Tips Mengatasi Eror Di Google Chrome
Tips Mengatasi Eror Di Google Chrome

Tips Mengatasi Eror Di Google Chrome

Tips Mengatasi Eror Di Google Chrome – Terkadang pada saat menjelajah di peramban Google Chrome tidak jarang yang mengalami berbagai masalah. Salah contohnya yaitu muncul notifikasi error “Your Connection is Not Private”. Hal ini tentu dapat menghambat produktivitas Anda saat bekerja. Adapun penyebab dari munculnya error “Your Connection is Not Private” ini karena peramban web Anda tidak dapat mengonfirmasi identitas situs web yang akan Anda kunjungi, atau bisa jadi karena enkripsi situs yang lemah.

Sehingga browser tersebut akan menganggap bahwa situs web yang Anda kunjungi tidak aman yang bisa jadi terbaca telah disusupi atau memiliki kesalahan konfigurasi. Oleh karena itu, hal inilah hal-hal yang membuat munculnya notifikasi error tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah tips mengatasi Eror di Google Chrome yang dapat Anda lakukan.

Tips Mengatasi Eror Di Google Chrome

Cek jam komputer Anda

Pada saat notifikasi error “Your Connection is Not Private” ini muncul biasanya berbarengan dengan keterangan “ERR_CERT_DATE_INVALID” atau “SEC_ERROR_EXPIRED_CERTIFICATE” yang artinya sendiri yaitu “bahwa terdapat sistem tanggal dan waktu yang salah”. Maka perbaikilah sistem waktu yang ada di komputer Anda. Adapun caranya yaitu:

  1. Klik jam dan waktu yang ada di toolbar pojok kanan atas ataupun bawah perangkat Anda.
  2. Kemudian pilih “Adjust date/time” dan pilih “Set time automatically” atau “Sync now”
  3. Lalu setelah sistem waktu dan tanggalnya sudah teratur.
  4. Silahkan kembali membuka alamat situs di Google Chrome.

Menghapus cache Google Chrome

Dengan menghapus cache Google Chrome di setiap peramban biasanya akan tersimpan data sementara dari situs web yang Anda kunjungi. Namun, cache ini terkadang dapat rusak dan bisa menghambat kemampuan browser serta bisa  memunculkan berapa bug. Berikut adalah cara mengatasinya:

  1. Klik titik 3 di pojok kanan atas.
  2. Masuk ke “Settings”.
  3.  Lalu pilih “Security and Privacy” dan “Clear browsing data”
  4. Setelah itu pilih “Cached images and files”.
  5. Kemudian klik “Clear data”

Memperbarui sistem operasi

Munculnya error “Your Connection is Not Private” biasanya juga dipicu oleh versi software sistem operasi yang lawas dan perlu diperbarui. Oleh karena itu cobalah untuk memperbaruinya.

Menonaktifkan antivirus

Terkadang beberapa software antivirus yang terpasang di perangkat juga bisa menganggu browser saat sedang menjelajah internet. Salah 1 cara mengatasinya yaitu Anda dapat menonaktifkan antivirus tersebut sementara. Berikut caranya:

  1. Klik Windows.
  2. Lalu pilih “Settings” kemudian “Update & Security.”
  3. Setelah itu, klik “Windows Security” dan “Firewall & network protection”
  4. Kemudian pilih firewall mana yang ingin di nonaktifkan, Anda dapat mengklik salah 1 dari Domain, Private, atau Public.

 Uninstall ekstensi Google Chrome

Ekstensi pada Chrome biasanya dibutuhkan untuk memberikan tambahan fungsi lain pada saat menjelajah di Google Chrome. Namun terkadang beberapa dari fungsi ekstensi tersebut juga dapat menyebabkan munculnya “Your Connection is Not Private”. Oleh karena itu cobalah untuk meng-uninstall salah 1 ekstensi yang terpasang di Chrome kemudian kembali ke alamat situs yang ingin Anda dikunjungi. Adapun caranya yaitu:

  1. Klik menu ekstensi di pojok kanan atas  yang ditandai dengan ikon puzzle.
  2. Lalu pilih ekstensi yang ingin Anda hapus.
  3. Setelah itu klik titik 3 kemudian pilih “Hapus dari Chrome”.