Catat ! Inilah 3 Koin Kripto Yang Paling Cuan 2021

Tahun 2021 dapat digolongkan sebagai tahun aset kripto. Hal ini dikuatkan oleh kinerja kripto Bitcoin (BTC), yang telah mencapai rekor tertinggi beberapa kali sepanjang tahun. Lalu, koin kripto apa saja yang terpopuler tahun ini?

Sejak awal tahun ini, kapitalisasi pasar (market cap) pasar kripto telah melambung tinggi 190 persen dari US$ 800 juta atau setara dengan Rp 11,44 triliun (asumsi kurs Rp 14.300/US$) menjadi US$ 2,3 triliun (asumsi kurs) Rp 14.300/US$) (Rp 33 ribu triliun).

Namun, pada November tahun lalu, kapitalisasi pasar bursa kripto secara keseluruhan mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar US$ 3 triliun.

Baca Juga : Aset Kripto Diprediksi Bakalan Naik Kembali, Cocok Untuk Investasi Jangka Panjang

Dan berikut ini 3 koin kripto baru yang paling populer tahun 2021 :

1.Dogecoin (DOGE)

Dogecoin (DOGE) melonjak tinggi tahun ini, berkat cuitan CEO Tesla Elon Musk di pribadinya akun Twitter. DOGE harga masih berada di US$ 0,004. Waktu itu, Dogecoin bukan ‘mainan’ para investor kripto.

DOGE mulai melonjak seiring aksi ‘pom-pom’ ala Elon Musk lewat twit-nya pada Februari.

Elon Musk mengirim tweet pada 4 Februari 2021, di mana ia menyatakan kesenengannya dengan DOGE, hal inilah yang mendorong harga kripto naik sekitar 10% dalam satu jam dan lebih dari 50% dalam satu hari.

Akibatnya, harga koin kripto DOGE menjadi semakin populer pada April dan Mei 2021, ketika koin berlogo Anjing asal Jepang tersebut meroket 1,100 persen ke level tertinggi sepanjang masa di US$ 0,731 pada 8 Mei 2021. Pada akhirnya, DOGE langsung menyodok keempat peringkat dalam hal kapitalisasi pasar.

Ucapan tentang kegunaan DOGE sebagai jaringan pembayaran turut membuat ‘babak baru’ hype atau kehebohan soal memecoin, sebutan untuk aset kripto yang terinspirasi dari meme online. Namun, berdasarkan popularitas DOGE di media arus utama, serta fakta bahwa koin itu kemudian masuk ke bursa cryptocurrency utama, masih memberi koin meme yang terinspirasi dari anjing Shiba Inu keuntungan monumental sebesar 3,800 persen tahun ini.

2. Terra (LUNA)

Terra juga berhasil masuk sepuluh besar koin kripto dalam waktu singkat untuk jaringan pembayaran keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/DeFi). LUNA mulai berdagang tahun ini dengan biaya sekitar US$ 0,65, dengan mayoritas pendapatan tidak ‘dikenal’ oleh pemain kripto.

LUNA harga kemudian terangkat pada Maret dan Mei, kemudian ‘lepas landas’ pada Agustus. LUNA akan menyentuh level tertinggi sepanjang masa di US$ 102,73 pada Senin ini (27/12) sekitar 08.54 WIB pagi tadi. LUNA telah to the moon hingga 15.704,61 persen sejak awal tahun pada saat penulisan artikel ini.

Meski begitu, ekspansi mitra yang besar di ekosistem Terra ikut bertanggung jawab atas meroketnya token LUNA.

3. Solana (SOL)

KOin kripto asli untuk blockchain Solana alias SOL juga memiliki kinerja ciamik sepanjang tahun ini. SOL dihargai US$ 1,52 pada awal 2021. SOL saat ini diperdagangkan pada US$ 199,03. Artinya SOL sudah astronomis sejak awal tahun, mencapai tertinggi 12,994 persen.

Lonjakan SOL terbilang luar biasa. SOL masih berada di posisi US$ 42-an pada pertengahan Agustus tahun ini.

SOL sendiri berusaha mencapai angka tertinggi US$ 260 pada bulan November, tetapi kemudian menimpanya di tengah koreksi pasar kripto akhir-akhir ini.

Baca Juga : Semakin Populer, Harga Coin SHiba Inu Tandingi Bitcoin dan Ethereum di Agregator Data Coin Market Cap 2021

SOL menempati peringkat kelima dengan kapitalisasi pasar terbesar saat ini dengan nilai US$ 61,44 miliar, dan kinerja yang moncer itu membuat SOL menduduki peringkat kelima koin dengan kapitalisasi pasar terbesar saat ini dengan nilai US$ 61,44 miliar.

Solana sudah mendorong momentum dengan banyak investasi dan meningkatkan adopsi SOL di tengah meningkatkan harga transaksi Ethereum. Karena alasan inilah Solana dijuluki ‘pembunuh Ethereum,’ juga dikenal sebagai ‘sang pembunuh Ethereum.’

Solana, seperti Ethereum, menawarkan kontrak pintar kepada mereka yang tahu apa yang mereka bicarakan. Kontrak pintar, di sisi lain, memungkinkan transaksi di blockchain menjadi terikat, transparan, dan tidak berubah.

Solana Labs berhasil mengumpulkan dana US$ 314 juta melalui penjualan token private yang diimpin oleh modal ventura (venture capital/VC) Andreessen Horowitz dan Polychain Capital pada Juni lalu.

Avalanche (AVAX) melambung tinggi 2.330 persen sejak awal tahun, Polygon (MATIC) meroket lebih dari 13.000 persen, dan Binance Coin (BNB) terbang 1.271 persen tahun ini, seperti ketiga token di atas. Selain itu, koin kripto Bitcoin (BTC) telah naik 73,07 persen sejak awal tahun, mencapai level tertinggi US$ 50,883. Kemudian, Ethereum (ETH), cryptocurrency paling berharga kedua setelah Bitcoin (BTC), naik 456,38 persen menjadi US$ 4.063,93.