Begini Cara Membuat Reels IG Agar Lebih Menarik
Begini Cara Membuat Reels IG Agar Lebih Menarik

Begini Cara Membuat Reels IG Agar Lebih Menarik

Begini Cara Membuat Reels IG Agar Lebih Menarik – Sejak saat Instagram lebih mengutamakan konten-konten yang berupa video di bandingkan dengan konten-konten seperti foto, jadi para konten kreator juga banyak yang mengunggah video di bandingkan foto di platform tersebut.

Biasanya, konten-konten seperti video ini, saat di unggah maka akan terhitung sebagai Instagram Reels. Kemudian untuk memudahkan para penggunanya, Instagram kini menawarkan beberapa fitur pengolahan video sederhana yang dapat di poles langsung di Instagram tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Fitur edit video yang tersedia di Instagram saat ini sudah banyak sekali, mulai dari template video IG Reels yang di unggah oleh akun lain, dapat menambah backsound dari beberapa lagu yang ada di Instagram, hingga memotong beberapa scene di dalam video tersebut.

Selain dapat mengedit video, bahkan Instagram juga dapat memungkinkan Anda untuk menambah elemen seperti teks, stiker, jajak pendapat (polling), kolom pertanyaan untuk melakukan kuis sederhana, dan lain-lain.

Namun, agar dapat menghasilkan konten Reels yang lebih menarik, tidak cukup hanya dengan memanfaatkan fitur yang di sediakan oleh Instagram saja, namun Anda juga harus berkreasi dengan kreatif agar bisa menghasilkan sebuah video yang lebih menarik untuk di lihat dan di tonton. Untuk itu, agar tidak berlama-lama lagi mari langsung saja kita simak artikel di bawah ini tentang begini cara membuat Reels IG agar lebih menarik.

Begini Cara Membuat Reels IG Agar Lebih Menarik

Rekam di tempat yang menarik

Lokasi tempat saat Anda ingin membuat sebuah konten video di Instagram memiliki peran yang sangat penting. Karena, hal-hal kecil ataupun besar seperti tisu, piring kotor, jemuran, dan lain-lain yang dapat terekam di kamera Anda bisa di ketahui oleh seluruh penonton Anda. Kemudian, format  Reels Instagram yang berbentuk vertikal dengan rasio 9:16 ini mengharuskan Anda untuk memanfaatkan ruang tersebut untuk membuat konten yang menarik, estetik dan yang utama adalah enak di lihat.

Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan cahaya alami yaitu sinar matahari agar konten Anda terlihat lebih natural di bandingkan dengan menggunakan cahaya tambahan seperti lampu, ring light dan lain-lain.

Lalu jika Anda ingin melakukan voice over di dalam konten video Anda, pastikan saat suara Anda terekam bisa di dengar dengan jelas. Adapun cara agar kualitas suara dapat lebih jernih yaitu menggunakan mikrofon ataupun Hp untuk meningkatkan kualitas pada suara Anda.

Bereksperimen dengan transisi

Adapun cara yang kedua yaitu bereksperimen dengan transisi. Walaupun pada umumnya transisi itu hanya muncul sekilas di dalam sebuah video, namun dengan adanya transisi yang menarik dapat membuat para penonton jadi betah melihat konten-konten Anda.

Karena, Reels yang menarik serta menghibur biasanya memiliki pola yang sama yaitu menggabungkan berbagai macam footage kemudian di jahit dalam sebuah video yang di sertai dengan transisi yang menarik.

Biasanya transisi yang paling sering di gunakan para kreator yaitu menutup dan membuka kamera dengan menggunakan tangan. Dan biasanya, transisi ini di gunakan untuk pindah dari 1 tempat ke tempat lainnya, ataupun dapat di gunakan untuk melakukan transformasi pada wajah, tempat, bentuk, dan lain-lain.

Transisi berikutnya yang lagi tren saat ini yaitu menutup lalu membuka kamera menggunakan kaki, “seolah” Anda sedang menginjak kamera. Adapun tren ini biasanya sering di gunakan oleh para pengguna yang sedang berlibur dan sedang berkunjung dari 1 tempat ke tempat yang lain.

