Ini Pengertian Dan Fungsi Dari Microsoft Outlook
Ini Pengertian Dan Fungsi Dari Microsoft Outlook

Ini Pengertian Dan Fungsi Dari Microsoft Outlook

Ini Pengertian Dan Fungsi Dari Microsoft Outlook – Sebagai seorang pekerja dan seorang mahasiswa ataupun pelajar tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan adanya beberapa rangkaian program dari Microsoft Office. Yang mana biasanya para pekerja dan juga pelajar akan menggunakan beberapa program dari Microsoft office tersebut yaitu seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Power Point, dan tidak terkecuali juga Microsoft Outlook ini. Namun untuk untuk informasi lebih lanjutnya lagi, mari kita simak sama-sama artikel berikut ini tentang ini pengertian dan fungsi dari Microsoft Outlook.

Ini Pengertian Dan Fungsi Dari Microsoft Outlook

Meskipun banyak orang yang mungkin tidak mengetahuinya, Microsoft Outlook ini juga dapat Anda gunakan untuk mengirim serta menerima e-mail. Selain itu program ini juga dapat Anda gunakan untuk memudahkan pekerja Anda, seperti mengatur pada jadwal meeting Anda, sampai dengan mengelola pada kontak.

Dengan Microsoft Outlook ini, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan Microsoft SharePoint guna untuk berbagi dokumen catatan, untuk berkolaborasi, serta membuat pengingat untuk tugas Anda, dan masih banyak lagi yang lainnya. Microsoft Outlook ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi file dari penyimpanan cloud atau yang biasa di sebut penyimpanan awan sehingga Anda bisa selalu terhubung dengan pengguna lainnya di mana dan kapan saja waktunya. Adapun fungsi lengkap dari Microsoft Outlook ini sendiri yaitu terdiri dari:

  1. Dapat membantu Anda dalam membuat e-mail serta menerima e-mail.
  2. Kemudian dapat membantu dalam mengelola serta berbagi kalender untuk membuat jadwal rapat Anda.
  3. Lalu Anda juga dapat berbagi file sehingga dapat lebih mudah di akses di mana pun dan kapan saja.
  4. Selain itu, Anda juga dapat membuat serta melacak pada daftar tugas Anda.
  5. Kemudian dapat di gunakan untuk menyimpan informasi kontak dan juga buku alamat.

Adapun fitur-fitur dari Microsoft Outlook ini yaitu sebagai berikut:

Calendar Sharing

Dengan adanya fitur Calendar Sharing ini, Anda dapat membuat suatu jadwal, kemudian Anda juga dapat mengelola jadwal tersebut, dan Anda juga bisa berbagi kalender untuk menjadwalkan meeting kepada pengguna lainnya.

@mention

Sedangkan untuk fitur @mention ini dapat Anda gunakan untuk menambah pengguna di dalam daftar e-mail Anda, kemudian Anda juga dapat menyebut pengguna lain, dan secara otomatis mereka akan di beri tahu kalau Anda sedang menyebut mereka di e-mail tersebut.

E-mail Scheduling

Selanjutnya ada juga fitur e-mail scheduling. Dengan fitur ini Anda juga dapat membuat e-mail dan Anda juga bisa menjadwalkan pengirimannya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Quick parts

Kemudian ada juga fitur Quick Parts, yang mana fitur ini dapat memungkinkan Anda untuk menyalin teks dari 1 e-mail ke e-mail yang lain. Untuk itu, bisa di bilang fitur ini dapat Anda gunakan jika Anda ingin mengirim sebuah e-mail yang sama kepada pengguna lain yang pastinya lebih dari 1 orang .

New item alerts

Berikutnya ada juga fitur New item alerts, yang mana fitur ini berfungsi untuk memberikan notifikasi kepada Anda bahwa ada e-mail yang baru masuk.

Ignore messages

Kemudian ada juga fitur Ignore message, yang mana dengan adanya fitur ini Anda juga bisa mengatur pesan yang akan masuk ke inbox dan secara otomatis bisa menuju ke folder item yang Anda hapus.

