3 Orang Yang Selamat Karna Menggunakan Smartwatch Dari Apple
3 Orang Yang Selamat Karna Menggunakan Smartwatch Dari Apple

3 Orang Yang Selamat Karna Menggunakan Smartwatch Dari Apple

3 Orang Yang Selamat Karna Menggunakan Smartwatch Dari Apple – Seperti yang kita ketahui bahwa, Apple watch adalah sebuah smartwatch yang memiliki berbagai macam fitur, beberapa di antaranya yaitu dapat di gunakan untuk mengukur suhu tubuh, mendeteksi detak jantung, dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah beberapa kasus, yang mana ada 3 orang yang selamat karna menggunakan Smartwatch dari Apple.

3 Orang Yang Selamat Karna Menggunakan Smartwatch Dari Apple

1. Kimmie Watkins

Seorang wanita yaitu bernama Kimmie Watkins dari Cincinnati Ohio Amerika Serikat yang berumur 29 tahun, ia pernah selamat dari kondisi daruratnya karena menggunakan Apple Watch.

Ceritanya, pada saat itu dia sedang tidur siang, dan kebetulan pada saat itu dia sedang menggunakannya arloji pintar dari Apple. Sebelum ia tidur siang, Watkins merasa kepalanya agak pusing dan sesak napas, jadi singkat cerita ia langsung tertidur untuk meringankan rasa sakitnya, dan pada saat ia tidur, Apple Watch yang ia gunakan mendeteksi bahwa detak jantung Watkins tidak teratur, menjadi 178 kali per menitnya. Seperti yang sudah kita bahas di atas tadi, bahwa Smartwatch memang bisa mengukur detak jantung penggunanya pada saat sedang aktif ataupun tertidur, sehingga pada saat Watkins tidur, Smartwatch tersebut mendeteksi bahwa detak jantungnya tidak teratur.

Setelah di check, ternyata perubahan detak jantung Watkins, itu di sebabkan oleh gumpalan darah yang ada di paru-parunya. Sebelum Watkins juga tahu, kalau dia memang memiliki kelainan karena pembekuan darah.

Namun singkat cerita, pada saat detak jantungnya terdeteksi sedang tidak normal, maka Smartwatch tersebut memberikan sinyal peringatan kepada Watkins sampai akhirnya ia terbangun dari tidur siangnya. Kemudian Watkins bergegas untuk mencari pertolongan medis dan sampai di rumah sakit, di ketahui bahwa ia mengidap emboli paru atau penyumbatan pada pembuluh darah yang ada di paru-parunya. Dengan kondisi seperti ini dapat membatasi aliran darah pada kedua paru-paru. Penyakit ini, kabarnya adalah penyakit yang memiliki tingkat kematian sebanyak 50 %.

Setelah kejadian ini, Watkins berkata “Saya sangat beruntung, karena jika saya tidak terbangun dari tidur siang saya, mungkin rekan saya akan menemukan saya di sofa dengan tergeletak dan tidak benar-benar tidur.” Kemudian akhirnya berkat pertolongan medis, Watkins mendapatkan penanganan agar aliran darahnya bisa normal kembali. Lalu Watkins juga menyarankan kepada orang lain untuk menggunakan smartwatch dari Apple ini untuk tujuan kesehatan. Karena menurut Watkins Smartwatch ini sangatlah berguna untuk semua orang yang menggunakannya, karna selain bisa di gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun Smartwatch ini juga bisa membantu Anda dalam hal kesehatan.

2. Seorang pria asal Australia 

Kejadian serupa juga terjadi oleh seorang pria yang berasal dari Australia. Ceritanya, pada saat itu pria tersebut sedang menaiki sebuah kayak atau sebuah perahu yang berukuran kecil, yang mana ia dan 1 temannya berencana untuk menyusuri pantai. Namun, tidak lama tiba-tiba angin berhembus sangat kencang, sehingga menimbulkan ombak yang begitu besar, akhirnya ia dan 1 temannya terjatuh dan terpisah.

Kemudian pria yang menggunakan Apple Watch, ia segera berinisiatif untuk membuat panggilan SOS atau sinyal darurat menggunakan Apple watch yang ia gunakan untuk meminta bantuan. Karena Apple watch ini juga memiliki fitur untuk panggilan darurat, maka pria tersebut pun segera membuat sinyal darurat dan segera membagikan titik lokasinya pada saat itu.

