Information Security Analyst adalah
Information Security Analyst adalah

Information Security Analyst Adalah

Information security analyst – Pernahkah Anda mendengar tentang profesi yang satu ini? Information security analyst, merupakan salah satu profesi penting masa kini. Di zaman serba digital seperti saat ini, information security analyst memiliki porsi peran yang sangat besar. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang information security analyst.

Information Security Analyst Adalah

Seorang information security analyst ialah orang yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan perangkat informasi. Yang mana profesi ini bisa ada di perusahaan, pemerintahan, militer, bahkan di organisasi-organisasi non-profit atau pun non-pemerintahan. Mereka mempunyai tugas untuk menjaga semua data dan informasi digital yang dimiliki oleh perusahaan. Jika dilihat dari nama dan penjelasan di atas, sudah jelas kalau pekerjaan ini biasanya digeluti oleh orang-orang yang mempunyai latar belakang pendidikan ilmu teknologi informasi. Semua pekerjaan mereka dilakukan dengan basis digital.

Profesi seperti ini menjadi salah satu profesi yang sangat penting di era sekarang. Bagaimana tidak, di zaman yang sudah dipenuhi teknologi ini banyak sekali ancaman yang membahayakan, baik itu penyerangan dari pihak dalam, maupun luar udah nggak lagi dilakukan secara terang-terangan. Sehingga teknologi menjadi sasaran sekaligus senjata baru untuk dapat melemahkan lawan. Maka dari itu profesi ini sangat dicari oleh perusahaan dan juga pihak-pihak lainnya.

  • Information Security Vs Cyber Security Vs Network Security

Ketiga istilah ini saling berkaitan dan juga kerap disamaartikan. Information security ialah bidang yang luas. Semua tanggung jawab tentang keamanan informasi ada di bawahnya. Cyber security ialah bagian dari bidang tersebut. Yang mana Cyber security ini, secara khusus menjaga keamanan siber sebuah organisasi.

Jika cyber security bertugas untuk menjaga keamanan sibernya, maka network security bertugas untuk menjaga keamanan hal yang lebih spesifik lagi. Yang mana bidang ini hanya mencakup keamanan jaringan seperti infrastruktur IT dan serangan dari jaringan internet.

  • Tanggung Jawab Mereka

Seperti yang telah kami bahas pada poin-poin sebelumnya, inti dari tanggung jawab mereka ialah untuk menjaga keamanan informasi berbasis digital. Profesi ini perlu merancang strategi keamanan, melaksanakan strategi, melakukan evaluasi strategi, dan juga mengatasi serangan yang akan masuk.

Information Security Analyst tidak hanya diwajibkan untuk menjaga informasi digital yang dimiliki perusahaan, akan tetapi juga harus menjaga infrastruktur TI yang dimiliki. Tidak hanya itu saja, mereka juga harus mengatasi beberapa serangan seperti ini:

  1. Adanya pencurian identitas
  2. Adanya pencurian data
  3. Adanya pencurian perangkat
  4. Adanya Malware
  5. Adanya sabotase digital
  6. Adanya serangan akun media sosial

Keamanan informasi ini, memang menjadi suatu tanggung jawab information security analyst, tapi jangan salah. Untuk dapat menjaga keamanan data-data perusahaan, Anda juga tetap memerlukan layanan VPS atau Hosting Terbaik. Karena ini dapat meminimalisir kemungkinan kebocoran data perusahaan.

  • Skill Yang Dibutuhkan

Butuh kemampuan dan juga keterampilan yang tak sembarangan, untuk bisa berkarier sebagai profesi ini. Ada skill yang harus dikuasai agar Anda dapat menjalankan semua tanggung jawab yang diberikan. Yang nantinya Skill ini juga akan menjadi bekal Anda untuk mengerjakan tugas.

  1. Hard skill : Menurut sebuah laman informasi, hard skill yang diperlukan ialah Cyber security management, Network security management, Tableau software, Security testing, IT security, IT infrastructure, Manajemen proyek, dan Security risk management.
  2. Soft skill : Adapun softskill yang dibutuhkan ialah kemampuan analisis, problem solving, kemampuan komunikasi, dan juga kemampuan bekerja sama
  • Rate Gaji Profesi Ini

Informasi yang kami dapatkan menunjukkan kalau rata-rata gaji yang diberikan ialah sekisar 4 – 8 juta. Yang mana besaran gaji ini, sesuai dengan besar perusahaan tempat bekerja. Semakin besar pekerjaannya, maka akan semakin besar pula gaji yang ditawarkan.