File attachment reminder

Adapun fitur File attachment reminder ini berfungsi untuk Anda jika Anda ingin menyebutkan sebuah lampiran dalam e-mail namun Anda lupa untuk melampirkannya, maka fitur ini dapat secara otomatis mengingatkan Anda, apakah Anda bermaksud untuk menyertakan lampiran pada saat Anda belum mengirimnya atau tidak.

Clean Up Conversation Option

Selanjutnya ada juga fitur Clean up conversation option. Dengan fitur ini Anda bisa menghapus pesan-pesan yang sudah Anda baca serta dapat menyisakan pesan yang belum Anda baca.

Keyboard shortcuts

Dengan fitur Keyboard shortcuts ini, Anda juga dapat menjalankan sebuah instruksi tertentu dengan mudah dan tentunya sangat cepat. Berikut contohnya:

  1. Jika Anda menekan tombol CTRL+1, maka Anda akan beralih ke e-mail
  2. Kemudian CTRL+2 di gunakan untuk beralih ke kalender
  3. Lalu CTRL+3 di gunakan untuk beralih ke kontak
  4. CTRL+ SHIFT+A di gunakan untuk membuat janji temu baru
  5. Lalu ALT+S di gunakan untuk mengirim pesan
  6. Dan CTRL+R di gunakan untuk membalas pesan

Microsoft Outlook ini tidak hanya bisa Anda akses melalui Windows, dengan menggunakan PC ataupun aplikasi di Hp. Di Namun Anda juga bisa mengaksesnya melalui Android Wear. Berikut penjelasannya:

Microsoft Outlook bisa di akses melalui Android Wear.

Karena saat ini Microsoft Outlook sudah bisa di akses menggunakan Android Wear, itu artinya Anda sudah dapat mengecek e-mail dengan cara yang lebih fleksibel. Tidak hanya bisa menggunakan PC saja ataupun aplikasi yang ada di Hp, namun Anda juga bisa menggunakan Microsoft Outlook ini di arloji pintar Anda atau yang biasa di sebut Smartwatch.

Selain Anda bisa mendapatkan notifikasi pada saat ada e-mail yang baru masuk, Anda juga dapat meresponnya atau membalasnya dengan menggunakan beberapa pesan template yang telah tersedia di Smartwatch. Kemudian jika Anda ingin membalas pesan e-mail tersebut namun mungkin pembahasannya tidak ada di template yang telah tersedia di Smartwatch, maka Anda juga dapat menggunakan voice command ataupun sebuah perintah suara untuk membalas e-mail tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga masih bisa melihat pesan e-mail yang lama di Smartwatch Anda dengan cara menggeser layar pada Smartwatch Anda ke atas maka Anda dapat melihat pesan-pesan yang sudah lama.

Dengan munculnya Microsoft Outlook ini di Android Wear, Microsoft berharap bahwa Outlook ini dapat membantu para penggunanya dalam segala aktivitas, terutama untuk Anda yang sibuk dan super produktif. Namun para pembisnis seperti pengamat beberapa teknologi, ini tidak berharap banyak pada Microsoft Outlook yang di akses melalui Smartwatch yang menggunakan sistem Android Wear, karena kabarnya Android Wear ini hanya bisa meraup 15% saja dari seluruh pangsa pasar arloji. Sementara jumlah dari penggunaan Microsoft Outlook sendiri tidak banyak jika di bandingkan dengan penggunaan Gmail. Maka dari itu, walaupun Microsoft Outlook ini dapat membantu segala produktivitas para penggunanya terutama pada bagian e-mail, namun sayangnya hanya sedikit orang yang bisa menggunakan Microsoft Outlook ini di Android Wear.

Terlepas dari semua hal yang ada di atas, untuk Anda yang mungkin ingin mencoba Microsoft Outlook ini di Android Wear, Anda juga sudah dapat mendownloadnya di Google play store.

Demikianlah informasi dari kami seputar tentang ini pengertian dan fungsi dari Microsoft Outlook,  semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat membantu Anda dan bermanfaat untuk Anda ya!

Jangan lupa, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi dari kami, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.