Kemudian ada juga transisi lain yang menarik yaitu membuat Vidio dengan melakukan gerakan-gerakan kecil, seperti melompat ataupun menggeser badan ke kanan ataupun ke kiri, sehingga saat Vidio tersebut di edit, lompatan ataupun gerakan kecil tadi bisa di manfaatkan sebagai konten video transisi dari 1 footage ke footage lainnya.

Namun perlu di ingat bahwa, ketika Anda mengedit vidio lompatan ataupun gerakan kecil ini harus di edit dengan sangat mulus, agar pada saat di lihat oleh para penonton video tersebut jadi lebih menarik. Karena biasanya hasil akhir dari Reels Instagram itu tergantung pada tingkat keahlian Anda dalam mengedit video.

 Pakai efek atau filter

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Instagram telah menyediakan banyak sekali filter kamera untuk para penggunanya. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat Reels Instagram yang menarik.

Contohnya saja seperti menggunakan efek kamera green screen. Yang mana dengan filter ini, Anda bisa mengganti layar pada video Anda dengan foto ataupun vidio yang ingin di jadikan sebagai latar belakang pada vidio Anda. Adapun caranya yaitu:

  • Geser tombol kamera Reels Instagram sampai Anda menemukan efek “Green Screen”.
  • Kemudian klik “Add media” yang berada di atas tombol kamera lalu pilih foto ataupun video yang ingin Anda jadikan sebagai latar belakang.
  • Jika sudah, maka secara otomatis sistem akan langsung menimpa gambar ataupun video Anda menjadi latar belakang di video Anda.
  • Lalu, untuk mengganti latarnya Anda juga dapat mengeklik “Change media”.
  • Setelah itu, Anda juga dapat menggeser posisi wajah ataupun badan Anda dari kanan ke kiri agar terlihat lebih kecil.
  • Jika sudah, Anda bisa langsung tap dan hold tombol kamera untuk merekamnya.

manfaat fitur edit di Instagram 

Seperti yang telah di jelaskan di atas tadi, Instagram ini memiliki banyak sekali fitur edit video yang dapat di gunakan oleh para penggunanya. Adapun fitur ini dapat di akses dengan sangat mudah juga terbuka secara umum.

Namun, yang perlu Anda ingat adalah durasi yang di gunakan untuk membuat sebuah Reels itu maksimal hanya 90 detik ataupun 1 menit 30 detik. Jadi pada saat Anda membuat konten Vidio, gunakanlah waktu tersebut dengan maksimal.

Adapun cara untuk mempersingkat waktu dalam penyuntingan, Anda juga dapat menggunakan fitur “Use a template”. Yang mana fitur ini dapat memungkinkan Anda untuk mengedit foto sesuai dengan potongan footage yang Anda bagikan kepada pengguna lain.

Adapun caranya yaitu Anda hanya perlu memasukkan sebuah video yang Anda inginkan, kemudian Instagram sendiri yang akan memotong setiap video yang Anda gunakan sesuai dengan template yang Anda pilih.

Jika sudah, Anda juga dapat mengganti lagu pada video Anda agar Vidio Anda jadi lebih menarik. Adapun caranya yaitu:

  • Klik ikon “melodi” yang ada di kanan atas.
  • Kemudian cari lagu yang Anda inginkan yang berada di kolom pencarian.
  • Jika sudah, Anda dapat langsung menulis caption jika memang di perlukan.
  • Lalu klik “Share” untuk mem-posting vidio Anda ke Reels Instagram.

Gunakan aplikasi edit video pihak ketiga

Selain menggunakan beberapa fitur filter yang ada di Instagram, Anda juga dapat menggunakan aplikasi edit vidio seperti CapCut, InShot, dan masih banyak lagi. Di aplikasi CapCut Anda dapat memilih berbagai macam template untuk mengedit vidio Anda sedangkan di InShot, Anda dapat membuat video transisi yang jelas lebih menarik dan enak di lihat. Kemudian Anda juga dapat menambahkan kata-kata untuk menambah tampilan agar lebih menarik.

Demikian informasi dari kami tentang begini cara membuat Reels IG agar lebih menarik, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.