Detailnya, panggilan darurat tersebut di terima pada saat sekitar pukul 09.00 pagi, dan tidak lama akhirnya Komando Wilayah Kepolisian Perairan (Police Marine Area Command) di New South Wales (NSW) ini menghubungi komunitas Surf Lifesaving NSW dan juga meminta helikopter penyelamat Westpac agar dapat menyelamatkan 2 orang tersebut.

Tidak hanya itu saja, untuk mempercepat proses evakuasi, penjaga pantai dan komunitas Freshwater Surf Lifesaving juga di kerahkan untuk dapat membantu dalam proses pencarian tersebut dengan menggunakan jetski serta perahu penyelamat.

Dan singkat cerita, akhirnya helikopter penyelamat telah berhasil menemukan sebuah kayak yang berwarna jingga terang sedang terapung di tengah lautan pada pukul 09.30, dan  para penolong lainnya pun juga menemukan lokasi di mana 2 pria tersebut terapung.

3. Mehta

Ceritanya pada saat itu, Mehta yang berusia 17 tahun dan 3 temannya dari India, mereka memberanikan diri untuk pergi ke Lonavala, yang mana lonavala ini adalah sebuah bukit yang di kelilingi oleh lembah yang berada pada bagian barat India, kurang lebih sekitar KM dari Kota Mumbai.

Namun, karena pada saat itu cuacanya sedang tidak mendukung, Mehta dan 3 temannya itu nekat mendaki bukit tersebut dalam keadaan hujan. Mereka memilih untuk tetap mendaki bukit tersebut karena pemandangan alam di sana akan jauh lebih indah, dan perjalanan pada saat mendakipun menjadi lebih menantang.

Akan tetapi, tidak di sangka-sangka, pada saat mereka ingin kembali pulang, jalanan dan bebatuan yang terguyur oleh hujan tadi, menjadi sangat licin sehingga membuat Mehta akhirnya terpeleset dan terjatuh sampai sejauh 39-46 meter ke dalam lembah.

Kemudian Mehta juga bercerita, bahwa pada saat terjatuh, kakinya tersangkut dari pohon ke pohon, dan mengalami cidera. Singkat cerita, ia langsung berinisiatif untuk mengambil Hp iPhonenya untuk meminta bantuan, namun ia sadar kalau Hpnya pada saat itu berada di dalam tas temannya, dan dia pun bingung ingin meminta bantuan ke siapa.

Namun, di tengah kebingungannya itu, Mehta sadar bahwa ia sedang menggunakan Apple Watch Series 7 dan ia pun segera meminta bantuan menggunakan Apple watch yang ia gunakan itu, apalagi pada saat itu dia juga mengetahui kalau Apple watch nya juga memiliki sinyal. Dan yang pertama kali di hubungi oleh Mehta yaitu keluarganya dan para kerabat terdekatnya.

Musibah itu terjadi kira-kira sekitar pukul 3 sore, dan ia harus menunggu kurang lebih selama 2 jam sampai akhirnya bala bantuan datang untuk menolongnya. Setelah ia selamat, akhirnya ia segera di tangani oleh media dan menjalankan beberapa rangkaian pengobatan serta pemulihan yang lumayan. Dan pada saat masa penyembuhannya itu, ia hanya bisa menggunakan kursi roda saja, karna kakinya yang terbentur oleh pepohonan tadi butuh penyembuhan yang lumayan cukup lama.

Karena kejadian ini, Mehta merasa sangat bersyukur dan beruntung karena masih di berikan 1 kesempatan lagi untuk bisa selamat dari lembah tersebut.

Mehta juga sempat membagikan kisahnya itu kepada CEO Apple, melalui E-mail CEO Apple Tim Cook. Yang mana E-mail tersebut di beri judul “Apple Watch menyelamatkan saya”. Dan ternyata Cook merespons E-mail tersebut dan Cook memberikan apresiasi dan mendoakan agar Mehta segera di beri kesembuhan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan seputar tentang 3 orang yang selamat karna menggunakan Smartwatch dari Apple, nantikan juga berita terkini lainnya seputar teknologi, jangan kemana-mana sekian dan terimakasih.