bitcoin yang sama tidak dapat dibelanjakan dua kali.

Setiap transaksi diverifikasi oleh proses yang dikenal sebagai “mining”. Penambangan juga dapat digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan Bitcoin, menurut buku Getting Started with Bitcoins. Proses mining adalah menambahkan transaksi ke blockchain, yang menawarkan rangkaian transaksi yang sama untuk semua orang.

Cara menambang dengan komputer perangkat. Crypto miner mengacu pada komputer yang melakukan penambangan. Proses mining terkait dengan blockchain. Prosesnya dilakukan dengan verifikasi transaksi dalam blockchain. Setelah terferivikasi, maka transaksi akan dimasukkan ke rantai blok untuk mendapatkan Bitcoin.

Sebelum disebut sebagai transaksi yang sah, setiap transaksi yang terjadi selama jangka waktu tertentu dikonsolidasikan ke dalam satu blok perhitungan. Proses mining atau menambang disebut sebagai kalkulasi.

Manfaat mining bitcoin dimana orang yang berhasil menjadi penambang tidak perlu mengetahui cara menghitung dan ilmu matematika. Untuk menambang Bitcoin, pengguna harus memiliki perangkat lunak dan keras dengan spesifikasi tingkat tinggi.

Cara Mining Bitcoin

Menurut buku Bitcoin and Cryptocurrency, proses transfer Bitcoin membutuhkan peralatan khusus. Metode penambangan Bitcoin adalah dengan menggunakan perangkat yang dikenal sebagai ASIC (Application Specific Integrated Circuit).

ASIC adalah sirkuit elektronika yang dibuat untuk melakukan matematis perhitungan dalam sistem Bitcoin. Kemampuan ASIC mencakup perhitungan spesifik dan daya listrik yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer tradisional.

Penambang akan menghasilkan Bitcoin dengan efisien yang lebih efisien dari sisi biaya. Saat menggunakan ASIC, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk peralatan biaya, pendingin ruangan, dan tagihan listrik.

Saat Anda menambang Bitcoin sendiri, semua manfaat yang Anda dapatkan dari blok baru akan dikirimkan kepada Anda. Seorang penambang ganjaran atau reward yang diperoleh ketika menemukan block baru, yaitu sebesar 25 BTC (satuan Bitcoin).

Penambang memperoleh Bitcoin mencukupi kemampuan penambang ditentukan oleh spesifikasi perangkat keras komputer yang memadai. Menggunakan alat crypto miner adalah salah satu cara untuk mendapatkan Bitcoin gratis. Modalnya adalah perangkat keras komputer yang memproses penambangan.

Cara mining bitcoin di sisi lain terbilang cukup berat karena persaingannya yang tinggi, yang membutuhkan waktu lama untuk mengeluarkan satu blok dari menambang itu sendiri. Penambang kecil bisa bergabung dengan mining pool, yakni membantu sekumpulan penambang lain yang bergabung untuk melakukan mining bersama. Hasilnya bisa lebih besar dibandingkan menambang Bitcoin sendiri.

Baca Juga : Melihat Masa Depan Crypto Metaverse di Tahun Tahun Yang Akan Datang

Saat mining pool memenangkan blok, setiap penambang menerima pembayaran rata-rata berdasarkan kontribusi mereka. Sistem didasarkan pada jumlah saham yang telah berhasil dipilih oleh mesin penambang.

Ada pun cara mining Bitcoin menggunakan PC/Komputer adalah sebagai berikut.

  • Download aplikasi GUIMiner.
  • Ada beberapa mining pool yang populer, yang paling populer adalah Slush.
  • Isi formulir pendaftaran di Mining.bitcoin.cz untuk bergabung dengan salah satu mining pool
  • Isi nama pengguna, kata sandi, dan alamat email Anda.
  • Verifikasi dengan mengklik tautan yang mengarah ke alamat email.
  • Sebelum memulai aplikasi GUIMiner, buat worker untuk agar sistem Slush dapat memantau kinerjanya.
  • Setelah registrasi worker, mining Bitcoin dapat dimulai menggunakan aplikasi GUIMiner.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Selain menambang, ada beberapa cara mendapatkan Bitcoin. Berikut kutipan dari buku Dasar Investasi dan Trading Cryptocurrency.

Farming

Farming adalah metode untuk mendapatkan rewards atau hadiah melalui penggunaan kripto aset. Setelah menerima aset yang disebutkan di atas, Anda akan dapat memperoleh kripto tambahan. Metode Farming yang melibatkan Liquidity Providers (LPs) atau penyedia likuiditas.

LPs berperan untuk menyediakan koin yang berpasang dengan koin lainnya dan digunakan sebagai likuiditas dalam berbagai pertukaran (exchange). Misalnya, jika Anda memiliki ETH, Anda dapat menukarnya dengan USDT untuk mendapatkan LP ETH-USDT.

Saat trader melakukan transaksi ETh-USDT, Anda akan menerima hadiah dari biaya gas yang dibebankan oleh trader. Tingkat hadiah tertinggi yang bisa diperoleh adalah sama dengan tingkat kontribusi tertinggi pada likuiditas yang bersangkutan. Misalnya, jika seseorang memiliki 1 persen dari seluruh likuiditas yang tersedia, hadiah yang tersedia adalah 1 persen dari total biaya gas. Jika perhitungan dilakukan setiap hari atau setiap jam, cara ini menjadi lebih efektif.

Staking

Staking adalah metode yang berpusat pada aset kripto perdagangan. Cara kerjany adalah dengan menempatkan aset di wallet dengan kemampuan staking. Kumpulan investasi dibuat di blockchain menggunakan algoritma konsensus Proof-of-Stake (PoS) selama periode waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga : Bukan Bitcoin Ataupun Ethereum, Inilah Kripto Yang Akan Naik Dalam Jangka Panjang

Pengembalian investasi didasarkan pada harga, kuantitas, dan aktivitas aset kripto yang ditentukan. Penguncian berpengaruh pada keuntungan dalam durasi. Metode ini paling cocok untuk investor yang mencari penghasilan pasif dari pasar mata uang kripto.

Meskipun demikian, penelitian yang mendalam harus diselesaikan sebelum memilih metode staking. Hal ini penting karena investor akan dapat melihat aset kripto yang diberikan kepada mereka selama periode waktu tertentu. Investor tidak dapat menjual cryptocurrency selama periode penguncian.

Itulah ulasan tentang cara mining bitcoin serta alat yang dibutuhkan untuk menambang bitcoin. Semoga Bermanfaat