Pengertian Tentang Aplikasi Canva Serta Fungsinya
Pengertian Tentang Aplikasi Canva Serta Fungsinya

Pengertian Tentang Aplikasi Canva Serta Fungsinya

Pengertian tentang aplikasi canva serta fungsinya – Berbagai macam jenis konten digital bisa tercipta, dengan menggunakan aplikasi, software, atau pun online tool pada platform tertentu. Jika Anda ingin membuat desain dengan mudah dan praktis, maka canva adalah solusi terbaik untuk Anda.

Yang mana platfrom ini bagaikan “angin segar” bagi setiap orang yang ingin mendesain tanpa harus menggunakan aplikasi yang susah untuk difahami. Apalagi sekarang konten digital semakin menjadi bagian penting, dalam upaya mempresentasikan diri, atau pun bisnis ke dunia maya seperti website dan media sosial.

Maka tak heran jika canva adalah pilihan alternatif terbaik untuk Anda, agar bisa menghasilkan desain grafis berkualitas, tetapi minim effort. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang aplikasi canva serta fungsinya.

Pengertian Tentang Aplikasi Canva Serta Fungsinya

Canva merupakan sebuah aplikasi pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang lebih mudah dan juga lebih cepat daripada software grafis yang lainnya. Yang mana tools ajaib ini bisa Anda gunakan secara online, melalui browser desktop atau download aplikasi mobile-nya melalui play store ataupun App store. Selain itu, canva juga menawarkan 2 versi yaitu versi gratis dan versi berbayar (pro).

Sejak tahun 2013 platform ini telah berhasil merebut hati lebih dari 60 juta penggun aktif bulanan, dari 190 negara di dunia. Bahkan sudah lebih dari 7 milyar desain yang telah berhasil diciptakan. Semua ini berkat Melanie perkins, Cameron Adams, dan Cliff Obrecht temukan di lapangan, bahwa banyak sekali orang yang ingin membuat desainnya sendiri dengan cara yang sangat mudah. Hingga pada akhirnya terciptalah aplikasi Canva yang telah mereka kemas dengan prinsip “make complex things simple”.

Bahkan hingga saat ini, Canva merupakan produk utama perusahaan dengan nama serupa dari Perth, Australia yang telah berekspansi ke Manila, Filipina China, dan Beijing. Adapun berkat popularitasnya dan performanya sebagai tools easy-to-use, platform ini telah berhasil mendapatkan 3 penghargaan bergengsi, dan berikut ini detailnya.

  • Enterprise Tech 30 ​2019 dalam kategori mid-stage (Winner)
  • Google Play Award 2019 (Winner)
  • Great Place to Work Award 2019 (Winner)

Semenjak banyak orang mulai mengenal tentang apa itu Canva, akhirnya para pengembang canva terus berusaha, untuk menghadirkan inovasi layanannya. Sehingga Anda bisa menggunakan platform ini untuk membuat berbagai macam desain, untuk kebutuhan personal maupun profesional. Adapun fungsi dari Canva adalah :

  1. Bisa digunakan untuk membuat presentasi mirip PowerPoint
  2. Bisa digunakan untuk membuat konten Instagram untuk feed, Story, dan juga Ads dengan pilihan animasi atau static
  3. Bisa juga digunakan untuk mendesain postingan, cover, Ads, event cover, Facebook video, serta story Facebook
  4. Bisa digunakan untuk mengedit video untuk berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, Pinterest, LinkedIn, dan juga YouTube
  5. Bisa digunakan untuk mendesain poster, flyer, brosur, iklan, postcard, business card, newsletter, dan juga invoice untuk kebutuhan bisnis serta sebagai digital marketing tools
  6. Bisa digunakan untuk membantu menyusun format resume, CV, letterhead, proposal, sertifikat, serta berbagai kartu dan juga undangan
  7. Bisa juga digunakan untuk menyusun infografis, mind map, kolase foto, virtual background, format kalender, worksheet, planner, peta konsep, serta wallpaper/background layar gadget.