Mengenal Tentang Profesi Machine Learning Engineer
Mengenal Tentang Profesi Machine Learning Engineer

Mengenal Tentang Profesi Machine Learning Engineer

Mengenal tentang profesi machine learning engineer – Seiring pesatnya perkembangan teknologi, banyak orang yang mulai berbicara mengenai Artificial Intelligence dan juga Machine Learning. Akan tetapi, ada beberapa orang yang masih belum begitu paham mengenai 2 hal ini. Mereka cuma mengetahui konsep dasar AI dan Machine Learning secara umum. Yang mana program atau pun robot mampu melakukan tindakan atau mengambil pekerjaan manusia.

Bahkan dalam dunia pekerjaan sekalipun, posisi Machine Learning Engineer ini, dianggap pekerjaan yang lebih potensial dan kini mulai diminati banyak orang. Untuk Anda yang sedang belajar programming atau pun belajar coding, dan Anda juga tertarik dengan bidang Machine Learning, maka Anda bisa bekerja sebagai Machine Learning Engineer.

Mengenal Tentang Profesi Machine Learning Engineer

Machine Learning Engineer merupakan orang yang berada di bidang TI dan berfokus pada penelitian, pembuatan, dan perancangan sistem kecerdasan buatan (AI) yang berjalan sendiri, untuk dapat mengotomatiskan model prediktif. Seorang Machine Learning Engineer telah merancang dan membuat algoritme AI yang mampu mempelajari dan juga membuat prediksi yang mendefinisikan Machine Learning.

Machine Learning Engineer ini biasanya bekerja sebagai bagian dari tim ilmu data yang lebih besar, dan akan berkomunikasi dengan ilmuwan data, analis data, administrator, insinyur data, dan juga arsitek data. Bahkan mereka juga bisa berkomunikasi dengan orang-orang di luar tim mereka, seperti dengan tim TI, pengembangan perangkat lunak, dan juga penjualan atau pengembangan web, yang bergantung pada ukuran organisasi. Seorang Machine Learning juga akan bertindak sebagai jembatan antara ilmuwan data, yang berfokus pada pekerjaan statistik, pembuatan model serta konstruksi pembelajaran mesin dan juga sistem AI.

  • Prospek Karir Machine Learning Engineer

Saat ini sangat banyak orang yang ingin memiliki pekerjaan sebagai Machine Learning Engineer daripada lima tahun yang lalu. Sehingga diharapkan pada tahun 2020, mampu menyediakan 78.000 lowongan pekerjaan di bidang Machine Learning ini. Data statistik menunjukkan kalau paten ML telah mengalami pertumbuhan pada tingkat CAGR sebesar 34% mulai dari 2013 – 2017 lalu. Yang mana rata-rata gaji Machine Learning Engineer di AS ialah sebesar $ 145.000 per tahunnya. Sedangkan, kalau Machine Learning Engineer pada entry-level, akan menerima gaji tahunan sebesar $ 107.000.

  • Tugas Dan Tanggung Jawab Machine Learning Engineer

Jika Anda tertarik dengen profesi ini, maka Anda harus terbiasa berhadapan dengan Big Data atau pun data dalam jumlah besar dalam pekerjaan sehari-hari. Adapun tugas profesi ini ialah mengubah data-data tersebut menjadi sebuah model untuk suatu output yang diinginkan. Selain itu, Machine Learning Engineer ini juga bertanggung jawab untuk mengubah model sains data teoretis menjadi model level produksi.

Bahkan profesi ini juga memiliki peran dalam perancangan program, untuk mengendalikan robot dan juga komputer. Yang mana pada dasarnya tugasnya akan selalu meliputi pembuatan algoritma, untuk proses pembelajaran mesin. Algoritma ini akan dipahami oleh mesin dan juga dipelajari polanya sehingga ia bisa belajar secara mandiri untuk membuat sebuah keputusan yang tepat.

Berikut merupakan beberapa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh seorang Machine Learning Engineer :

  1. Paham dengan dasar-dasar Ilmu Komputer dan juga cara menggunakannya. Yang mana ilmu tersebut berupa struktur data, algoritma, komputabilitas dan juga kompleksitas, serta arsitektur komputer.
  2. Telah menguasai matematika terutama dalam hal perhitungan serta paham dalam menentukan algoritma mana saja yang sesuai dan juga cocok untuk suatu research.
  3. Bisa bekerja sama dengan Data Engineer lainnya, untuk membentuk data dan juga memodelkannya.
  4. Juga bisa menerapkan algoritma untuk pemodelan statistik.
  5. Menggunakan pemodelan data serta strategi evaluasi, untuk menemukan pola dan juga memprediksi hal tertentu.
  6. Menganalisis big data secara kompleks untuk mengekstrak wawasan, dan juga mampu menentukan teknik mana saja yang sesuai.
  • Cara menjadi Machine Learning Engineer

