Fungsi Artificial Intelligence
Fungsi Artificial Intelligence

Fungsi Artificial Intelligence

Fungsi artificial intelligence – Setiap industri pasti memiliki permintaan yang tinggi tentang kemampuan AI, khususnya dalam sistem menjawab pertanyaan yang dapat digunakan dalam bantuan hukum, pencarian paten, pemberitahuan risiko, serta penelitian medis. Berikut fungsi artificial intelligence yang bisa Anda temui dalam beberapa bidang kehidupan.

Fungsi Artificial Intelligence

  • Layanan Kesehatan

Penerapan AI ini dapat memberikan pengobatan serta pembacaan sinar X yang dipersonalisasikan. Asisten layanan kesehatan pribadi ini juga bisa bertindak sebagai pelatih hidup yang mengingatkan Grameds untuk minum obat, olahraga, atau pun untuk memakan makanan yang lebih sehat.

  • Retail

AI juga menyediakan kemampuan untuk belanja secara virtual, yang menawarkan rekomendasi untuk dipersonalisasi dan mendiskusikan opsi pembelian dengan konsumen. Pengelolaan stok dan juga teknologi tata letak situs pun juga akan meningkat dengan AI.

  • Manufaktur

AI juga dapat menganalisis data IoT pabrik, saat mengalir dari peralatan yang terhubung untuk memperkirakan beban dan juga permintaan yang diharapkan menggunakan jaringan berulang, jenis jaringan pembelajaran mendalam tertentu yang digunakan dengan data urutan.

  • Perbankan

Kecerdasan buatan atau yang biasa disebut dengan AI ini dapat meningkatkan kecepatan, presisi, serta keefektifan upaya manusia. Dalam lembaga keuangan, teknik AI ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi transaksi mana yang kemungkinan merupakan penipuan, mengadopsi pemberian skor kredit yang cepat dan juga akurat, dan juga mengotomasi tugas pengelolaan data yang tajam secara manual.

Contoh Artificial Intelligence Di Kehidupan Sehari-Hari

  • DeepFace Facebook

Contoh pertama dari AI ialah teknologi DeepFace yang dimiliki oleh Facebook. AI berfungsi untuk mengenali wajah orang yang berada pada postingan foto yang ada. Dengan teknologi seperti ini, Anda tidak perlu lagi menandai seseorang yang ada pada foto secara manual, karena AI akan melakukan dengan sendirinya.

Sebelum AI mengidentifikasi bahwa orang yang ada di dalam foto itu adalah Anda, maka AI akan dilatih berdasarkan data. Yang nantinya data tersebut didapatkan saat Anda menandai orang di foto sebelumnya dan dari hasil saran AI terhadap orang yang ada di foto yang telah Anda setujui. Setelah AI berlatih dan juga memiliki banyak data, maka nantinya AI akan dapat mengidentifikasi seseorang yang ada di foto tersebut.

  • Rekomendasi E-Commerce

Konsep penerapan AI yang sering dijumpai berikutnya ialah rekomendasi produk pada e-commerce. Mungkin Anda pernah berbelanja di salah satu e-commerce dan disaat Anda sedang berbelanja, terdapat produk yang direkomendasikan tersebut bukan dari seseorang yang memprediksi kira-kira Anda membeli apa ya? Maka produk rekomendasi tersebut merupakan hasil dari proses AI.

AI juga akan mendapatkan produk-produk yang telah direkomendasikan dari data Anda sendiri, misalnya ketika Anda sedang melakukan pencarian produk, maka pembelian produk dan sudah melihat produk apa saja. Nah, data tersebutlah yang akan diproses dari konsep AI yakni data mining, sehingga AI akan merekomendasikan produk-produk yang pas untuk Anda.

  • Asisten Virtual

Asisten virtual memiliki banyak penyedia asisten virtual, seperti Google assistant, Siri atau pun Alexa. Seperti asisten pada umumnya, asisten virtual ini juga bisa diajak untuk berinteraksi. Selain itu asisten virtual juga dapat mencatat kapan Anda memiliki janji dengan seseorang atau pun acara dan memberikan informasi ketika waktu acara yang ditentukan segera tiba.

Asisten virtual juga dapat di perintah untuk melakukan pengiriman pesan, memutar musik, membuka aplikasi dan lain sebagainya. Asisten virtual ini juga akan terus belajar di saat Anda menggunakannya, sehingga asisten virtual dapat mengetahui apa yang Anda sukai dan hal apa yang biasa Anda lakukan.

  • Mobil Pengemudi Otomatis (Automatic Drive)

Sistem ini juga menggunakan kombinasi visi komputer, pengenalan gambar, serta pembelajaran mendalam dalam membangun keterampilan otomatis, untuk mengemudikan kendaraan sambil tetap berada pada jalur tertentu dan juga menghindari penghalang yang tidak terduga, seperti pejalan kaki atau pun pembatas jalan.

  • Robotika

Robotika merupakan bidang teknik yang berfokus pada desain dan juga pembuatan robot saja. Yang mana robot ini sering digunakan untuk melakukan tugas yang sulit bagi manusia melakukan secara konsisten. Robotika ini biasanya digunakan dalam jalur perakitan produksi mobil atau pun oleh NASA, untuk memindahkan benda besar di luar angkasa. Para peneliti pun juga menggunakan pembelajaran mesin untuk membangun suatu robot yang dapat berinteraksi dalam lingkungan sosial.