Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Keyboard Beserta Cara Perawatannya
Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Keyboard Beserta Cara Perawatannya

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Keyboard Beserta Cara Perawatannya

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Keyboard Beserta Cara Perawatannya – Keyboard laptop ataupun keyboard komputer adalah salah 1 kebutuhan bagi para pekerja. Selain dapat memberikan kenyamanan pada saat ingin mengetik, keyboard laptop juga dapat menjadi alasan bagi para penggunanya untuk lebih produktif.

Tidak hanya itu saja, terkadang sebagian para pengguna lebih memilih keyboard laptop karena di biasanya keyboardnya lebih tahan lama atau awet. Namun, jika Anda ingin membeli sebuah keyboard, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu, jangan sampai Anda asal-asalan membeli keyboard, karena salah pilih keyboard, juga dapat mempengaruhi pada keawetan keyboard itu sendiri. Untuk itu, agar tidak berlama-lama lagi, langsung saja kita simak artikel di bawah ini tentang hal yang harus di perhatikan sebelum membeli keyboard beserta cara perawatannya.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Keyboard Beserta Cara perawatannya

Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, jika Anda ingin membeli sebuah keyboard yang sederhana dan tidak memiliki fitur yang lengkap, Anda tidak perlu khawatir, keyboard tersebut juga telah tersedia di beberapa Marketplace resmi, dengan harga yang sangat fantastis, Anda dapat membelinya hanya dengan merogoh kocek mulai dari Rp 200 ribuan saja.

Namun jika Anda ingin membeli keyboard yang sudah di lengkapi dengan berbagai macam fitur tambahan, Anda juga dapat membelinya di toko-toko terdekat. Adapun beberapa fitur yang tersebut yaitu seperti lampu bawaan, keyboard dengan rangka aluminium, serta tambahan tombol dengan fungsi-fungsi tertentu. Jika fitur yang di miliki oleh keyboard tersebut bisa di bilang sangat lengkap, otomatis harga yang di bandrol pada keyboard tersebut juga lebih tinggi di bandingkan dengan keyboard yang belum memiliki fitur-fitur tambahan.

Untuk itu, sebelum Anda membeli keyboard baru, Anda juga harus melihat apa saja fungsi dari keyboard tersebut, dan Anda bisa menyesuaikan keyboard mana yang Anda butuhkan. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli keyboard.

Ergonomi

Yang pertama kali harus Anda pertimbangkan yaitu kenyamanan pada saat Anda menggunakan keyboard tersebut. Jika Anda adalah seorang pekerja yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengetik di keyboad, maka Anda harus mencari keyboard yang nyaman dan pilihlah keyboard yang tekanannya ringan pada saat di gunakan untuk mengetik, serta jika masih memungkinkan pilihlah keyboard jenis ergonomis yang mana keyboard ini memiliki sandaran tangan.

Kabel atau nirkabel

Selanjutnya, hal yang harus di perhatikan yaitu bagian kabel ataupun nirkabelnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa mouse ataupun keyboard juga memiliki 2 jenis yaitu berkabel dan juga nirkabel.

Untuk itu, Anda juga perlu untuk mempertimbangkan keyboard mana yang ingin Anda beli, karena jika Anda ingin membeli keyboard yang berkabel, maka dapat membatasi jangkauan pada jarak dan kut leluasa. Namun, jika Anda membeli keyboard nirkabel, memang Anda dapat lebih leluasa pada saat mengetik di manapun tanpa harus membawa kabel, akan tetapi harganya juga lebih mahal di bandingkan dengan keyboard berkabel.

Hotkeys

Sebagai informasi saja bahwa, Hotkeys adalah beberapa tombol pintasan pada keyboard, yang mana hotkeys ini mirip sama dengan shortcut yang dapat menginstruksikan beberapa tugas tertentu dengan cepat. Adapun beberapa di antaranya yaitu tombol untuk mengontrol volume, video, pencahayaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Kemudian ada juga beberapa keyboard dengan hotkeys yang memiliki jenis-jenis yang beragam. Hal ini dapat menjadi salah 1 hal yang dapat Anda pertimbangkan jika Anda ingin membeli keyboard baru, jika Anda membutuhkan keyboard yang memiliki hotkeys lebih banyak, maka Anda perlu mengetahui keyboard mana yang memiliki banyak hotkeysnya sebelum Anda membelinya.

