Cara Yang Tepat Untuk Menjadi Data Scientist
Blue Modern Minimalist Artificial Cara Yang Tepat Untuk Menjadi Data Scientist

Cara Yang Tepat Untuk Menjadi Data Scientist

Cara yang tepat untuk menjadi data scientist – Data Scientist merupakan salah satu profesi data yang sedang naik daun saat ini. Tidak hanya menarik orang-orang berlatar belakang IT saja, akan tetapi juga dari non IT. Hal ini menunjukkan bahwa siapa saja bisa menjadi Data Scientist, asalkan mau terus-menerus berlatih. Seorang Data Scientist memiliki beberapa tugas utama di antaranya ialah memastikan infrastruktur data yang baik agar data bisa tersimpan rapi dan mudah diakses saat sedang dibutuhkan, melakukan analisis big data, eksperimen model untuk analisis data, dan membangun machine learning.

Profesi Data Scientist ini cukup banyak dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai bidang seperti transportasi, kesehatan, edukasi, dan lain sebagainya. Jenjang karir serta gaji yang ditawarkan pun juga sangat menjanjikan. Jika ingin menjadi Data Scientist, maka Anda harus menguasai skill-skill yang dibutuhkan dan mengetahui cara yang tepat untuk menjadi data scientist. Apalagi untuk Anda yang pemula, mungkin akan sangat membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar dan menguasai skill tersebut. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara yang tepat untuk menjadi data scientist.

Cara Yang Tepat Untuk Menjadi Data Scientist

  • Cara Untuk Menjadi Data Scientist Dengan Mempelajari Ilmu Matematika dan Statistika

Data Scientist akan selalu berkaitan dengan yang namanya data dan untuk mengolah data, maka Data Scientist akan menggunakan ilmu data science. Yang mana Data science merupakan bidang ilmu yang terdiri dari tiga pilar ilmu yaitu statistika, matematika, dan komputer (programming). Oleh sebab itu, matematika dan statistika menjadi skill wajib bagi seorang Data Scientist.

Ilmu statistika ini juga harus dipelajari lebih dalam, karena banyak digunakan ketika menganalisis data. Anda bisa memulai dengan mempelajari jenis-jenis data statistik, metode pengolahan yang sering digunakan data scientist untuk analisis, dan bagaimana Anda menyajikan hasil analisis menggunakan grafik yang tepat. Ini bisa Anda dapatkan dari buku-buku, artikel-artikel online, atau pun mengikuti kursus data science. Kemudian perlahan silahkan Anda coba melakukan analisis dengan menggunakan dataset sederhana. Terapkan metode statistik yang sesuai dan buatlah kesimpulan dari hasil analisis yang Anda lakukan.

  • Cara Untuk Menjadi Data Scientist Dengan Memahami Jenis-Jenis Data

Di dalam data science ada berbagai macam data yang sering digunakan. Yang mana seorang Data Scientist, wajib memahami jenis data yang digunakan ketika sedang memproses suatu kumpulan data. Sehingga dengan begitu, Data Scientist akan terhindar dari penerapan metode analisis yang kurang tepat, dan akan membuat hasil analisis nantinya kurang optimal.

Adapun beberapa jenis data yang sering digunakan dalam data science ialah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data yang disajikan dalam bentuk non numerik. Sedangkan kalau data kuantitatif merupakan data yang dinyatakan dalam angka atau pun numerik. Beda jenis data maka akan beda pula penanganannya. Oleh karena itu Anda harus pahami dengan benar jenis data yang akan digunakan ketika analisis.

  • Menguasai Skill Pemrograman

Selain statistik, ada skill lain yang tidak kalah penting untuk Anda miliki yaitu pemrograman. Yang mana data science merupakan ilmu yang terdiri dari ilmu matematika, statistik, dan juga pemrograman yang berkolaborasi untuk memudahkan suatu proses pengolahan data lebih efektif. Mempelajari pemrograman ini bisa dimulai dengan memahami library yang digunakan, bagaimana sintaks yang diterapkan, dan juga apa saja istilah-istilah pada bagian-bagian dalam suatu coding.

Beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Scientist untuk mengolah data ialah R, Python, dan SQL. Yang mana ketiganya berperan membangun infrastruktur manajemen data, visualisasi data, pengolahan data, hingga membangun teknologi machine learning. Pemrograman ini juga bisa dipelajari secara otodidak dari video tutorial, buku, kursus, hingga pelatihan atau pun workshop.

  • Memperdalam Pengetahuan Tentang Teknologi Machine Learning

Satu lagi skill yang wajib Anda kuasai jika ingin menjadi seorang Data Scientist ialah machine learning. Yang mana Machine learning ini merupakan algoritma yang memungkinkan mesin untuk dapat belajar dengan sendirinya. Mesin ini akan belajar dari data input dan akan memberikan respon atau output yang sesuai. Data scientist ini pun, selain mengolah data juga bertugas membangun machine learning.

Machine learning dapat mempermudah pengolahan suatu data, memberikan pengalaman bagi para konsumen, mendeteksi penyakit, prediksi trend, dan masih banyak lagi yang lainnya, tergantung pada apa tujuan perusahaan sehingga perlu membangun machine learning. Nah, Anda bisa belajar membuat algoritma machine learning sederhana, dengan mengikuti tutorial video atau mengikuti webinar gratis yang membahas machine learning. Jadi Anda bisa mempelajari dasar-dasar machine learning terlebih dahulu, baru Anda bisa coba mempraktikkannya di perangkat Anda. Python ini bisa digunakan untuk membangun machine learning.

Selain mempelajari skill-skill yang dibutuhkan, sekarang saatnya Anda untuk mencoba menerapkannya. Bagi Anda yang pemula Anda bisa mengikuti kursus data science. Carilah kursus data science yang dapat meningkatkan skill data Anda, dengan menangani dataset serta kasus yang sering ditemui di industri.