Pertama-tama, Anda harus sudah menjadi insinyur perangkat lunak, atau paling tidak Anda memiliki konsep dan juga keterampilan untuk posisi yang sudah dikunci. Sebaiknya Anda bersikap realistis dan Anda juga tidak bisa begitu saja memasuki dunia insinyur pembelajaran mesin tanpa semacam latar belakang komputer. Insinyur perangkat lunak ialah caranya. Anda juga harus memperoleh keterampilan yang nantinya diperlukan untuk pembelajaran mesin, seperti :

  1. Rekayasa perangkat lunak dan juga desain sistem. Terdapat aspek rekayasa perangkat lunak yang ikut berperan lagi. Insinyur mesin juga perlu memahami bagaimana semua bagian bekerja bersama serta berkomunikasi satu dengan yang lainnya, dan membangun antarmuka untuk karya Anda, yang nantinya dapat digunakan oleh orang lain. Desain sistem dan juga praktik terbaik rekayasa perangkat lunak pun mencakup persyaratan ini (yang mencakup analisis persyaratan, desain sistem, kontrol versi, modularitas, pengujian, dan juga dokumentasi).
  2. Meiliki dasar-dasar ilmu komputer dan juga pemrograman. Yang mana ini mencakup struktur data (misalnya seperti tumpukan, antrian, susunan multi-dimensi, pohon, grafik), komputabilitas serta kerumitan (misalnya P vs. NP, notasi O-besar, masalah NP-lengkap, algoritma perkiraan), algoritma (mis. Pencarian, optimisasi, pengurutan, pemrograman dinamis), dan akhirnya, arsitektur komputer (mis. memori, bandwidth, cache, pemrosesan terdistribusi, deadlock).
  3. Seorang insinyur pembelajaran mesin, harus memiliki pemahaman tentang karakterisasi formal probabilitas, termasuk juga probabilitas bersyarat, aturan Bayes, kemungkinan, kemandirian, dan teknik yang diperoleh darinya (mis. Bayes Nets, Model Markov Tersembunyi, Proses Pengambilan Keputusan Markov). Seorang insinyur juga membutuhkan pemahaman yang baik tentang ukuran statistik, metode analisis, dan distribusi.
  4. Seorang insinyur pembelajaran mesin juga perlu menemukan pola dalam data, memprediksi sifat instance yang tidak terlihat sebelumnya dan juga menentukan akurasi atau pun ukuran kesalahan yang tepat.
  5. Seorang insinyur pembelajaran mesin juga perlu memahami implementasi standar algoritma pembelajaran mesin. Yang mana hal ini dapat diakses melalui perpustakaan, paket, dan API. Seorang insinyur harus tahu cara memilih model yang tepat dan memilih prosedur pembelajaran, agar bisa sesuai dengan data. Maka untuk menyelesaikannya, seorang insinyur harus memahami bagaimana hiper-parameter memengaruhi pembelajaran.
  6. Seorang insinyur pembelajaran mesin yang efektif akan mendapati dirinya bekerja dengan sangat baik dalam tim atau pun dengan tim dari departemen lain. Karena pembelajaran mesin ini sangat bergantung pada kecerdasan buatan, maka seorang insinyur ML yang baik akan bekerja yang sangat baik dengan para ahli khusus tersebut.
  7. Seorang insyur juga perlu belajar bahasa pemrograman. Laporan IBM memberi peringkat Python, Java, dan juga R merupakan bahasa teratas untuk insinyur pembelajaran mesin diikuti oleh C ++, C, JavaScript, Scala, dan juga Julia.

Dapatkan beberapa pengalaman yang praktis. Jika perusahaan / organisasi Anda sudah memiliki grup pembelajaran mesin, maka Anda lakukanlah beberapa proyek kecil dan aklimasikan ke lapangan. Karena tidak ada yang bisa mengalahkan pengalaman langsung!

Anda juga harus membaca tentang pembelajaran mesin. Ada banyak artikel, video, dan juga podcast di luar sana yang telah membahas tentang pembelajaran mesin, yang dapat membantu mempertajam keterampilan Anda. Jika Anda ingin memulai dengan mudah, maka lihat artikel ini tentang pertanyaan wawancara pembelajaran mesin dan juga tentang keterampilan apa yang sedang Anda butuhkan untuk menguasai mesin dan juga pembelajaran yang lebih mendalam, bla peru Anda mengikuti kursus sertifikasi.