Rilisnya Kode Penting Lisa Komputer Pertama Milik Apple
Rilisnya Kode Penting Lisa Komputer Pertama Milik Apple

Rilisnya Kode Penting Lisa Komputer Pertama Milik Apple

Rilisnya Kode Penting Lisa Komputer Pertama Milik Apple – Komputer pribadi milik Apple ini telah rilis sejak 19 Januari 1983, yang artinya saat ini umurnya sudah 40 tahun.  Yang mana Apple Lisa ini adalah salah 1 komputer pribadi komersial pertama yang menggunakan antarmuka grafis atau GUI (Graphical User Interface) juga dilengkapi dengan mouse.

Sementara itu GUI adalah format tampilan komputer yang memungkinkan para pengguna dapat memilih perintah, membuka file, dan membuka aplikasi dengan hanya menekan ikon yang ada di layar melalui mouse.  Jika di bandingkan dibandingkan dengan perkembangan teknologi antarmuka di komputer saat ini Apple Lisa ini memang terlihat remeh. Akan tetapi, sebelum adanya GUI, para pengguna harus mengetik teks perintah berupa kode untuk dapat menjalankan aplikasi komputernya. Untuk mengetahui lebih lanjutnya lagi mari kita simak artikel berikut tentang rilisnya kode penting Lisa komputer pertama milik Apple.

Rilisnya Kode Penting Lisa Komputer Pertama Milik Apple

Untuk memperingati hari lahirnya Lisa, Museum Sejarah Komputer (Computer History Museum), saat ini di California merilis kode sumber (source code) komputer Apple Lisa ini, software, juga sistem yang dijalankannya.

Sejarah dari Lisa ini sendiri yaitu suatu komputer Apple yang Meluncur 39 Tahun Lalu dengan Source code yaitu rangkaian perintah atau kode penting yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer tujuannya agar sebuah komputer tersebut dapat menjalankan fungsi-fungsi tertentu.

Source code ini sendiri bisa menjadi rahasia penting suatu perusahaan, karena deretan kode inilah yang dapat membangun sebuah produk. Sehingga source code ini dapat dianggap sebuah kekayaan intelektual.  Source code atau kode sumber dari Apple Lisa ini dibagikan melalui halaman resmi Computer History Museum.

Di situs tersebut menerangkan beberapa syarat jika Anda ingin mengunduh source code Lisa. Contohnya, tidak boleh membagikan ulang atau memanfaatkan kode tersebut untuk tujuan komersial. Karna, file yang dibagikan hanya memberikan pengguna lisensi non-eksklusif.

Apple Lisa ini sendiri saat di jual pertama kali, ditujukan untuk pengguna yang ada di kalangan bisnis. Jadi, bisa di bilang harganya terbilang mahal kira-kira 10.000 dollar AS atau sekisar Rp 149 juta, dan jika dikonversi dengan kurs dollar AS ke rupiah pada tahun 1983 saat itu adalah sekitar Rp 900, yang mana harga Apple Lisa saat itu setara dengan Rp 8,9 juta.