Samsung Galaxy M14 5G Keluaran Terbaru 2023
Samsung Galaxy M14 5G Keluaran Terbaru 2023

Samsung Galaxy M14 5G Keluaran Terbaru 2023

Samsung galaxy M14 5G keluaran terbaru 2023 ini merupakan ponsel kelas menengah yang dirilis di Indonesia pada 31 Maret kemarin. Samsung galaxy M14 5G ini telah dibekali dengan berbagai macam fitur unggulan, diantaranya ialah baterai dengan kapasitas jumbo yaitu 6.000 mAh.

Samsung Galaxy M14 5G Keluaran Terbaru 2023

Kami telah membuka kotak kemasan (unboxing) dan menggenggam (hands-on) Samsung Galaxy M13 5G ini untuk yang pertama kalinya. Kotak kemasan Samsung M14 5G ini terlihat ramping dan juga sangat sederhana, sama seperti ponsel-ponsel kelas menengah Samsung yang lainnya. Di sekeliling body kotak penjualan samsung galaxi M14 5G ini, tersematkan informasi penting seperti spesifikasi singkat yang dimiliki ponsel, nama model ponsel, nomor IMEI, dan juga ilustrasi bagian depan ponsel.

Di dalam kotak penjualan Samsung Galaxy M14 5G, terdapat buku panduan pemakai, kabel data USB-C ke USB-C, dan SIM ejector. Yang artinya, pengguna tidak akan mendapatkan aksesori pendukung seperti kepala charger, earphone, atau pembungkus (case) ponsel untuk melindungi perangkat dari benturan keras.

Samsung Galaxy M14 5G ini hadir dengan layar yang mengusung panel PLS LCD sebesar 6,6 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 90 Hz. Kalau dibilang, layar samsung galaxy M14 5G ini cukup lebar, jika dibandingkan dengan kompetitornya di kelas yang sama. Sehingga dengan layar yang lumayan lebar ini, pengguna akan lebih merasa puas untuk menonton, bermain game, hingga menelusuri (browsing) internet. Layar samsung galaxy M14 5G ini bisa dibilang cukup terang dengan tingkat akurasi hingga 16 juta warna.

Meskipun begitu, konten apapun yang tampil di layar samsung galaxy M14 5G ini tidak bisa dilihat dengan jelas, jika dilihat di bawah sinar matahari yang terik. Akan tetapi Anda masih bisa mengakalinya, dengan mengalihkan layar ponsel ke arah yang agak redup atau tidak terlalu terang. Ponsel ini dihiasi dengan modul kamera “Infinity-V” yang memuat kamera selfie dengan resolusi 13 MP.

Beralih ke bagian belakangnya, samsung galaxy M14 5G ini memiliki cangkang yang cukup mewah. Karena punggung samsung galaxy M14 ini,  mengadopsi desain kamera tanpa modul, yang sangat mirip dengan tampilan kamera belakang Galaxy S23 Series. Yaitu memiliki 3 kamera belakang yang disusun secara vertikal, dan terlihat seperti ditempel begitu saja di punggung ponsel. Yang mana ketiga kamera belakang ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP, 2 MP (macro), dan juga 2 MP (depth sensor).

Berbicara soal tampilan belakang ponsel ini, punggungnya mengusung sentuhan warna mengilap yang sederhana. Sehingga bekas sidik jari pengguna akan mudah menempel di bagian punggung samsung galaxy M14 tersebut. Di pasar Indonesia, ponsel ini hadir dengan varian warna Dark Blue, Blue, dan juga Silver. Varian warna yang kami dapatkan ialah warna Blue, yang mana varian warna ini menampilkan kesan warna biru, biru tua, biru muda, sehingga warnanya nyaris terlihat seperti biru kehijauan jika punggung samsung galaxy M14 dilihat dari sudut yang berbeda.

Kalau dilihat secara keseluruhan, ponsel ini sangat nyaman untuk digenggam dan dibawa kemana-mana. Sebab punggung samsung galaxy M14 yang tidak licin, apalagi dengan desain cangkang yang sangat menyatu dengan bagian bingkai ponsel.

Akan tetapi, samsung galaxy M14 ini agak sedikit terasa berat karena bobotnya yang lebih dari 200 gram (206 gram). Jadi, pengguna yang membawa-bawa ponsel ini berlama-lama, ataupun memainkan game sembari mengangkat ponselnya dalam jangka waktu yang cukup lama, mungkin akan sedikit merasa keberatan ketika mengoperasikan ponsel ini.

Samsung juga telah menyematkan beberapa tombol, serta lubang di bagian bingkai perangkat untuk fungsionalitas ponsel. Yang mana, di bagian bingkai bawah terdapat lubang earphone 3.5 mm, konektor USB-C, lubang mikrofon, dan juga lubang speaker. Sedangkan di bingkai bagian atasnya hanya ada lubang mikrofon saja. Pada bagian kiri bingkai terdapat laci kartu SIM yang bisa Anda tarik keluar, dengan memasukkan SIM ejector terlebih dahulu ke lubang yang telah disediakan. Jenis laci kartu SIM ini ialah triple slot, yang mampu menampung 2 kartu SIM dan 1 kartu microSD sekaligus. Sedangkan pada bagian bingkai kanannya, terdapat tombol volume dan juga tombol power yang juga bisa digunakan sebagai pemindai sidik jari (fingerprint scanner).

Di Tanah Air Indonesia, Galaxy M14 5G ini bisa dipesan di situs Samsung.com dengan harga yang bervarian. Untuk yang 4 GB/64 GB harganya sekisar Rp 2,8 juta, sedangkan untuk yang 4 GB/128 GB harganya sekisar Rp 3 juta, dan untuk yang 6 GB/128 GB harganya sekisar Rp 3,3 juta.