3 Kebiasaan Yang Membuat Baterai Hp Cepat Rusak
3 Kebiasaan Yang Membuat Baterai Hp Cepat Rusak

3 Kebiasaan Yang Membuat Baterai Hp Cepat Rusak

3 Kebiasaan Yang Membuat Baterai Hp Cepat Rusak – Setiap pengguna biasanya memiliki kebiasaan dalam menggunakan dan merawat Hp nya masing-masing, dan tidak semua orang mengetahui dan memahami cara mengisi daya Hp dengan baik dan benar.

Untuk mengetahui apa saja kebiasaan saat mengisi daya yang dapat merusak baterai Hp, mari kita simak artikel berikut ini tentang 3 kebiasaan yang membuat baterai Hp cepat rusak.

3 Kebiasaan Yang Membuat Baterai Hp Cepat Rusak

Menggunakan casing saat mengisi daya

Kebiasaan yang paling sering dilakukan yaitu mengisi daya Hp dengan tidak melepas casing atau softcase, sehingga membuat baterai dan colokan charger cepat rusak, apalagi tidak semua casing itu di rancang dengan baik, contohnya seperti lubang pada colokan charger yang sempit, sehingga membuat kabel charger tidak maksimal dalam menghantarkan arus listrik. Kemudian masalah lainnya adalah saat mengisi daya dengan menggunakan casing itu akan menyebabkan suhu Hp menjadi kepanasan, karena dapat menghambat sirkulasi udara di Hp tersebut. Hal inilah yang membuat Hp menjadi lebih mudah panas dibandingkan dengan tidak menggunakan casing. Yang akhirnya membuat pengisian daya menjadi lambat dan masa pemakaian menjadi sedikit atau sebentar.

Sering menggunakan fitur fast charging

Fitur fast charging in telah menjadi fitur unggulan dari beberapa Hp, mulai dari 40 watt, 100 watt, sampai dengan 120 watt. Yang mana semakin besar arus daya yang dialirkan, maka semakin cepat pula Hp terisi penuh. Meski ini sangat membantu saat Hp di gunakan untuk bekerja, sebaiknya fast charging ini tidak digunakan setiap hari. Karena, fast charging dapat membuat suhu Hp menjadi lebih panas.

 Baru mengecas HP saat baterai 5 %

Membiarkan persentase baterai Hp di bawah 5 %, Ini adalah kebiasaan yang paling buruk dibandingkan dengan 2 kesalahan sebelumnya. Karena, membiarkan baterai lemah (low batery) akan memberi tekanan yang berat pada Hp.  Untuk itu, jika baterai sudah melemah segeralah melakukan pengisian daya minimal baterai lemah yaitu 15 – 20 %.

Setelah kita mengetahui kebiasaan buruk di atas, marilah kita sama-sama mengecas Hp dengan baik, agar baterai dan Hp awet atau tahan lama.