Meluncurnya Nokia G22 Beserta Spesifikasinya
Meluncurnya Nokia G22 Beserta Spesifikasinya

Meluncurnya Nokia G22 Beserta Spesifikasinya

Meluncurnya Nokia G22 Beserta Spesifikasinya – HMD Global yang memegang lisensi Hp Nokia, memgumumkan tentang Hp terbarunya yaitu Nokia G22. Yang nilai jualnya adalah ketahanan (suistainability) dan juga kemampuan untuk diperbaiki (repariability).

Aspek repairability ini sendiri merujuk pada kemampuan para pengguna untuk memperbaiki perangkat saat mengalami kerusakan, khususnya di Hp Nokia G22 ini. Sedangkan perbaikan yang dapat dilakukan yaitu mengganti baterai, layar, body Hp, sampai dengan colokan pengisi daya.

Karena, HMD Global telah menemukan bahwa kerusakan Hp yang biasanya terjadi yaitu pada layar dan baterai Hp. Untuk itu, dengan adanya kemampuan repairability ini, para pengguna akan memiliki Hp yang lebih awet dalam jangka waktu yang panjang.

Sementara itu, untuk mewujudkan hal-hal yang di atas, HMD Global menggandeng iFixit, yang mana iFixit ini adalah komunitas yang gemar membongkar dan melakukan perbaikan pada berbagai Hp yang nantinya iFixit ini juga akan memberi panduan, alat, serta komponen yang dibutuhkan oleh Nokia G22 ini. Untuk mengetahui lebih lanjutnya lagi, mari kita sama-sama menyimak artikel di bawah ini tentang meluncurnya Nokia G22 beserta spesifikasinya.

Meluncurnya Nokia G22 Beserta Spesifikasinya

Kabarnya para pengguna yang ingin mengganti baterai Hp ini hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Adapun alat yang dibutuhkan yaitu terdiri dari guitar pick (alat memetik senar gitar berbentuk segitiga), kemudian obeng, dan juga SIM card ejector tool. Sementara itu, untuk para pengguna yang ingin mengganti layar Hp akan membutuhkan waktu selama 20-35 menit dengan alat-alat tambahan yaitu seperti alat penjepit, kemudian pisau kecil (spudger), dan lain-lain.

Adapun spesifikasi Nokia G22 yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk body dari Nokia G22 ini dirancang menggunakan 100% bahan daur ulang plastik.
  2. Kemudian kotak kemasannya pun juga menggunakan bahan daur ulang yang bersertifikat Forest Stewardshio Council (FSC) dengan konsep yang ramah lingkungan.
  3. Untuk layarnya sendiri, Hp ini memiliki layar 6,53 inci yang sudah dilapisi kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass 3, dengan resolusi HD Plus (720×1.200 piksel), serta memiliki refresh rate 90 Hz, dengan tingkat kecerahan 500 nits.
  4. Sedangkan layar depannya dihiasi dengan takik yang menyerupai tetesan air (waterdrop) untuk menampung kamera depannya yang beresolusi 8 MP.
  5. Untuk konfigurasi kamera belakangnya yaitu terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera makro 2 MP, serta sensor kedalaman (depth sensor) 2 MP.
  6. Hp ini juga ditenagai oleh chipset Unisoc T606 yang memiliki sebesar RAM 4GB serta penyimpanan sebesar 64 GB dan 128 GB. Adapun ruang penyimpanannya dapat diperluas sampai 2 TB melalui slot microSD yang telah tersedia.
  7. Sementara itu, Hp ini memiliki baterai berkapasitas 5.050mAh dengan pengisian daya 20 watt yang dapat diisi melalui colokan USB-C.
  8. Baterai juga diklaim bisa bertahan selama 3 hari.
  9. Serta sektor software dari Hp ini yaitu menjalankan sistem operasi (OS) dari Android 12.
  10. Untuk harganya dibandrol mulai dari 179 euro atau setara dengan Rp 2.088.000. Namun HMD Global ini belum mengungkapkan apakah bandrolan harga tersebut untuk varian yang 4/64 GB atau 4/128 GB.
  11. Sedangkan untuk warna yaitu warna Biru dan Abu-abu.

HMD Global juga akan memberi 2 tahun pembaruan OS dan 3 tahun pembaruan keamanan pada Hp ini. Jadi, kemungkinan besar Hp ini akan mendapat update terbaru sampai dengan Android 14. Adapun fitur pendukung lainnya yaitu dibekali dengan pemindai wajah (face unlock), pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya (side-mounted fingerprint scanner), kemudian jaringan 4G, dengan Bluetooth 5.0, NFC, serta jack audio 3,5 mm, lalu Wi-Fi 802.11, dan juga GPS.

Sekedar info, bahwa Hp ini baru diperkenalkan di wilayah Eropa, yang artinya belum diketahui pastinya kapan Hp ini akan diluncurkan di Indonesia.