Ukuran keyboard

Selanjutnya yaitu ukuran pada keyboard. Ukuran keyboard juga sangat penting untuk Anda ketahui, karena dapat mempengaruhi pada saat Anda menggunakannya dalam produktivitas. Pada dasarnya keyboard memiliki 2 jenis untuk tombolnya, ada yang memiliki tombol lebih kecil dan tidak memiliki spasi dan ada juga tombol yang ukurannya lebih besar dan memiliki spasi. Untuk itu, Anda juga perlu menyesuaikan keyboard mana yang Anda butuhkan dan nyaman pada saat Anda gunakan.

Setelah kita membahas tentang hal-hal yang harus di perhatikan sebelum membeli keyboard, selanjutnya kita juga akan membahas tentang bagaimana cara merawat keyboard.

Cara perawatan keyboard 

Ada berbagai macam jenis keyboard yang dapat Anda gunakan di dalam kegiatan sehari-hari, salah 1 nya yaitu keyboard mekanik. Yang mana keyboard mekanik ini memiliki saklar pada bagian bawahnya yang dapat menghasilkan suara yang lebih kencang di bandingkan dengan keyboard membran yang lainnya.

Keyboard jenis mekanik ini, memiliki daya tarik tersendiri, terutama untuk para gamers.  Meskipun terlihat sepele, namun keyboard adalah salah 1 alat komputer yang memiliki perawatan terutama bagian kebersihannya, dan perawatannya pun juga khusus agar keyboard tersebut bisa awet dan tidak mudah rusak. Agar tidak berlama-lama lagi langsung saja kita simak bagaimana cara membersihkannya:

  1. Matikan terlebih dahulu tombol keyboardnya.
  2. Kemudian, cabut keyboard dari sambungan laptop dengan hati-hati.
  3. Jika keyboard mekanik Anda berjenis keyboard wireless, maka tekan tombol off di bagian power on/off yang terletak belakang keyboard.
  4. Kemudian foto keyboard sebelum Anda membersihkanya, dengan tujuan agar Anda dapat menyusunnya kembali seperti semula.
  5. Lalu, mulailah dengan melepaskan hurufnya 1 per 1 dengan menggunakan keycap puller, untuk yang belum tahu Keycap puller ini adalah alat khusus untuk menarik tombol keyboard mekanik.
  6. Kemudian letakkan tombol-tombol tersebut ke wadah agar tidak hilang.
  7. Cuci keycaps (tombol) dengan air hangat di dalam sebuah wadah dan beri sedikit sabun, lalu gosok secara perlahan dan biarkan selama 30 sampai dengan 60 menit.
  8. Setelah itu, bilas keycaps yang tadi, kemudian letakkan keycaps di atas tisu.
  9. Jika sudah, keringkan keycaps 1 per 1 dengan menggunakan kain atau bisa juga menggunakan hairdryer.
  10. Lalu bersihkan keyboard dengan menggunakan kapas yang di beri sedikit alkohol isopropil, dan pada saat membersihkannya supaya hati-hati.
  11. Kemudian biarkan keyboard mengering.
  12. Jika sudah kering, pasang kembali keycaps yang sudah di bersihkan tadi sesuai dengan posisi awal, dan Anda bisa melihatnya di foto yang Anda ambil sebelum membersihkan keyboard.
  13. Jika sudah terpasang semua, pastikan terlebih dahulu bahwa semua tombol sudah terpasang dengan benar, kemudian untuk memastikan keyboard kembali bekerja baik dan normal, Anda bisa memastikannya melalui link berikut https://www.keyboardtester.com/.

Adapun cara perawatannya yaitu, Anda harus membersihkan keyboard secara teratur, bila perlu buatlah jadwal untuk membersihkan secara rutin. Kemudian, jagalah keyboard agar tetap kering dan hindari penekanan yang terlalu keras pada saat Anda sedang menggunakannya untuk mengetik.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan seputar tentang hal yang harus di perhatikan sebelum membeli keyboard beserta cara perawatannya, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.