Apa Sih Natural Language Processing ( NLP) itu?
Apa Sih Natural Language Processing ( NLP) itu?

Apa Sih Natural Language Processing ( NLP) itu?

Apa sih natural language processing ( NLP) itu? Tanpa kita sadari, Natural Language Processing ternyata sangat sering sekali kita jumpai di kehidupan sehari-hari lho. Contohnya saja ketika Anda memesan ojek online, dan Anda harus memilih titik di peta sesuai lokasi Anda. Maka dengan bantuan Natural Language Processing (NLP), pemilihan titik lokasi Anda menjadi lebih sesuai dan juga tepat. Tanpa Natural Language Processing (NLP) ini, pastinya Anda harus ribet-ribet menjelaskan posisi Anda dimana saat ini. Berikut ini penjelasan selengkapnya tetang natural language processing ( NLP).

Apa Sih Natural Language Processing ( NLP) itu?

AI/Artificial Intelligence atau yang biasa disebut dengan kecerdasan buatan ini, benar-benar telah memberikan dampak yang besar pada berbagai industri di dunia. Bahkan teknologi ini telah membantu perusahaan/organisasi dari banyak industri, untuk memberikan keuntungan terhadap bisnisnya, contohnya saja seperti mengoptimalkan efisiensi dan mengumpulkan wawasan baru dari data mereka.

Dalam teknologi AI ini ada beberapa cabang disiplin ilmu, yang mana salah satunya adalah NLP (Natural Language Processing). NLP ini merupakan suatu kemampuan program komputer, untuk dapat memahami bahasa manusia seperti yang diucapkan dan ditulis – disebut sebagai bahasa alami. Contohnya saja ketika Anda sedang jalan-jalan di mall dan Anda menelpon teman Anda untuk menanyakan lokasi mereka, kemudian mereka menjawab “di sebelah Starbucks” atau pun “di depan McD”. Nah, jawaban-jawaban tersebut mendeskripsikan lokasinya dengan bahasa alami, alias bahasa yang Anda sering gunakan di sehari-harinya.

Natural Language Processing ini menggunakan data yang bersifat tidak terstruktur / tidak berupa tabel, yaitu data teks. Data teks dan bahasa ini dapat memiliki isi serta ukuran yang sangat beragam sehingga lebih menantang dibandingkan dengan data tabular biasa.  Natural Language Processing menggabungkan linguistik komputasi serta pemodelan bahasa manusia berbasis aturan dengan model statistik, dan machine learning (pembelajaran mesin), dengan deep learning (pembelajaran mendalam).

Bersama-sama, kesemua teknologi tersebut sangat memungkinkan program komputer untuk dapat memproses bahasa manusia dalam bentuk teks atau pun data suara dan untuk ‘memahami’ makna sepenuhnya, lengkap dengan maksud serta sentimen pembicara atau pun penulisan.

Natural Language Processing ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan wawasan mereka dan mendapatkan lebih banyak lagi visibilitas ke semua aspek operasi yang dihadapi pelanggan mereka daripada yang sebelumnya. Berdasarkan laporan Statista di tahun 2019, diproyeksikan bahwa pasar Natural Language Processing ini akan meningkat menjadi lebih dari $43 miliar pada tahun 2025 nanti.